3 Syarat menghafalkan Alquran

3 Hal yang Dibutuhkan Dalam Menghafal Alquran

Pesan ini saya dapatkan dari Al Mukarrom KH.Amar Mudjab, Kyai saya di tempat saya nyantri sekarang di daerah sidosermo. Karena saya rasa cukup bermanfaat, jadi saya ingin menuslikannya di sini.

Berdasarkan keterangan dari beliau, untuk menghafalkan Alquran itu membutuhkan 3 hal, yakni : hati yang baik, lisan yang baik, dan pikiran yang baik.

1. Hati
Hati disini maksudanya adalah niat dan juga motivasi. Niat dan motivasi inilah yang nantinya akan membuat seorang hafidz(penghafal) Alquran bisa senantiasa tekun dan istiqomah. Karena Alquran itu sendiri tidak akan bisa hafalkan tanpa adanya istiqomah di hati penghafalnya. Kalau menghalafalkan rumus mungkin masih bisa jika hanya diulang sekali. Tapi untuk menghafal Alquran, kita harus mengulang hafalan kita setiap hari agar apa yang telah selesai kita hafalkan tidak musnah ditelan zaman.

Kalau seorang hafidz Alquran hatinya bermasalah, biasanya hafalan Alqurannya tidak kunjung selesai meskipun otaknya cukup cerdas, meskipun sudah bertahun-tahun nyantri. Bagi anda yang punya masalah dengan hati anda. Anda tidak perlu takut Karena masalah hati ini sebenarnya bukanlah masalah yang cukup serius. Asalkan anda mau fokus dan istiqomah, insyaAllah hafalan Alquran anda pasti akan lekas selesai. Amin.

2. Lisan
Lisan disini maksudnya adalah bacaan Alquran yang baik. Bagi seorang yang berniat untuk menghafalkan Alquran, hendaknya dia memperbaiki bacaan Alqurannya dulu. Karena menghafal Alquran sekaligus memperbaiki bacaan Alquran dalam satu waktu bukanlah hal yang mudah.

Para Hafidz yang mempunyai masalah terkait lisannya biasannya hafalan Alqurannya tidak sempurna (banyak yang hilang). Hilang disini maksudnya bukan hilang seluruhnya, melainkan ada satu atau beberapa kata yang kurang ketika melafadzkan ayat.

Bagi anda mempunyai masalah lisan, ketika anda sedang menghafalkan Alquran, saya sarankan anda untuk sering-sering membacakan hafalan anda di hadapan teman atau ustadz anda agar beliau-beliau bisa menyimak hafalan anda agar tidak ada kata atau kalimat yang hilang dari ayat yang anda bacakan. Selain itu, mulai sekarang kurangi ucapan-ucapan yang kurang bermanfaat. Karena sudah semestinya para hafidz Alquran itu menjaga ucapan dan tingkah lakunya. Selain itu, para Hafidz Alquran esensinya adalah Hamilil Quran (Orang yang membawa Alquran) atau bisa juga disebut Alquran berjalan. Wallahu A‘lam

3. Pikiran
Pikiran merupakan salah satu faktor paling menentukan bagi seorang Hafidz Alquran dalam menyelesaikan hafalan Alqurannya. Bahkan bisa disebut faktor penentu jika kedua faktor di atas sudah terpenuhi.

Pikiran yang dimaskud disini adalah kecerdasan atau yang biasa disebut sebagai intelegensia. Kecerdasan disini bukan berarti para penghafal Alquran itu dikhususkan bagi mereka yang mempunyai kecerdasan di atas rata-rata. Pada awalnya, semua orang memang berkesempatan untuk menjadi seorang peghafal Alquran. Namun, pada kenyataannya mereka yang mempunyai kecerdasan cukup baik sajalah yang mampu menyelesaikan hafalan Alqurannya.

Terlepas dari 2 faktor di atas, semakin cerdas seseorang maka proses menghafalkan Alqurannya pun juga akan semakin cepat.

Para Hafidz Alquran yang mempunyai masalah kecerdasan biasanya tidak akan mampu menyelesaikan hafalan Alqurannya sampai selesai. Dan jika mereka terlalu memaksakan dirinya untuk melanjutkan menghafal Alquran, biasanya hafalan Alqurannya tidak akan sempurna (lancar dan benar) atau pada kemungkinan terburuk tidak menutup kemungkinan mereka akan terkena gangguan mental, Na’udzubillah.

Bagi anda yang mempunyai masalah terkait masalah ini, saya anjurkan anda untuk banyak berdoa agar dimudahkan dalam menghafalkan Alquran. Karena jika Allah berkehendak, maka tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini.

Image and video hosting by TinyPic

Demikian sedikit uraian yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung. :thanks: Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya. :bye:

Advertisements

8 thoughts on “3 Syarat menghafalkan Alquran

  1. bahtiar rifai s

    waduh, kriteria pertama (hati) saja saya belum lulus.

    Usul: bagaimana kalau tiap poin/tahapan dijabarkan dan diberi tips2

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s