4 Tipe Mahasiswa (part 1)

Anda seorang mahasiswa? atau ingin jadi mahasiswa? Kalau iya, anda perlu tahu hal ini karena hal ini menyangkut masa depan anda selama kuliah. Terkesan berlebihan mungkin ya kalau dibilang menyangkut masa depan, hehehe. Tapi enggak apalah, namanya juga promosi. Enggak promosi namanya kalau kata – katanya enggak bikin orang tertarik untuk melihat atau setidaknya menoleh untuk sesaat. Benar enggak?

Kalau anda bukan mahasiswa, enggak ingin jadi mahasiswa, atau bahkan enggak mau tahu dengan kehidupan mahasiswa, tolong luangkan waktu anda sebentar saja untuk sekadar membaca artikel ini karena siapa tahu suatu saat anda bertemu atau berurusan dengan mahasiswa. Mungkin artikel ini tidak penting dan tidak menarik bagi anda, tapi tolong anda baca sebentar saja. Siapa tahu artikel ini bisa bermanfaat bagi keluarga atau teman anda yang ingin jadi mahasiswa atau setidaknya “tertarik” dengan Mahasiswa dan kehidupannya.

Dalam bukunya yang berjudul “ Dapat Apa Sih Dari Universitas? ” , Romi Satri Wahono membagi mahasiswa menjadi beberapa kelompok tergantung tingkat pemahaman atas dirinya sendiri. Yakni, Mahasiswa yang tidak sadar akan ketidakbisaanya, Mahasiswa yang sadar akan ketidakbisaannya, Mahasiswa yang tidak sadar akan kebisaannya, dan Mahasiswa yang sadar akan kebisaannya.

Lain Romi Satrio Wahono, lain lagi dengan saya. Kalau Romi Satrio Wahono menggunakan tingkat kesadaran mahasiswa sebagai parameter. Maka saya akan menggunakan tingkat keaktifan mahasiswa sebagai parameternya. Berdasarkan aktivitas dan keaktifannya, mahasiswa dibagi menjadi 4 kelompok, yakni : Mahasiswa yang tahu sedikit akan sedikit hal, Mahasiswa yang tahu banyak akan sedikit hal, Mahasiswa yang tahu sedikit akan sedikit hal, dan yang terakhir Mahasiswa yang tahu banyak akan banyak hal.

  1. Mahasiswa yang tahu banyak akan banyak hal

Mahasiswa tipe ini bisa dibilang sebagai Mahasiswa yang paling ideal. Mereka yang masuk dalam kategori ini adalah para aktifis yang lumayan jago juga di bidang akademis. Karena banyak aktivitasnya, tentu lebih banyak juga yang dapat mereka pelajari tentunya. Coba anda bayangkan, di tengah kesibukan kuliah yang lumayan padat, mereka masih bisa menyempatkan waktunya untuk mengabdi di organisasi – organisasi yang lumayan banyak menyita waktu mereka. Agak dilema memang, tetapi saya rasa waktu yang mereka gunakan untuk mengabdi di organisasi tidaklah terbuang percuma karena mereka bisa belajar banyak dari kehidupan berorganisasi. Dalam kenyataannya, enggak banyak mahasiswa dengan tipe ini. Setahu saya, teman – teman saya yang jago di bidang akademis, rata – rata enggak terlalu aktif di organisasi. Begitupun sebaliknya.

Selain aktifis yang jago akademis, mereka yang jago akademis tapi juga bekerja part time juga termasuk dalam kategori ini. Bahkan mereka ini bisa dibilang lebih hebat dari para aktivis yang jago akademis. Bagaimana tidak, di tengah tekanan tugas kuliah yang begitu banyaknya dan seakan – akan tidak pernah habisnya, mereka masih bisa mengatur dan memanajemen waktu mereka dengan baik sehingga mereka mendapat nilai yang cukup memuaskan di bidang akademis tetapi juga mendapat pengalaman yang tentunya tidak sedikit dari dunia kerja mereka. Dan seperti halnya aktivis yang jago akademis, mereka ini jarang ditemui di kehidupan nyata karena memanajemen waktu dengan baik tidaklah semudah teorinya.

Intinya, Mereka yang masuk kategori ini adalah mereka yang selalu serius dan bekerja dengan sepenuh hati dalam bidang apapun yang mereka jalani. Sehingga mereka benar – benar mendapat manfaat dan pelajaran berharga dari apapun dan berapapun aktivitas yang mereka jalani. Hal inilah yang menjadikan mereka sebagai Mahasiswa yang tahu banyak akan banyak hal.

(Bersambung ke 4 Tipe Mahasiswa part 2….)

4 thoughts on “4 Tipe Mahasiswa (part 1)

  1. aisy

    maf,,, saya tak bisa comment,,
    saya sedang butuh bantuan anda,,saya sedang mencari Rumah Sakit Qur’an katanya di ponpes Shohihuddin diSidosermo,,
    dan kebetulan saya baca di profil njenengan,,
    minta tolong nggih…
    tolong kabari saya
    niki alamat email saya ayshaaa_peace@yahoo.com.my

    1. estech

      @aisy, Maaf, akhir-akhir saya jarang OL di blog ini, jadi baru tahu kalau ada komen ini
      Rumah Sakit Alquran?
      Pondok Pesantren Alquran maksudnya?

      kalau itu yang anda maksud,
      saya tahu lokasinya
      karena kebetulan saya memang nyantri disana

      alamatnya di Jl.Sidosermo IV Gg.XI no.37 Surabaya
      untuk info lebih lanjut, silakan hubungi saya via handphone
      di no yang saya kirim via email

Ada komentar?

