Refleksi 2 Tahun Kuliah

Tak terasa, sudah hampir 2 tahun berlalu sejak hari itu…

Sejak awal masuk SMA, aku memang sudah bercita-cita untuk masuk jurusan komputer atau jurusan robotika yang sejak lama menarik minatku. Meskipun pada kenyataannya kemampuanku di kedua bidang itu tidaklah seberapa. Kalau tidak bisa dianggap tidak bisa apa-apa.

Namun, setelah berjalan beberapa waktu lamanya, aku pun akhirnya menyadari bahwa minatku ternyata bukan disini, di Teknik Informatika. Aku yang sejak SMA lebih suka menghabiskan waktu untuk mengerjakan soal-soal kimia dan matematika ini pun akhirnya tidak bisa membohongi diri sendiri bahwa pada jurusan yang mempelajari kedua bidang itulah aku seharusnya berada.

Sejak awal, alasanku untuk masuk Teknik Informatika memang Bias. Aku memang tidak pernah punya bayangan mau jadi apa nanti kalau sudah menenteng gelar “S.Kom”. Sejak SMA dulu aku hanya ingin kuliah. Entah apapun jurusan dan universitasnya. Yang jelas aku harus kuliah. Prinsip itulah yang selalu kupegang sampai akhirnya aku harus mengorbankan permintaan kedua orang tuaku untuk menunda keinginnanku untuk kuliah demi menyelesaikan hafalan Al-quranku lebih dulu.

Dan akhirnya beginilah hasilnya.
Keduanya terbengkalai. Nggak ada yang selesai.
Kuliah nggak pernah semangat.
Ngaji pun sama, seakan-akan nggak ada Niat.

Makanya, nggak heran kalau sering terbesit dalam hati keinginan untuk berhenti dari salah satunya.

Kuakui, beban terberat yang kurasakan sebenarnya bukan pada kuliah. Aku memang tidak terlalu menyoal kuliah. Begitupun kedua orang tuaku. Asalkan bisa lulus secara normal (4 tahun) saja sudah alhamdulillah.

Yang jadi masalah paling besar selama kulahku adalah hafalan Alquranku. Yang karenanya, nggak jarang aku merasa iri pada teman-teman di pondok yang kuliah di IAIN ataupun di UNESA.

Bukan karena mereka lebih lancar atau lebih hebat dalam menghafalkan.
Tapi lebih karena mereka relatif mempunyai banyak waktu luang.

Memang, kalau dibandingkan dengan mahasiswa teknik sepertiku kuliah mereka relatif lebih ringan. Kuliah mereka jarang ada tugas, nggak ada praktikum, dan yang jelas nggak ada FP(Final Project) yang banyak menyita sebagian waktu luang di luar waktu kuliahku.

Tapi inilah tantangannya.
Inilah yang nantinya akan membuatku berbeda.
Karena sejak awal aku sudah terbiasa menghafalkan Alquran dalam keterbatasan waktu, aku pasti nggak akan kaget kalau seandainya nanti mengalami hal yang sama waktu bekerja. Tapi sayangnya, aku jarang menyadari hal itu.

Alhamdulillah pada beberapa kesempatan lalu. Aku mendapatkan sebuah pelajaran berharga waktu ngaji kitab kuning di Manarul Ilmi (Masjid kampus ITS). “Ada atau tidak adanya waktu luang semua itu hanya masalah prioritas”, begitulah kira-kira apa yang kutangkap dari penjelasan pak Agus.

Sekarang pertaannya. Seberapa pentingkah hal itu bagi Anda? Dan maukah anda meluangkan waktu untuknya?

Kalau diingat-ingat. Selama ini aku memang jarang sekali memprioritaskan hafalan alquranku.
Aku lebih banyak disibukkan oleh tugas-tugas kuliah ataupun oleh kegiatan-kegiatan organisasi yang sebenarnya bisa diusahakan untuk tidak memakan banyak waktu. Dan untuk masalah tidak punya waktu luang, itu mungkin hanya alasanku untuk menutupi kelemahan niatku untuk menghafalkan Alquran.

Kalau aku memang benar-benar niat, mestinya aku harus niat kuliah agar bisa mengerjakan semua tugasnya dengan lancar tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk bertanya dan meminta bantuan kesana-kemari pada teman-teman. Sehingga bisa mengalokasikan waktu sisanya untuk menghafal Alquran.

Cukup sekian refleksi 2 tahun kuliah ini.
Semoga ke depan aku semakin dewasa, semakin rajin, semakin menghargai waktu, dan semakin apa lagi enaknya? 😀

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca coretan-coretan saya…Mohon doanya ya \(^.^)

—————————————————————————————————————–
Gambar diambil dari : Sini, Sini, dan Sini
—————————————————————————————————————–

Ada komentar?

