Road to Lolos PIMNAS

Setelah beberapa waktu yang lalu aku menulis tentang impianku yang kedua

Jujur sampai saat aku menulis postingan kali ini, aku masih belum percaya PKM-ku bisa lolos PIMNAS. Mengingat PKM-ku hanyalah PKMM sederhana. Bahkan bisa dibilang sangat biasa. Yang setiap orang pun bisa melakukannya. Tapi karena di daftar peserta PIMNAS XXIII 2010 yang dikeluarkan oleh DIKTI tim PKM-ku tertulis disana. Yang bisa kulakukan sekarang hanyalah bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan-Nya. Termasuk nikmat lolos PIMNAS ini salah satunya.

Tentang PKM kami…
Semuanya berawal dari pemberitaan di salah satu surat kabar ternama di Jawa Timur tentang adanya infrastruktur internet di kecamatan Krembung, Sidoarjo. Yang kemudian oleh ketua tim PKM kami, (Mas Afif Zuhri Arfianto, Mahasiswa T.Elektro 2006) dianggap sebagai suatu peluang untuk melakukan pemberdayaan masyarakat disana.

Karena memang sudah niat, akhirnya Mas Afif melakukan observasi langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi masyarakat di krembung. Untuk menentukan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Setelah tahu kondisi sebenarnya di lapangan, Proposal PKM dengan judul “PENYULUHAN PENGETAHUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN APLIKASINYA SEBAGAI TINDAK LANJUT PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR INTERNET DI KEC.KREMBUNG KAB,SIDOARJO” pun dibuat…

Karena sebelumnya memang sudah berpengalaman di dunia keilmiahan, Mas Afif pun langsung mengerjakan proposalnya sendiri. Sebenarnya ada pembagian tugas sih. Aku dan seorang temanku diminta membuat proposal juga.Tapi akhirnya, hanya aku yang mengerjakan proposalnya. Semampuku. Sebisaku. Karena aku sendiri tidak punya track record di dunia keilmiahan.

Dan karena memang sejak awal Mas Afif sudah membuat proposal sendiri, dari hasil proposal buataanku yang dipakai cuma beberapa paragraf. Itu pun di bagian Latar belakang *doh, nasib-nasib*. Tujuan belaiu menyuruhku sebenarnya hanya mengetes apakah aku memang benar-benar niat untuk ikut menjadi bagian dari tim Beliau.

Dan sesuai dengan apa yang aku bilang sebelumnya, akhirnya hanya aku yang direkrut jadi anggota tim beliau. Karena temanku memang tidak mengerjakan apa-apa.

Selama ini, anggota Tim PKM Mas Afif memang banyak diisi oleh para juniornya dulu di SMA. Dan untuk tahun ini, hanya aku yang satu SMA dengan Mas Afif. Sisanya adalah Echa (Mahasiswi T.Elektro angkatan 2009), Vivi (Teman seangkatan Echa), dan Mas Bayu (Teman satu angkatan Mas Afif). Dan para juniornya yang dulu sempat satu tim dengan mas Afif, sekarang sudah punya tim sendiri-sendiri *pengkaderan yang dilakukan Mas Afif berhasil nih :D*.

Setelah tim terbentuk. Proposal pun langsung dikirim…

Dan setelah menunggu beberapa bulan, tibalah saat-saat paling dinantikan. Apalagi kalau bukan saat Pengumuman.

Dan Alhamdulillah, proposal kami disetujui oleh DIKTI.
(bersambung ke part2.. :D)

Ada komentar?

