Tren Baru di Kancah Blogging

Seperti halnya booming Fesbuk, Twitter, dan semua teman-temannya.

Akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan blog-blog yang mempunyai konten hampir sama.
Isinya tak lain dan bukan hanyalah copas, atau kalau dalam bahasa kaskus biasa disebut repost atau yang biasanya diplesetkan lagi menjadi “repsol post”.

Uniknya, kebanyakan blog-blog yang mempunyai konten yang hampir sama tersebut rata-rata mempunyai konten yang cukup unik. Sehingga tak jarang, blog-blog seperti ini membuat betah para pengunjungnya. Dan otomatis, pagerank, alexarank blog yang bersangkutan pun cepat terdongkrak dengan seketika.

Disadari atau tidak, keadaan seperti ini banyak dimanfaatkan oleh yang punya blog untuk meraup rupiah demi rupiah dari blog miliknya. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya jumlah iklan yang terpampang di blog mereka. Dan tidak menutup kemungkinan, satu orang bisa mengelola banyak blog dengan konten yang hampir sama persis demi meraup keuntungan dari informasi-informasi unik yang ditawarakan di blog miliknya.

Saya pikir sah-sah saja sih memanfaatkan keadaan seperti ini. Namun, yang membuat saya agak kurang senang dengan blog-blog semacam ini adalah ketika mereka menghalalkan segala cara untuk membuat setiap pengunjung menge-klik iklan yang ada di blog mereka. Dan tidak jarang, cara yang mereka lakukan itu malah membuat para pengunjung merasa kurang nyaman dan akhirnya beralih pada blog yang lain yang mempunyai iklan yang lebih sedikit karena dengan itu mereka bisa membaca semua informasi yang disuguhkan tanpa harus “diganggu” oleh iklan.

Satu hal lagi yang membuat saya kurang adanya blog seperti ini adalah karena rata-rata para pemilik blog jarang menulis sendiri artikel yang terpampang pada blog mereka. Kebanyakan mereka hanya asal comot sana sini tanpa pernah berimprovisasi sama sekali. Murni plagiat. Dan hal ini semakin lama akan membuat pemilik blog menjadi semakin malas untuk menulis karena memang tidak terbiasa untuk menulis.

Semoga ke depan semakin banyak blog-blog yang menyuguhkan informasi yang menarik dan asli karena saya rasa sudah terlalu banyak blog yang hanya berisi artikel copas. Kalau dibiarkan terus, kreativitas blogger lambat laun akan menurun seiring dengan menurunnya minat menulis mereka.

Demikian yang bisa saya tulis pada kesempatan kali ini.
Kurang lebih saya mohon maaf.
Terima Kasih banyak telah berkunjung.
Sampai jumpa lagi di postingan saya berikutnya. :bye:
Wassalam. :worship:

gambar diambil dari : sini , sini

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s