Sensei vs Guru (part 1)

Oemar Bakri… Oemar Bakri pegawai negeri
Oemar Bakri… Oemar Bakri 40 tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbakti memang makan hati
Oemar Bakri… Oemar Bakri banyak ciptakan menteri
Oemar Bakri… Profesor dokter insinyur pun jadi
Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri seperti dikebiri

Cuplikan lirik salah satu lagu iwan fals yang paling terkenal ini memang sangat menarik. Dengan gaya penyampainnya yang menawan, iwan fals mencoba mengkritik nasib para guru yang (pada zaman itu) tak banyak dihiraukan.

Mungkin lirik lagu Guru Oemar Bakri iwan fals sudah tidak relevan lagi dengan keadaan yang ada sekarang ini. Karena sejak zaman pemerintahan Gus Dur, nasib guru mulai banyak mendapat perhatian. Ditambah lagi sekarang juga ada sertifikasi yang membuat gaji guru meningkat berlipat-lipat.

Oleh karenanya, tidak sulit sekarang mencari orang yang berkeinginan untuk menjadi guru. Berbeda sekali dengan zaman orde baru, saat nasib guru tidak pernah menentu.
Image and video hosting by TinyPic
Namun, meski di sebagian daerah para guru yang sudah banyak yang melakukan sertifikasi dan memperoleh kenaikan gaji ternyata di sebagian penjuru daerah yang lain masih ada guru yang (hanya) mendapatkan gaji sekitar 2500 per hari. (Apa kata dunia? :woot: )

Mungkin anda tidak percaya di zaman seperti ini masih ada guru yang seperti itu, tapi inilah kenyataanya. Itulah fakta yang saya temukan waktu melakukan pencarian di google dengan keyword “guru dengan gaji 72 ribu per bulan”. (untuk lebih jelasnya, silakan anda klik disini -> klik)

Mungkin benar, lirik lagu Guru Oemar bakri tidak merefleksikan keadaan semua guru di negeri ini. Tapi setidaknya, lirik lagu tersebut masih merepresentasikan keadaan beberapa guru lain, khususnya para guru swasta dan guru honorer yang keadaanya masih banyak yang terabaikan.

(bersambung…)

gambar diambil dari : sini dan sini

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s