Mencari Apa di Teknik Informatika?

Setelah hampir 4 tahun di sini. Saya jadi berpikir, apa sih yang membuat jurusan teknik informatika banyak sekali peminatnya? Apa yang sebenarnya dicari oleh peminat jurusan teknik informatika?

Kemudahan?

Kuliah di teknik informatika itu susah lho. Bukannya mau menakut-nakuti. Tapi memang begitulah kenyataannya. Sudah masuknya susah. Kuliahnya juga susah. Gak enak kan?

Membuat program itu tidak sesederhana yang pernah kalian kira. Dibalik setiap teknologi yang luar biasa, terdapat kerumitan sistem yang luar biasa. Bahasa kerennya, sophisticated outside, complicated inside.

Kesempatan kerja yang luas?

Kalau yang satu ini sih relatif ya. Bergantung perusahaannya. Beberapa minggu yang lalu saya mengunjungi  bursa karir di kampus saya dan ternyata tidak semua perusahaan membutuhkan tenaga kerja di bidang informatika. (Nah lo?)

Prestise? Kebanggaan?

Ok, bisa masuk teknik informatika itu memang sebuah kebanggaan. Apalagi jika masuknya lewat jalur SBMPTN yang terkenal banyak persaingan. Tapi percayalah, kebanggaan itu nggak akan berlangsung lama. Apalagi jika ternyata teknik informatika bukanlah passion kita. Yang ada hanyalah penyesalan demi penyesalan saja.

Intinya, jangan terlalu fokus pada jurusan kuliahnya. Teknik informatika bukanlah satu-satunya jurusan yang ada di dunia perkuliahan. Fokuskan perhatian kalian pada diri kalian sendiri. Kenali diri kalian sendiri. Apa sebenarnya yang menjadi passion kalian? Apa yang sebenarnya ingin kalian capai di dunia perkuliahan? Atau jangan-jangan kalian kuliah hanya karena ikut-ikutan teman?

Jangan suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kalaupun banyak teman-teman kalian yang mendaftar di jurusan teknik informatika. Bukan berarti kalian juga harus mendaftar di teknik informatika. Menjadi siswa yang pintar atau pandai itu bukan berarti harus masuk kedokteran atau teknik informatika kok.

Mengutip kata-kata Billy Boen dan Rene Suhardono, “sukses itu bukan menjadi yang terbaik. Tapi menjadi diri sendiri yang terbaik.”

Sekali lagi. Sebelum memutuskan pilihan jurusan, kenali potensi diri sendiri. Pastikan bahwa pilihan kalian memang sesuai dengan panggilan hati + sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki.

Yang terpenting bukanlah jurusannya, tapi apa yang bisa kita berikan setelah lulus nantinya. Karena mahasiswa yang paling baik bukanlah mahasiswa di kampus yang paling tinggi passing grade-nya. Tapi mahasiswa paling baik adalah yang paling bisa memberi manfaat bagi sesama.” – Ahsan

—————————————————————————————

NB: Kalau kalian memang minat kuliah di teknik informatika, ada baiknya kalian baca dulu postingan saya seputar teknik informatika.

—————————————————————————————-

Gambar diambil dari : sini

About these ads

129 thoughts on “Mencari Apa di Teknik Informatika?

  1. Assalamu Alaikum ,,ka kemrin udah pengumuman di Lp3i makssar lewat jalur undangan ,teruss pilihh jurusan Tehknik Informatikaa,,,
    Nahh masalahh masuk tehnik informatika hrus pintar MM ka yah kk ?

  2. Makasih atas artikelnya kakak,
    saya juga lagi galau nentuin mau kuliah lagi tapi binggung mau ambil jurusan apa. setelah browsing kayak nya TI bagus tapi prospek untuk kerja nya bagaimana, saya gak mau salah lagi masuk jurusan kuliah gitu hehehe

    • Salah jurusan itu biasannya bukan karena prospek kerjanya, melainkan karena jurusan yang dipilih ternyata tidak kita sukai. :D

      Kalau prospek kerja, lulusan teknik informatika lebih fleksibel daripada teknik lainnya. Karena selain bisa kerja di perusahaan nasional dan multinasional, lulusan teknik informatika juga bisa membuat lapangan kerja sendiri dengan menjadi software developer (web developer, game developer, dlsb.) , gitu.

      Semoga bisa membantu. :)

  3. nice post bang..
    saya narik kesimpulan dari post diatas itu yang terpenting itu adalah “mengenali passion”.
    bang, cirinya apa sih kalau passion dan jodoh kita itu emang TI banget?
    secara kan di SMA, saya ga pernah belajar pemrograman. jadi bagi saya TI masih asing. sudah baca2 juga masih asing, karena blm bersentuhan langsung hehe :D

    tetapi saya ada minat, dan saya pekerjakeras bang.
    sekali lagi apa ya bang cirinya passion kita di TI?

    • well, sebenarnya gak ada rumus pasti untuk mengetahui apakah suatu aktivitas itu passion kita atau bukan. daripada passion, minat dan bakat jauh lebih mudah untuk dikenali.

      untuk itu, kamu bisa mulai dengan mencari tahu minat dan bakat kamu, serta coba tahu karakter kamu.

      kalau passion itu hanya bisa dirasakan sendiri, jadi harus mencoba dulu selama beberapa waktu baru bisa tahu.

  4. bang, nanya Universitas Negeri yang ada fakultas TI yg bagus daerah Jateng, DIY apa ya? rada ragu2 mau ambil TI, saya suka maen kompi apa bisa ambil TI? terimakasih,

    • Gak usah ikut-ikutan. Satu-satunya yang harus kamu ikuti adalah kata hati. :D

      Pilih jurusan yang ilmunya kamu sukai. Biar kamu nggak merasa bosan ketika kuliah. :)

  5. Sebelum memutuskan pilihan jurusan, kenali potensi diri sendiri. Pastikan bahwa pilihan kalian memang sesuai dengan panggilan hati + sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki.

    camkan itu baik2 …

  6. Saya suka banget bang sama game ofline maupun online. . Saya juga suka dengan dunia web dan blogging. . Apa saya cocok masuk ke Teknik Informatika?

    • Jadi developer! bikin aplikasi! bikin game! :D

      Hehe, bercanda. Seperti yg sudah sering saya sarankan pada orang-orang lain. Ikuti kata hati. Pilih jurusan yang paling membuat kamu senang mempelajari ilmunya. Pilih berdasarkan apa yang paling kamu sukai.

      Atau kalau tidak, pilih berdasarkan cita-cita yang kamu punyai. Kamu ingin jadi apa? kalau memang lebih bersemangat untuk menjadi programmer daripada menjadi bisnisman, sebaiknya masuk teknik informatika. Begitupun sebaliknya.

      Semoga bisa membantu.

  7. Gan, klw ciri” tentang passion di dunia teknik informatika itu contohnya apa?

    Saya penggila teknologi maupun hardware software tapi lebih tertarik ke perkembangan teknologi

    Saya galau harus ambil jurusan teknik komputer atau teknik informatika?

    Mohon dibalas gan :)

    • Teknik Komputer? Teknik komputer sekarang sepertinya gak ada. Yang ada itu Ilmu Komputer dan Teknik Informatika.

      Bisa dibilang, Ilmu Komputer itu salah satu cabang Teknik Informatika. Di luar negeri, Ilmu Komputer dikenal sebagai Computer Science, sedangkan Teknik Informatika dikenal sebagai Software Engineering.

      Sebenarnya yang dipelajari hampir sama. Tapi jurusan Ilmu Komputer lebih spesifik dan lebih ke arah penelitian.

      Kalau kamu minat jadi peneliti atau dosen, sebaiknya masuk Ilmu Komputer. Tapi kalau tidak, sebaiknya masuk Teknik Informatika. Tapi bukan berarti kalau di Ilmu Komputer kamu nggak akan bisa jadi praktisi atau sebaliknya.

      Kalau masalah passion, nanti akan saya jelaskan di postingan saya berikutnya. Stay tuned! ;)

      • Teknik Komputer/Sistem Komputer/Computer Engineering itu ada bro, saya mahasiswa universitas sriwijaya jurusan sistem komputer mempelajari jaringan, robot, dan pencitraan
        di UNSRI masih ada prodi tersebut

  8. Blom pernah ka’, dan skil aku masih kurang banget di IT, tapi aku pengen banget pinter buat program komputer!
    niat’a mau dijalanin dulu, kalau emang beneran gak sanggup mau pindah..,, saran’a gimana ka?? Thanks jawaban’a ka :)

  9. Blom pernah ka’, dan skil aku masih kurang banget di IT, tapi niat’a mau dijalanin dulu, kalau emang beneran gak sanggup mau pindah..,, saran’a gimana ka?? Thanks jawaban’a :)

  10. kak,, sya jg trtarik masuk TI,, tapi msh ragu2 soalnya skill saya msih trlalu sdikit
    saya jg gk jago matematika
    mnrut kk gmana??

    • Tertarik sudah bagus sudah buat modal. Berarti kamu ada minat.

      Tapi masalahnya tertarik aja kadang gak cukup. Kamu juga harus benar-benar cinta apa yang kamu kerjakan untuk bisa membuat sesuatu yang luar biasa.

      Dari awal saya selalu menekankan untuk trust your feeling. Pilih jurusan yang materinya kamu sukai. Pilih jurusan berbadasarkan passion yang kamu miliki.

  11. Woww, jadi ngeri bacanya :( aku suka ngotak-atik program komputer, tapi matematika nya kurang!! :( tapi aku lulus snmptn’a di IT! Tapi denger” ospeknya parah ya ka’??

    • Pernah coba bikin program komputer? kalau matematika sih bisa sambil jalan lah.

      Ospeknya biasa aja kok sekarang. Sudah gak ada main fisik. Gak seserem tahun-tahun sebelumnya. :D

  12. ka boleh nanya ga?aku ga terlalu jago di bidang mtknya tapi aku suka sama komputer suka otak atik dri kecil otodidak ga belajar di luar tapi di sisi lain aku juga suka ama design aku udh bisa design rumah ya walaupun masih ga berpola masih ngasal jadi aja aku mau minta saran lebih pilih arsitektur apa teknik informatika?

    • Hmmm. Kalau saranku sih, pilih yang lebih kamu sukai. Kalau waktu lagi punya waktu luang kamu lebih sering utak-atik program komputer daripada mendesain, sebaiknya kamu masuk Teknik Informatika. Tapi kalau sebaliknya sih, mending masuk Arsitektur. Pilih jurusan yang ilmunya kamu sukai, dan kamu nggak merasa kuliah sama sekali.

      • Mas saya baru lulus sma
        Mau ngambil teknik informatika
        V hrs kuasai mtk, sy gk jgo mtk
        Lebih baik ambil teknik informatika atau sistem informasi

      • Kalau kamu minat untuk bisa teknis (pemrograman), sebaiknya masuk teknik informatika. Tapi kalau tidak, sebaiknya pilih SI aja.

  13. Wwoooo
    susah ya ternyata ada soal itung2 ngan wahh jadi ngeri mau masuk jurusan ini…
    Untugg qku ketemu blog ini jadi tau informasi akunya makasih yhh :)

  14. Ka… Saya tu minat.y sama gmbar gtu. Klo k mtematika sy kurang minat. Tp sya pernah nya n minta pndapt ktmn saya. Kata.y ya udh ambil TI aja.
    Mnrut kk gmna tu

    • Kalau minat gambar sih sebaiknya masuk jurusan desain atau arsitektur aja. Tapi sebaiknya sih desain. Soalnya arsitektur masih banyak hitung-hitungan. Kalau jurusan desain sih, sebagian besar materi kuliahnya tentang desain. Mata kuliah yang pakai hitung-hitungan di jurusan desain mungkin cuma kalkulus I dan kalkulus II aja.

      Kebetulan saya nggak seberapa tahu jurusan desain sih, jadi nggak bisa memberi penjelasan detail apa saja yang akan dipelajari di jurusan desain.

  15. Puji Tuhan kak, saya keterima di TI ITS lewat snmptn..boleh saya tanyak?yang saya takutkan cuma satu..ospeknya sulit?katanya ospek its paling mengerikan…trims :D

    • Selamat ya. :)

      Kalau ospek sih sudah nggak seserem dulu lagi. Ospek sekarang jauh lebih ringan dan tidak terlalu (baca: hampir tidak pernah) menguras fisik. Nggak seperti 5 tahun yang lalu. :)

  16. saya sangat senang dengan artikel ini membantu banget..:)
    saya ini baru saja lulus dan melanjutkan kuliah di fakultas TI
    Setelah baca” artikel ini membantu pengetahuan saya tentang TI..
    Terimkasih

  17. Terima Kasih, gegara mbaca postingan kakak jadi mentah lagi pengen ke Teknik Informatikanya. u_U
    yang saya takutkan kalau udah terlanjur masuk terus nggak kuatnya itu Kak.
    saya suk IT, saya pengen utak-atik dan bikin software2 gitu. Tapi apa susah banget ya di Teknik Informatika Itu? :D

    • Sebenarnya tujuan saya membuat postingan tentang teknik informatika bukanlah untuk menakuti, melainkan untuk memberi informasi.

      Soalnya kebanyakan calon mahasiswa teknik informatika itu tidak tahu apa yang dipelajari di teknik informatika.

      Kalau kamu suka utak-atik program, suka mencoba hal baru di bidang IT, sering membaca artikel tentang IT atau berlangganan majalah IT, besar kemungkinan kamu akan merasa cocok di teknik informatika. Tapi kalau tidak, saya tidak menyarankan kamu untuk masuk teknik informatika.

      Susah atau tidak itu relatif. Semuanya bisa dipelajari.

      Pilihlah jurusan yang membuatmu selalu merasa antusias untuk memplejarinya. Karena antusiasme adalah modal utama dalam sebuah proses pembelajaran.

      Demikian.
      Semoga membantu.

  18. wah..galau melanda, hehe.. aku seneng bisa baca artikel ini mkin bnyk yg aku tau tntang TI, tp tetep galau krna takut ngmbil jurusan ini cuman hati aku kuat dan condong bgt pngen merasakan TI itu sprti apasi? meski skill aku kurang bgt..tp tekad aku pngen ngambil jrsan TI menggebu-gebu..
    tp ko ttep was-was tkt pts tengah jalan krna TI mnurut sya sangat MENANTANG :’(

  19. Iya makasih kak, sbenernya g nyangka juga bsa lolos..

    wajib buat bertahan hidup itu kak.. :D

    Kalo belajar harus dong, tapi menurut kakak org2 di t.informatika pada jago2 matematik ga?

    Makasih kak, ntar aku cari2 lgi dh buat tambahannya..

    • Memang anak informatika biasanya banyak yg jago matematika sih. Tapi gak harus jago kok.

      Pinter matematika gak menjamin kamu bisa sukses di Informatika. Soalnya matematika hanya salah satu bagian dari informatika.

      Kemampuan matematis akan berguna jika kamu berniat menjadi akademisi/peneliti/ilmuwan. Tapi kalau kamu berminat menjadi praktisi, kemampuan pemrograman jauh lebih penting.

  20. kak alhamdulillah saya lolos sleksi pmdk masuk t.informatika, tapi saya masih bingung apa yg harus saya persiapkan mulai dari keperluan dan mental. Karena kalo mlihat kemampuan saya d bidang matematik terbilang pas-pasan.
    Minta sarannya ya kak.!
    Oiya saya ingin mulai mengenal materi matkulnya, apakah boleh saya minta materi/ebooknya kak atw mungkin bisa diposting.? Hhe..
    Terimakasih..

  21. mas, mau sharing & tanya2 . ,
    saya suka dan mengagumi sekali tentang pemrograman, cuma saya selalu gagal dlm compile. dan gak hanya pemrograman, semua d bidang teknologi suka, . jadi intinya saya minat ke Teknik informatika, tp ilmu yg saya kuasai masih belum sepadan, gimana sarannya mas?
    lalu begini, ketika saya kehilangan laptop saya, saya kehilangan gairah untuk bergaul lg sama teknologi, insya alllah ketika kuliah saya beli laptop lg, bagaimana sarannya mas?
    trims.

    • Kalau gagal compile itu kemungkinannya dua. Kalau gak salah syntax, logikanya salah.

      Minat itu sebenarnya modal yang cukup baik. Tapi akan lebih baik jika kamu sudah tahu passion kamu apa.

      Passion itu bukan sekadar hobi atau minat, Passion itu suatu hal yang selalu membuat kamu bersemangat, antusias, bergaiah untuk mempelajari / mengerjakannya.

      Punya skill dasar itu nggak wajib. Saya sendiri waktu mendaftar teknik informatika nggak kenal pemrograman sama sekali.

      Tapi sebaiknya memang tahu apa yang dipelajari, agar tidak salah pilih nanti.

      Punya komputer atau laptop itu hanya opsional saja. Karena kampus ada lab yang menyediakan banyak komputer yang bisa dipakai.

      • Kalau kesulitan yang paling saya rasakan sih kesulitan memotivasi diri sendiri. :D

        Itu mungkin karena Teknik Informatika bukan benar-benar passion saya. Jadi saya sempat lama sekali kehilangan antusiasme untuk mengutak-atik program.

        Kuliah teknik itu gak akan maksimal hasilnya kalau tidak banyak praktek. Saya sudah membuktikannya sendiri. Maka dari itu, kalau memang minat masuk teknik, siapkan mental. Karena kamu harus meluangkan banyak waktu untuk mengasah skill (kemampuan teknis).

        Kalau yang ditakuti apa ya? mungkin takut tak bisa lulus aja kali ya. :)

  22. Dilema banget ini bang buat Kuliah, bingung mau ambil Jurusan apa :’| ,, takut salah pilih :D,. Kayaknya TI menantang nih bang,, tapi setelah ngebaca keseluruhan postingannya , TI susah banget :D hahaha

    • Kuliah di TI memang menantang banget. Apalagi kalau kamu suka matematika, suka teka-teki dan semacamnya.

      Kalau susah atau nggak, itu sebenarnya relatif. Bisa jadi, setelah kamu mempelajarinya langsung ternyata tidak sesusah yang dibayangkan. :)

      • saya suka sekali teka-teki gan, suka hal yg membutuhka pemecahan, atau strategi tp saya masih kurang di matematika gan?

        saya sudah diterima di TI tapi saya blm tau tentang TI itu sendiri, jadi saya harus mulai dari NOL gan? menurut anda gmn gan??

      • saya suka sekali teka-teki gan, suka hal yg membutuhka pemecahan, atau strategi tp saya masih kurang di matematika gan? saya juga suka IT sejak SMP kelas 2 tp karna saya berasal dr keluarga kurang mampu saya tidak punya komputer jd blm tau apa” soal pemprograman??

        saya sudah diterima di TI tapi saya blm tau tentang TI itu sendiri, jadi saya harus mulai dari NOL gan? menurut anda gmn gan??

      • Wah selamat! Tenang, semuanya bakal diajarkan dari sangat mendasar kok. Kuncinya adalah rajin kuliah dan sering utak-atik program secara otodidak aja.

  23. kak saya ini tertarik bgt ngambil jrusan TI. tpi saya blm tau apa saja yg hrs dipelajari/dikuasi. apa nantinya akan diajari dari nol kak?

  24. kk mau tanya. maenurut kk teknik informatika unpad sama undip bagus ga? peminatnya banyak gaa..? soalnya aku lagi nyari teknik informatika yang ga banyak peminatnya biar gampang masuknya :( soalnya ga pede sama nilai. tapi kalau di bidang informatika sih (kaya TIK Matematik sama Inggris) nilainya lumayan bagus. mohon sharingnya dong :)

    • Ya jelas bagus dong. Undip sama Unpad kan Universitas Negeri. :D

      Kalau peminat sih, mestinya lumayan banyak. Soalnya teknik informatika adalah salah satu jurusan favorit di perkuliahan.
      Meskipun banyak juga yang kemudian merasa salah pilih jurusan setelah tahu rasanya kuliah di teknik informatika.

      Kalau saran saya sih, seperti biasa: ikuti kata hatimu. Pilih jurusan yang sesuai dengan passion-mu.
      Ngomong-ngomong, sudah yakin kalau passion-mu memang teknik informatika?

  25. Kak, aku skrg SMA kls 3 trus pengen banget masuk Teknik Informatika…
    Skrg lg otodidak bljr bahasa c++ dan buat program dasar dari cmd, lg cari bahan buat bljr Delphi sih… :)
    Klw udah bisa, pengennya buat program tentang fisika buat SMA…:D hehe

    Bagi sarannya kak biar bisa lancar kedepannya… Arigato gozaimasu :)

    • Wah, bagus tuh. :)

      Saran? belajar yang rajin biar bisa lolos seleksi masuk ke perguruan tinggi. :)

      Belajar pemrograman itu yang penting dapat feel-nya. Anggap saja membuat program itu sebagai sebuah tantangan. Dengan begitu, kamu akan selalu merasa tertantang untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuanmu di bidang pemrograman.

      Selalu jaga rasa penasaranmu. Karena rasa penasaranlah yang mendorong kita untuk terus dan terus belajar.

  26. bermanfaat banget post nya…
    makasi ya, jadi banyak tau tentang teknik informatika..
    do’akan aku bisa bertemu kakak langsung di ITS :))

  27. KAK aku kan sebentar lagi lulus UN Aaminnn. nah aku pengen masuk di informatika soalnya kayagnya ak suka banget ama yg namanya maen game apa game itu passion ak ya kak, tapi disisi lain aku juga punya cita” masuk di UI Sedangkan nilai rapor q kayagnya g mendukung :( gimana kak

    • Kalau cuma senang main sih, semua orang juga suka main game. Masalahnya, kamu minat gak bikin game? passion itu gak sesederhana itu. Bisa aja main game itu cuma hobi aja, bukan passion.

      Passion itu agak susah sih njelasinnya. Coba kamu cari-cari artikel tentang “menemukan passion”. Baru deh, praktekkan langkah-langkahnya. Biar kamu bisa tahu, apa yang menjadi passion kamu.

      Bisa jadi, mimpi kamu untuk masuk UI itu juga terkait dengan passion yang kamu miliki. Gak usah terburu-buru menentukan pilihan. Nikmati dulu proses pencarian passion-mu dulu. Kalau sudah ketemu passionnya, menentukan pilihan jurusan akan lebih mudah pastinya.

  28. mas, klo saya pilih jurusan network engineer di its, apakah nanti berkutat di dunia pemrograman? karena saya lihat di its, jurusan informatika ada 3 bidang study. saya sih minatnya di jaringan, klo pemrograman rada males :D

    • Jangan salah, kalau sudah masuk teknik informatika, mau bidang minat apapun yang dipilih nantinya, pasti tetap bertemu dengan pemrograman.

      Mungkin pemrograman jaringan tidak sesulit pemrograman murni seperti yang ada dalam rekayasa perangkat lunak. Tapi saya sendiri melihat jaringan sebagai suatu bidang yang sulit. Karena untuk bisa jaringan, saya harus sering mengotak-atik linux dan juga terminal. :)

      Jadi, kalau memang berminat di teknik informatika, saya infokan mulai sekarang bahwa di jurusan teknik informatika tidak ada pilihan untuk tidak bertemu dengan pemrograman. :D

      • KAK aku kan sebentar lagi lulus UN Aaminnn. nah aku pengen masuk di informatika soalnya kayagnya ak suka banget ama yg namanya maen game apa game itu passion ak ya kak, tapi disisi lain aku juga punya cita” masuk di UI Sedangkan nilai rapor q kayagnya g mendukung :( gimana kak

  29. Om, Aku kuliah di Jurusan Desain dan aku suka juga dengan TI. tapi ketika aku sudah memasuki dunia Desain, aku merasa aku tidak cocok dengan dunia itu (ada beberapa hal yang tidak bisa aku sebutkan), nah saat ini saya keluar dan ingin pindah TI atau TP nantinya. ada saran sebelum saya mengambil jurusan tersebut om? supaya saya tidak salah lagi. *hehehehe maaf curhat sedikit.

    • Seperti yang pernah saya bilang, masalah sebagian besar mahasiswa yang salah jurusan adalah karena kurang bisa “mengenali diri”.

      Jadi, saran saya, agar tidak salah jurusan lagi, mending kamu kenali dulu dirimu sebaik-baiknya. Kenali dulu apa minat, bakat, dan passionmu. Kalau sudah tahu potensi dan passion, akan lebih mudah menentukan pilihan.

      Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara mengerti passion diri sendiri. Baru setelah itu, cari informasi jurusan-jurusan yang bisa memaksimalkan potensi dan passionmu.

      Kuliah tidak cukup hanya modal minat. Karena dalam perjalanannya, untuk bisa menyelesaikan kuliah, dibutuhkan tekad dan juga semangat.

      Kalau untuk masalah TI, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang pemrograman. Karena kuliah di TI tidak akan pernah lepas dari pemrograman.

      Coba pelajari pemrograman secara otodidak, kemudian rasakan, kira-kira kamu bisa menikmatinya tidak?

      Kalau iya, mungkin kamu memang cocok masuk jurusan teknik informatika.

      Selamat mencoba :)

  30. hadoh..bener tu mas,kalo kita gak tau passion kita,semua berabe. . same kayak saya,,sampe sekarang aku gak tahu jiwa dan raga t.informatika itu sendiri…dah semester 7 pula..coding lewat alias gak ngerti. . .

      • Itulah mas…aku benar2 galau.he hehehe, sekarang dah ada tugas matkul seminar yang di harus kan membuat/menyodorkan gambaran atau judul lah buat skrip….eh, pengen sharing banyak ni dengan mas ahsan yang sudah makan asam garam dengan dunia IT, kira2 berkenan mas??? saya butuh banyak masukan dan saran.he heeh.lewat Fb gak papa ya???

  31. kak, saya kelas 3 smk, saya mau kuliah ambil jurusan teknologi informatika nih, kalo boleh tau. tempat kuliah yang terkenal akan bagus nya apa aja ya kak ?

    • Tempat kuliah yang bagus? Kamu ini mau cari jurusan kuliah atau cari apa sih sebenarnya? :D

      Kuliah di mana itu sama aja. Yang penting kamu ketahui dulu, passionmu apa. Baru setelah itu tentukan pilihan berdasarkan passionmu itu.

      Tapi saranku sih, nyari yang negeri aja. Soalnya fasilitasnya lengkap tapi biayanya relatif terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

    • Menemukan passion itu agak susah memang. Passion itu tidak bisa dicari dengan dipikirkan.

      Kalau kata Rene Suhardono cara paling tepat untuk mencari passion itu dengan “Think less, feel more”.

      Rasakan. Cari banyak kesibukan. Jangan terlalu terpaku pada kesibukan kamu sekarang. Kalau kamu sudah punya banyak kesibukan, rasakan. Kira-kira kesibukan mana yang membuat kamu benar-benar merasa nyaman dalam melakukannya.

      Yang paling membuat kamu nyaman itulah yang biasanya passion kamu.

      Mungkin artikel saya yang berikut ini bisa membantu kamu dalam menemukan passion http://kamuitubeda.wordpress.com/2010/10/04/temukan-passion-anda/

      Semangat ya. :)

    • Kalau boleh tahu, kenapa ingin masuk teknik informatika? tertarik dengan teknologi? atau ingin mendalami teknologi dan berkarya dengannya?

      Kalau alasannya yang pertama, saya sarankan jangan masuk teknik informatika. Sudah ada banyak korbannya. :)

      Tapi kalau alasannya yang kedua, mungkin kamu cocok masuk teknik informatika.

      Kalau saran saya sih, kenali dulu bakat dan potensi diri. Cari tahu apa passion kamu. Karena jurusan terbaik adalah jurusan yang paling sesuai dengan minat dan potensi diri :)

      Semoga bisa membantu :D

  32. wah akhirnya nemu juga artikel yang di cari-cari (:
    makasih bang atas pencerahannya. menjelang kelulusan ini ane galau mau lanjut kuliah di jurusan apa, dan terpikirkan untuk masuk jurusan teknik informatika. tapi kayaknya memang susah ya bang di jurusan ini, ane udah rasain selama 3 tahun di SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. ane rencana kalo lulus mau lanjut kuliah jurusan ilmu komunikasi, gimana tuh jurusannya, bagus gak ?

    • Ilmu komunikasi? Ya dicoba dulu aja…

      Tapi kalau saran saya sih, ketahui minat kamu dulu aja. Kalau sudah tahu minatnya, ntar gampang nentuin jurusan yang mau dipilih.

    • Haha, kalau memang tujuannya nyari kerja, sepertinya teknik elektro atau industri lebih luas kesempatannya.

      Tapi kalau tujuannya adalah untuk menguasai dunia, teknik informatika juaranya.

      Internet, Google, Facebook, Twitter, semuanya produk teknik informatika :P *gak mau kalah*

      • Kemampuan Matematika itu hanya sebagian faktor. Bukan faktor utama. Karena yang lebih menentukan keberhasilan adalah passion dan kemauan. Kalau tidak ada kemauan, mau sepintar apapun pasti gagal di perkuliahan. Karena itu, saya lebih menekankan untuk tidak terlalu fokus pada jurusannya. Kenali apa yang kamu sukai, pilih jurusan yang sesuai dengan kesukaanmu itu. Semoga bermanfaat. Semoga bisa membantu. :)

Minta komentarnya dong. :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s