Dilema Setelah Lulus

“Apa rencanamu setelah lulus Aliyah?”, tanya Ibu pada adik.
“Setelah lulus Aliyah, aku mau Menghafalkan Alquran sekalian ngelanjutin Diniyah Aliyah. Targetku 3 tahun khatam”, jawab adik.
“Nggak pengen kuliah? Kalau pengen kuliah, nanti biar dicarikan masmu beasiswa”, sambung Ibu
“Nggak ah, ntar aku mau nyari sendiri. Aku nanti mau kuliah S1 di luar negeri. Apalagi santri sini juga lumayan banyak yang dapat beasiswa kuliah di luar negeri”, jawab adik dengan nada agak membantah

Aku yang selama ini agak kurang “interested” dengan pendidikan agama sontak terhentak mendengar percakapan Ibu dan adik di atas. Ada rasa rindu yang mendalam untuk menikmati suasana pondok pesantren salaf lagi rasanya seperti dulu waktu masih nyantri di Jepara.

Memang sejak SMA, aku sudah tidak lagi merasakan nikmatnya suasana pondok pesantren. Meskipun waktu SMA aku mondok, tapi pondok pesantren yang aku tempati adalah pondok pesantren tahfidz alquran yang minim sekali kegiatan mengaji kitabnya.

Dan karena memang sudah banyak terkontaminasi oleh hal-hal keduniawian, yang selalu menjadi aktor utama di pikiranku adalah masalah dunia. Tidak seperti adik yang sangat fokus untuk belajar agama.

Selama ini, bayanganku nanti kalau sudah lulus kuliah aku ingin melanjutkan study ke Jepang atau ke Eropa. Tapi perlahan, bayangan itu sekarang mulai tergantikan oleh bayangan lain untuk menempuh pendidikan agama di Lirboyo lalu kuliah di Al-Azhar kairo seperti halnya adik dengan resiko yang tidak kecil tentunya. Karena jika aku memutuskan untuk menempuh pendidikan di Lirboyo, aku harus benar-benar total dan melupakan semua macam hiruk pikuk masalah dunia.

Apapun yang akan terjadi nanti, yang jelas masih banyak PR yang harus dikerjakan dalam beberapa waktu dekat ini. Semangat!
—————————————————————————————————————————
Inspired by : My mother’s story about my 1st little sister 😀
—————————————————————————————————————————

Ada komentar?

