Pelajaran Penting dari PKM

Ada banyak pelajaran yang dapat diambil dari pelaksanaan program PKMM.

Beberapa hal penting yang saya dapatkan dari PKMM :

1. Niat dan Tanggung Jawab
Tanpa ada niat, PKMM ini tidak akan pernah berjalan. Pun halnya dengan tanggung jawab. Tanggung jawab di sini bukan hanya tanggung jawab personal kepada Allah, melainkan juga tanggung jawab institusional kepada ITS dan Dikti yang telah memberikan amanah kepada tim kami.

2. Keikhlasan
Jujur, pada awalnya saya memang sangat semangat dan antusias untuk menjalankan program PKMM. Namun, setelah kuliah sudah mencapai titik klimaksnya. Rasanya berat sekali untuk mengorbankan waktu liburan untuk jauh-jauh pulang pergi surabaya-sidoarjo. Tidak salah kalau banyak yang mengatakan kalau ikhlas itu berat untuk dipraktekkan.

3. Kebahagiaan
Selama 1.5 tahun kuliah, tidak pernah saya rasakan kebahagiaan sebagaimana yang saya rasakan ketika saya mengadakan pelatihan kepada perangkat desa di Kecamatan Krembung. Dari sinilah saya akhirnya belajar makna sesungguhnya dari kebahagiaan. Mengutip dari artikel yang pernah saya baca, “Kebahagiaan itu ibarat pelangi. Tidak akan pernah terlihat indah jika berada di atas kepala kita sendiri”. Maksudnya, kebahagiaan sejati itu hanya bisa dicapai dengan membuat orang lain bahagia.

4. Kesuksesan
Dari awal, kelompok PKM saya memang tidak terlalu berharap banyak. Mengingat PKM kami hanyalah PKM biasa yang setiap orang pun bisa menjalankannya. Siapa pun pasti tidak akan pernah menyangka PKM kami bisa melaju sampai PIMNAS. Meski banyak orang yang bisa menjalankannya, pada kenyataannya tidak banyak orang yang mau untuk menjalankannnya. Dan dari sinilah saya merasakan betul bahwa kesuksesan itu tidak hanya berdasarkan kemampuan, tapi juga kemauan.

5. Orientasi usaha
Meski sejak awal tidak berharap banyak, bukan berarti kelompok kami tidak melakukan semua program PKM kami dengan sepenuh hati. Kami memang absen di PIMITS. Bukan karena tidak membuat poster. Tapi karena kami telat mengumpulkannya.

Sebagian dari kita mungkin sering mengerjakan sesuatu dengan kurang niat karena kita sudah pesimis dengan hasilnya. Inilah yang harus kita ubah. Jangan pernah terpaku pada hasil. Tugas kita hanyalah sebatas berusaha dengan semampu kita. Untuk hasilnya, kita pasrahkan saja semuanya kepada-NYA,

Demikianlah sedikit diantara banyak manfaat yang saya rasakan selama menjalankan program PKMM.
Bagaimana? Menarik kan? ^^
Makanya, ayo ikut PKM 😉
*mumpung masih kuliah lho ^^*

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s