Tentang Teknik Informatika ITS (2)

Melanjutkan postingan tentang teknik informatika (1)

Sebenarnya apa saja sih yang dipelajari di Teknik Informatika?

Banyak sekali yang bisa dipelajari di sini, mulai dari cara membuat program, cara membuat game, cara membuat artificial intellegence (kecerdasan buatan), dan lain sebagainya.

Untuk masa-masa awal perkuliahan, kita nanti akan diajarkan konsep pemrograman terstruktur, struktur data, aljabar linier, kalkulus 1 dan kalkulus 2, matematika diskrit, sistem digital (konsep biner dan logika), dan organisasi komputer.

Baru setelah itu kita akan dikenalkan dengan basis data, pemrograman berbasis objek, pemrograman berbasis web, sistem operasi, teori graf dan otomata, komputasi numerik, statistika komputasional, perancangan dan analisis algoritma, dan berbagai mata kuliah lain yang tidak akan pernah lepas dari logika dan matematika.

Kompetensi apa saja yang harus dipersiapkan jika ingin masuk Teknik Informatika?

Seperti yang telah saya jelaskan pada poin sebelumnya. Kompetensi paling mendasar yang harus dimiliki oleh mahasiswa teknik informatika adalah logika dan matematika.

Karena dunia informatika itu berhubungan erat dengan pemrograman. Dan pemrograman sendiri merupakan implementasi dari algoritma. Sedangkan algoritma itu sendiri adalah logika.

Jadi, kalau teman-teman merasa kurang punya kemampuan matematika dan logika yang cukup baik. Saya sarankan untuk berpikir-pikir lagi jika mau memilih Teknik Informatika. Bukannya mau menakut-nakuti. Saya hanya tidak ingin teman-teman nanti merasa nggak kuat atau merasa nggak cocok ketika sudah menjadi mahasiswa Teknik Informatika.

 

Apakah benar di Teknik Informatika kita tidak akan diajari desain grafis?

Benar. Di Teknik Informatika kita tidak akan diajari desain grafis. Tetapi karena pada pengerjaan final project (tugas akhir mata kuliah) biasanya kita akan berurusan dengan software desain (untuk membuat latar game, membuat tampilan software, membuat tampilan menu game, dll. ). Jadi, biasanya mahasiswa Teknik Informatika itu belajar software desain grafis secara otodidak.

Di Teknik Informatika kita akan lebih banyak diajarkan cara membuat software daripada cara menggunakan software.

 

Apakah sebelum masuk Teknik Informatika kita harus sudah kenal pemrograman sebelumnya?

Kata siapa harus kenal pemrograman sebelumnya? Nggak juga kok. Saya dulu waktu SMA lho nggak pernah kenal pemrograman.

Dan banyak juga kok teman saya (Ingat, teman saya. Bukan saya lho ya :)) yang dulunya waktu SMA belum kenal pemrograman tapi waktu kuliah bisa jago pemrograman.

Tapi kalau sudah kenal pemrograman sebelumnya. Hal itu akan menjadi nilai lebih bagi teman-teman yang berminat masuk Teknik Informatika. Karena di Teknik Informatika teman-teman akan banyak begadang dengan ditemani compiler (baca : software untuk membuat program) dan bahasa pemrograman.

Silakan tanya dek Nada kalau gak percaya. Iya kan Nad? :D

 

Sekian dulu yang bisa saya sampaikan tentang Teknik Informatika ITS. Kalau ada lagi yang bisa saya ceritakan. InsyaAllah nanti akan saya ceritakan dalam postingan tentang Teknik Informatika yang selanjutnya.

Semoga postingan tentang Teknik Informatika ITS ini bisa membuka wawasan teman-teman. Khususnya yang masih kelas XII SMA.

 

Terakhir dari saya,

Jangan lupa komentarnya ya :D *dilempar sendal*

 

——————————————————————————–

Update :

- Tentang Teknik Informatika ITS (1)
- Tentang Teknik Informatika ITS (3)

About these ads

104 thoughts on “Tentang Teknik Informatika ITS (2)

  1. Ka saya bingung nih, saya minat banget masuk ke jurusan teknik informatika.
    Saya mau coba daftar ke TelU, tapi pas saya liat pilihan jurusan yang berhubungan tuh banyak banget.
    1. Ilmu Komputasi
    2. Sistem Informasi
    3. Sistem Komputer
    4. Teknik Informatika
    5. Teknik Telekomunikasi
    Saya udah baca tentang sistem komputer di postingan kaka yang teknik informatika vs sistem informasi. Saya juga baca kalo ilmu komputasi ngga beda jauh sama teknik informatika, tapi jurusannya ada 2 2nya saya jadi bingung yang mana yang harus saya pilih, tolong penjelasannya ka makasih :)

  2. Kak .. klo yg cocok buat saya itu teknik informatika atau desain grafis .. saya cukup lumayan dlm menggambar, mtk, dan saya juga suka Iseng-iseng mengoprek sistem (walaupun cuma sedikit) .. itu semua hobi saya kak .. terima kasih sebelumnya

    • Hei, kok malah tanya aku sih? :D

      Yang paling tahu kamu cocoknya masuk di mana ya kamu sendiri. Soalnya kamu yang paling paham apa yang paling kamu sukai. Jadi, saran saya sih sederhana aja. Pilih jurusan yang paling kamu sukai.

    • Operasi?

      mengoperasikan komputer maksudnya? kalau yang kamu maksud adalah mengoperasikan komputer, tidak juga sih sebenarnya. Bahkan belum pernah pegang komputer pun bisa. Asalkan punya tekad dan semangat yg kuat untuk mempelajarinya.

      Hard skil itu penting, tapi menurut saya, soft-skill jauh lebih menentukan kesuksesan di dunia perkuliahan.

  3. mw tanya,,,,,saya kuliyah jur teknik informatika,,,, tapi saya lemah banget dalam logika makanya saya ketinggalan jauh dari teman teman,,,, solusinya gimana ya???

    • Sudah tahu ketinggalan, masa masih tanya solusinya, solusinya ya cuma 1: kejar!

      Minta ajari temen. Jangan sungkan. Kuliah teknik itu harus sering coba-coba, harus sering eksperimen sendiri. Karena dari situlah kemampuan teknisnya akan terasah.

  4. Minta sarannya dong.. :-) saya anak kelas XII SMK, kebetulan saya ambil jurusan RPL.. Sebenarnya saya sangat berminat mempelajari tentang pemprograman dan design web, tapi saya merasa kemampuan dan potensi saya bukan di situ, melainkan di bidang seni. So, apa yg sebaiknya aku pilih? Apa menggabungkan keduanya tidak masalah?

    • Pilih yang lebih kamu sukai. Kalau kamu lebih suka desain daripada programming, sebaiknya masuk jurusan desain. Begitupun sebaliknya.

      Follow your heart. Follow your passion.

  5. bang, saya siswa kelas 3 smk jurusan teknik komputer dan jaringan. saya pengen masuk its jurusan informatika.. untuk seleksi masuknya sebaiknya saya ikut jalur apa ??? dan sekitar berapa orang yg bisa di terima di jursan itu ???
    mohon percerahannya, trimakasih.

    • Hmmm… kalau sudah menyangkut jalur masuk-jalur masuk sebaiknya tanyakan kepada guru BK saja yang lebih kompeten.

      Maaf, kalau tanggapan saya kurang memuaskan. Soalnya saya memang kurang tahu soal jalur masuk dan passing grade.

      Silakan konsultasi ke guru BK saja kalau masalah peluang masuk. Tapi kalau mau sharing tentang minat dan passion silakan.

  6. bang sy jur.TkJ smk.
    q pgen kalo kuliah ambl IT. trz matemq lemah bgt. tp kalo ad pel. produktif Pem0grman q nyambung. .gman bang niat Sy kuliah ambl IT dlnjtn ap gak so q tkt sm matem nya bng.

  7. Asalamualaikum bang..
    saya seorang pelajar SMK jurusan Multimedia. nah disekolah saya ini sudah pernah diajarkan bahasa programan HTML, PHP , dan sedikit mengenai java-Script. Pertanyaan saya, apakah pelajaran2 tersebut sudah merupakan modal untuk masuk jurusan TI ?

    mohon tanggapannya :)
    skian dan trima kasih

    • Sudah baik tuh pernah kenal pemrograman, jadi gak kaget.

      Tapi kalau bisa, pilih yang kamu sukai. Karena apa yang kita bisa belum tentu kita suka melakukannya.

      Karena modal terbesar yang dibutuhkan untuk belajar adalah rasa ingin tahu dan passion. Tanpa keduanya, belajar tidak akan maksimal.

      Kalau memang suka ngoding ya silakan pilih teknik informatika, tapi kalau tidak, saya tidak menyarankan kamu memilih teknik informatika.

  8. kak, mau tanya, intiny dlam masa perkuliahan teknik informatika itu diajarin apa and biar bisa apa??
    and selama menempuh S1 tu kira” da berapa SKS yaa??
    makasihhh

    • Nah! Ini pertanyaan yang saya tunggu-tunggu nih. :D

      Di teknik informatika, yang dipelajari seluk beluk membuat program. Baik itu program berbasis desktop, web, maupun mobile.

      Dan kalau di ITS sih, nanti akan dikerucutkan lagi menjadi 3 bidang minat: Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi Cerdas dan Visualiasi, dan Jaringan.

      Kompetensi lulusan teknik informatika setidak-tidaknya bisa membuat program sesuai dengan aturan-aturan dalam proses rekayasa perangkat lunak.

      Terus, kumlah SKS-nya kalau untuk S1 sih 144.

      Semoga membantu.

  9. bang.. dulu ikut SNMPTN tulis kagak? prioritas PTN tetep ada gak sih bang? ato murni dari hasil nilai kita? kan ada rumor bang, kalo tempat kuliah yg kece kayak ITS gak mau dinomer duakan, kalo sampe iya bakal gak lolos. tapi pas aku ikut SNMPTN tulis aku nempatin ITS di urutan kedua. gimana bang? bales ya bang. habis galau nih gak lolos SNMPTN undangan hehe :((

    • Yoi. Saya dulu ikut SNMPTN.

      Kalau prioritas kayaknya cuma mitos deh. Soalnya teman-teman saya dulu tidak sedikit juga yang menjadikan ITS sebagai pilihan kedua.

      Bahkan, teman saya ada yang pilihan pertamanya Kedokteran UNS dan pilihan keduanya Teknik Informatika ITS. Dan ternyata, dia masuk Teknik Informatika. :)

      Saya sendiri kurang paham bagaimana mekanisme penilaian SNMPTN (sekarang SBMPTN). Soalnya memang tidak pernah ditunjukkan hasilnya. Jadi, isu seputar prioritas itu mungkin hanya asumsi oleh sebagian orang saja berdasarkan apa yang mereka alami dan rasakan. Karena tidak pernah ada yang tahu secara pasti bagaimana mekanisme penilaian yang ada di SNMPTN kecuali panitia penyelenggara.

      Demikian. Semoga membantu.

      Semangat ya! :D

      • gitu ya bang. hehe iya makasih ya bang :) jadi semangat belajar hehe
        habisnya udah kebawa mimpi bang,bisa belajar pemograman di ITS. bismillah :D

    • Kalau prospek kerja, sama bagusnya.

      Saran saya sih, sebaiknya jangan lihat prospek kerjanya aja. Pilih jurusan yang sesuai dengan Passion kalau bisa.

  10. saya baru lulus nih bang dan mau ambil TI tapi saya anak IPS.. kira-kira saya nanti sanggup gak nerima materi yang di ajarin di TI.

    • Kesanggupan itu seringkali berjalan seiringan dengan kesungguhan. Jadi, kalau sungguh-sungguh mau belajar, jurusan IPA maupun IPS gak akan ada bedanya.

  11. mas mau tanya saya lulusan teknik smk teknik mekanik otomotif nih tp saya pingin bergelut di Bidang IT apakah saya bisa masuk nominasi??
    cita-cita saya pingin jadi seorang programer sejati apakah bisa,
    pingin tau software yang paling mendasar untuk membuat program dan yang harus di kuasi apa yah
    setau saya PASCAL, kemudian HTML, JAVA, C, C++, VB, PHP, CSS, BTW, KK, ADMN
    apakah ada yang lain yang bisa saya pelajari dulu sebelum masuk perkuliahan

    • Kalau memang berminat masuk teknik informatika, sebaiknya kamu tingkatkan nilai rapor kamu. Karena mulai sekarang, prosedur SNMPTN sudah tidak lagi melalui tes melainkan dengan seleksi rapor.

      Untuk pemrograman dan yang lainnya, itu semua bisa dipelajari selama kuliah. Yang perlu kamu pikirkan sekarang adalah bagaimana caranya agar bisa masuk teknik informatika dulu.

      Tapi kalau nilai rapor kamu sudah cukup baik, dan kamu memang minat untuk belajar pemrograman dari SMA/SMK, saran saya sebaiknya kamu pelajari bahasa C untuk mengenal pemrograman terstruktur. :)

  12. bang, saya suka bgt matematika. saya jg emg ada minat ke desain tapi kata mama, saya disarankan ke teknik informatika. nanti kalo saya keterima di informatika, kebanyakan pelajaran matematikanya ketimbang fisika kan bang? terus kan abang bilang kuncinya “matematika dan logika”, logika itu maksudnya gimana bang? bls ya bang :)

    • Di teknik informatika hampir tidak ada materi tentang fisika. Sebagian besar mata kuliah di teknik informatika itu berkaitan dengan matematika dan logika.

      Logika yang saya maksud di sini lebih mengarah kepada kemampuan nalar. Jadi, untuk bisa pemrograman, kamu harus mempunyai kemampuan nalar yang lumayan.

      Bayangkan membuat program itu seperti mengajari komputer untuk bisa paham apa yang kamu maksudkan dan perintahkan.

      Pernah belajar logika matematika? kurang lebih, begitulah logika yang saya maksudkan.

      • logika matematika? negasi dkk ya bang?
        terus “algoritma” itu pelajaran yg gambarannya seperti apa bang?

      • algoritma itu semacam metode dalam menyelesaikan suatu masalah.

        jadi, dalam membuat program untuk menyelesaikan suatu masalah, ada banyak sekali metode yang bisa digunakan. metode-metode inilah yang selanjutnya banyak dikenal sebagai algoritma.

        untuk lebih jelasnya, silakan klik link berikut :)

      • aku udah buka bang. itu termasuk matematika diskrit ya bang. jadi nanti orang informatika harus menguasai “matematika diskrit” seumur hidupnya bang? nanti otak-atik programnya semua pake dasar matematika diskrit bang?

      • Matematika Diskrit itu salah satu mata kuliah dasar yang diajarkan di Teknik Informatika. Tidak harus kok. Tapi sebaiknya paham sedikit banyak tentangnya. :)

    • Karena seleksi masuk perguruan tinggi negeri sekarang lebih mengandalkan nilai rapor, sebaiknya kamu menguasai semua mata pelajaran agar bisa masuk ke jurusan teknik informatika.

      Tapi kalau memang sudah mulai ada minat masuk ke teknik informatika, sebaiknya cari tahu atau cari tutorial pemrograman dasar. Agar tahu gambaran awal apa yang dipelajari di jurusan teknik informatika.

  13. Menuru Kakak,pelajaran matematika saja saya sering menyontek teman :D
    Apakah mungkin mampu menyelesaikan kuliah jurusan Informatika??

    • Sepertinya tidak. :)

      Bukan karena kamu tidak suka matematika. Tapi kamu tidak punya keinginan untuk mempelajarinya.

      Dan di dunia informatika, tidak ada kata berpangku tangan. Kunci bertahan di teknik informatika itu cuma 1: mau mencoba. Karena tahu teori saja tidak cukup untuk bisa pemrograman. Untuk bisa pemrograman, kamu harus benar-benar praktek membuat program.

  14. “Di Teknik Informatika kita tidak akan diajari desain grafis.” truss kalau untuk jurusan yang khusus desain grafis itu ada gak? klo ada jurusan itu apa aja?

  15. mau tanya nih…
    kalo di teknik informatika tuh yang lebih dominan permograman atau matematika nya ya..?
    mohon pencerahannya…thanks

    • Kalau di teknik informatika, yang lebih dominan adalah pemrograman. Kalau memang minat dengan pemrograman yang banyak matematika, mungkin kamu bisa coba masuk jurusan matematika. Karena di jurusan matematika biasanya ada bidang minat pemrograman.

      • hmm..saya pernah belajar borland delphi…saya cukup tertarik sama pemograman semacam delphi gitu…
        apakah pengalaman saya bisa bantu saya kuliah di teknik informatika?

      • Oh, tentu. Kalau kamu sudah pernah kenal pemrograman, anggap saja kamu sudah menang start di awal.

        Sementara teman-teman kamu nantinya baru mulai belajar pemrograman di perkuliahan, kamu sudah mempelajarinya sebelum kuliah.

        Dengan begitu, kamu jadi punya waktu untuk bereksplorasi dengan hal-hal baru yang belum kamu tahu. Jika hal ini bisa kamu pertahankan terus, saya yakin pengetahuan dan kemampuanmu di bidang IT (khususnya pemrograman) akan selalu selangkah di depan teman-temanmu yang lain. Lebih-lebih jika dibandingkan temanmu yang belum pernah kenal pemrograman semasa SMA.

  16. TI kan butuh logika sama Matematika nieh bg,.
    Kalau misal nya saya ngambil TI tapi pekerjaan yang saya ingin kan itu Tentara kalo gk Polisi .
    Lulusan TI bkalan bsa gk kerja diantara ke dua itu ?
    Kalo bsa,ntar di pekerjaan yang saya minati itu di bagian apa nya ?
    Mohon Kritik nya Bg AHSAN.

    • Wah kalau sudah menyangkut dunia kerja saya kurang bisa memberikan penjelasan. Karena saya kurang punya pengetahuan seputar dunia kerja.

      Saya memang pernah mendengar kalau lulusan s1 bisa mendaftar di kepolisian. Dan nantinya akan ditempatkan sesuai dengan keahlian yang dipelajari selama menempuh pendidikan s1.

      Tapi sayangnya info tersebut hanya saya dengar lewat obrolan. Saya belum pernah membaca info tersebut secara langsung di artikel maupun di buku. Jadi, saya tidak berani menyimpulkan apakah info tersebut memang benar ataukah tidak.

      Saran saya, sebaiknya kamu tanyakan hal ini pada guru BK yang ada di sekolahmu. Semoga saja guru BK-mu punya pengetahuan yang cukup tentang dunia kerja yang ada di kepolisian dan militer sehingga mampu menjawab pertanyaanmu ini.

      Maaf ya kalau jawaban saya ini kurang memuaskan. :)

  17. Bang Saya ANAK -SMK- Jurusan Teknik Komputer Jaringan, Saya Pengen Jadi Programer Indonesia,Tapi dalam Matematika Saya Lemah, Kalo Jurusan Infrmatika Mate Matika Nya Harus Jago Ya Bang???

    • Memang sih, jurusan Teknik Informatika itu mata kuliahnya kalau nggak tentang pemrograman, pasti tentang matematika.

      Tapi bukan berarti, dengan begitu kamu harus jago matematika. Jago itu nggak harus, yang harus itu punya niat dan semangat untuk belajar. Soalnya kalau nggak ada niat, belajar apapun pasti kurang maksimal hasilnya.

      Kalau menurutku, poin plusnya jika kamu memang berminat masuk informatika adalah: kamu di SMK sudah pernah tahu dan kenal pemrograman. Jadi, kamu nggak akan kaget seperti yang dulu pernah saya rasakan :D

      Semangat ya :)
      Semoga sukses jadi programmer yang handal.

    • Kalau ekonomi mungkin agak sulit. Tapi bisa. Sulitnya mungkin lebih ke sulit masuknya. Karena teknik informatika lebih banyak memberi kesempatan kepada jurusan IPA.

      Di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

  18. mw tanya bang, kalo teknik informatika nanti kerjaannya kayak apa ??? soalnya saya tahun ini kalo lulus (mhon doanya biar lulus ) :) saya mau masuk ke jurusan teknik informatika. tapi nanti gk tau kerjanya kyk apa. apa bisa punya kerjaan tetap, n contohnya kerjaan apa.
    tolong dijawab bang, karna saya msh ragu2

    • kalau kerjanya kayak apa sih relatif ya. sarjana informatika biasanya malah banyak yang bekerja di luar bidang informatika.

      tapi kalau memang berminat bekerja di dunia informatika, bisa jadi programmer, game developer (pengembang game), website developer, macem-macem.

      lulusan informatika itu jangkauan kerjanya luas. tapi kalau memang sudah berminat di salah satu bidang sih mending didalami sekalian saja bidang tersebut. kalau memang sudah berminat di dunia website ya mending didalami sampai jadi master sekalian. kalau memang berminat mengembangkan aplikasi mobile ya usahakan mengikuti perkembangan di bidang aplikasi mobile.

      intinya, jangan pernah takut soal kerja. teman saya yang kuliah di jurusan teknik fisika aja sekarang malah jadi wirausahawan di bidang kuliner. dan omsetnya sekarang sudah lebih 10 juta per bulan. :)

  19. deg-degan banget bang mau masuk jurusan TI. bingung belum tau kompetensi yang dimiliki diri sendiri,, harus gimana yah? udah terlanjur masuk…

    • Hmmm… kalau memang sudah terlanjur masuk sih, mending langsung cari-cari tutorial pemrograman terus dipraktekkan.

      Kalau untuk semester awal sih materinya biasanya pemrograman terstruktur. Baru setelah itu nanti akan dikenalkan pemrograman berbasis objek dan pemrograman-pemrograman lainnya.

      Kuliah di jurusan teknik itu harus seneng eksplorasi. Harus sering coba-coba. Harus sering praktek agar bisa.

      Semoga bisa membantu. :)

      • saran saya, kalau bisa sih nyari e-booknya aja. soalnya ebook pemrograman biasanya berisi teori pemrograman sekaligus contoh programnya.

        selain ebook, video tutorial juga bisa dicoba. banyak banget tuh video di youtube atau di vimeo. :)

  20. walaupun saya belun mahir di matematika, tpi saya yakin di mana ada kemauan pasti ada jalan, iya kan bang..!!
    thanks ya atas tulisannya….

  21. permisi bang ahsan, saya mau tanya, kira-kira di TI butuh yang namanya hafalan kuat gak ya????
    soalnya aku lemah banget di situ –”

    oh iya salam kenal, saya ini adalah seorang pelajar SMA yang sedang mengalami masa-masa bingung mencari jurusan :D

    • Salam kenal…

      Hmm..
      Kalau hafalan sih gak seberapa butuh..

      Yang dibutuhkan di informatika itu logika, matematika, dan kesungguhan untuk menjalani kuliahnya :D

      Kalau mau tanya-tanya lebih jauh, silakan tanya via email atau via fb aja biar lebih enak

      Semangat ya! :)

    • askum bang…
      begini saya itu matematika sangt lemah….
      sedngkn TI hrus bisa mtemtika….
      apakah masih bisa di tehnik informatika..?

      • Wa’alaikumsalam wr.wb.

        Bisa apa dulu nih?
        Bisa masuk? Atau bisa bertahan?

        Kalau yang dimaksud bisa adalah bisa masuk, insyaAllah bisa.
        Tapi kalau yang dimaksud bisa adalah bisa bertahan, saya tidak bisa menjamin.
        Soalnya Matematika dan Logika adalah kompetensi dasar yang harus dimiliki setiap mahasiswa informatika.

        Saran saya sih, kalau memang matematikanya agak lemah,
        mending milih jurusan Sistem Informasi saja :)

  22. pengen bangad bisa jadi anak tekhnik,, bisa otak atik komputer dan sebagainya…
    tpi gw rasa mati-matika gw kurang,, jdi takut nih… pdahal tmn” pada nyaranin gw buat masuk tehnik informatika aja… gw juga sneng dan pengen bngad..
    hmm.. bingung…

    • Kalau saran saya sih,
      Coba pahami diri dulu aja…
      Apa memang benar-benar minatnya di dunia IT?
      Atau cuma ingin belajar IT?

      Kalau memang sangat berminat, dicoba dulu aja.

      Tapi kalau cuma ingin belajar IT, keberadaan internet sudah lebih dari cukup untuk mempelajari semua hal tentang IT.

      Coba kenali diri sendiri dulu,
      kira-kira apa yang menjadi minat kamu.

      Baru setelah itu tentukan pilihanmu.

      Untuk lebih jelasnya,
      Coba baca buku “Nggak Sekadar Ngampus”

      Semoga bisa membantu. :)

  23. trimakasih mas atas infonya tentang IT 1 dan IT 2.
    hmm.. aku udah terlanjur di trima di Tek. Informatika nih..
    hufftt
    padahal saya amat amat ga jago di logik dan mat :’(
    gmn ya?
    sebenernya saya sukanya cuman di biologi, ilmu mempelajari makhluk hidup :D
    tapi… nasibnya malah jatuh di informatika

    • Hehe,
      Sama-sama :)

      Selamat datang di dunia biner :)
      Kalau emang suka biologi, tenang, di Teknik Informatika ada spesialisasi Bioinformatics kok, tapi di Indonesia masih jarang :D

      Punya blog jg gak? :)

  24. bedanya sama ilmu komputer ?
    kebetulan saya memilih jurusan ini karena membutuhkan kemampuan logika dan matematika yg tinggi….semoga saja cocok.

    • Saya sendiri belum tahu secara pasti apa yang diajarkan di jurusan Ilmu Komputer karena di ITS tidak ada. Tapi sepertinya sih di ilmu komputer kita akan lebih banyak diajarkan optimasi Algoritma. :)

      Silakan tanyakan teman saya, Junian. Untuk info lebih lengkapnya :D

    • ^
      Komentar di atas ini adalah komentar seorang salesman. Kalau bukan produsen kecap.

      Karena selalu memberikan penjelasan kepada konsumennya bahwa produknya adalah yang terbaik :D

      *ditendang fahmi ke danau TC*

    • Membandingkan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi itu sama saja membandingkan apel dengan jeruk…

      Sampai kapanpun nggak akan pernah bisa dibandingkan karena memang 2 hal yang berbeda. Dan masing-masing orang punya selera dan kebutuhan masing-masing

      Kalau kata dosen saya, “Compare apple with apple”

      Kalau mau membandingkan Teknik Informatika ya mestinya dengan Teknik Informatika dong. Biar jelas parameternya…

      Kalau menurut saya sih, dua-duanya sama bagusnya.
      Sekarang tinggal sampeyan butuhnya apa?

      Kalau di Teknik Informatika, materi kuliahnya nggak jauh-jauh dengan algoritma dan pemrograman. Kalau di Sistem Informasi (sepertinya) lebih banyak ilmu manajemennya.

      • kalau s2 teknik informatika lebih susah algotitma dan pmrogramanya ya?? jabarin donk dikit tentang s2 nya?

      • kalau s2 sih lebih banyak ke eksplorasi algoritma.

        dan umumnya sih lebih sulit dari s1. karena s1 biasanya cuma mengimplementasikan apa yang telah diteliti oleh mahasiswa s2.

        susah atau tidaknya semua bergantung pada bidang yang akan ditekuni selama s2.

        kurang lebih begitu yang saya tahu tentang s2.

Minta komentarnya dong. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s