Menulis

Meskipun tidak sesulit Matematika…
Banyak diantara kita yang tidak menyukainya…
Banyak yang menganggapnya tidak mudah….
Tidak sedikit pula yang menganggapnya sangat susah….

Menulis memang bukan hal yang mudah. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak bisa dilakukan bukan?

Sebenarnya menulis tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Yang kita butuhkan hanyalah ide, kemauan, dan meluangkan waktu.

1. Ide
Saya rasa ini bukan masalah yang paling utama ketika kita ingin menulis karena saya yakin semua orang punya pemikiran dan ide yang ingin mereka sampaikan. Namun jika anda merasa kekurangan dengan syarat yang satu ini, saya sarankan anda untuk meluangkan waktu untuk “membaca”. Membaca yang saya maksud di sini, tidak hanya membaca buku atau literatur saja melainkan juga membaca keadaan sekitar kita.
ide

2. Kemauan
Saya rasa inilah yang menjadi masalah utama bagi setiap orang yang ingin menulis. Seringkali saya temukan orang-orang yang berdalih “tidak berbakat menulis” ketika saya ajak untuk ngeblog (menulis, red). Inilah hal yang perlu diluruskan. Banyak diantara kita yang menganggap menulis adalah bakat khusus. Padahal tidak demikian, Seperti halnya belajar-belajar yang lain, Yang kita butuhkan sebenarnya bukanlah bakat, melainkan keingininan (kemauan) dan juga usaha keras (effort).

Memang pada akhirnya bakat memberikan porsi tersendiri ketika anda sedang belajar menulis. Namun, porsi yang diberikan tidaklah terlalu signifikan. Bakat hanya akan menentukan seberapa cepat anda bisa beradaptasi dan mengembangkan kemampuan menulis anda. Selebihnya akan ditentukan oleh seberapa besar kemauan dan usaha anda.

3. (Meluangkan) Waktu
Saya rasa ini bukanlah hal yang sulit karena semua orang mempunyai waktu yang sama setiap harinya. Saya, anda, dan semua orang hanya mempunyai 86400 detik setiap harinya. Kalau sebagian orang bisa menjadi penulis terkenal meskipun kesibukannya tidak sedikit mengapa kita yang masih tidak (terlalu) sibuk tidak bisa menjadi penulis?

Kalau anda memang ingin menulis, yang harus anda lakukan adalah meluangkan sedikit waktu istirahat anda atau waktu bermain anda untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulis anda.

Terakhir, yang perlu anda lakukan adalah mencari saat dan suasana yang tepat untuk menulis. Kalau anda memang sudah terbiasa mungkin akan mudah, tapi kalau anda masih belum terbiasa saya sarankan anda mencari tempat, saat dan suasana yang tepat untuk menulis. Karena menurut pengalaman saya, menulis juga membutuhkan mood yang mendukung. Oleh karenanya, tidak salah kalau diblog miliknya, zeldman menuliskan “Write when inspired, rest when tired”.

Sebelum saya akhiri, berikut ada beberapa patah kalimat penggugah motivasi untuk menulis dari Pramoedya Ananta Toer

“Kau, Nak, paling sedikit kau harus bisa berteriak. Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun? Karena kau menulis, suaramu takan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh dikemudian hari. Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” – Pramoedya Ananta Toer

Demikian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.
Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Gambar diambil dari : sini, sini, dan sini
Cupilkan kalimat motivatif diambil dari : sini

Ada komentar?

