#3 Lolos MTQ Mahasiswa

Selain PIMNAS, MTQ Mahasiswa juga menarik perhatianku selama ini. Even 2 tahunan ini memang tidak semeriah PIMNAS. Tapi lagi-lagi pengalaman dan sensasi ketika menginjakkan kaki bersama-sama orang hebat itulah yang membuatku tertarik untuk mengikutinya.

Sebenarnya dulu waktu masih Semester 2 ada info mengenai lomba ini. Tapi waktu itu, aku hanyalah seorang maba. Yang banyak disibukkan oleh kegiatan kampus yang diadakan para seniornya. Sehingga waktuku pun tidak banyak tersisa *alasan doang :D*

Alasan lain yang membuat aku tertarik mengikuti even ini adalah karena orang tuaku juga pernah menjadi salah seorang wakil kafilah Jawa Timur waktu MTQ Nasional di Padang, Sumatera Barat.

Rencananya sih aku ingin ambil bagian di bidang MHQ (Musabaqah Hamalatil Quran) yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia artinya adalah “Lomba Hafalan Alquran”. Karena bidang yang aku tekuni saat ini memang itu.

Tapi sepertinya jalan menuju ke sana tidak mudah. Sebab, berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari Ibu. Menurut keterangan salah seorang bibiku yang pernah mengikuti MHQ, penilaian pada waktu MHQ itu ada 2, yakni ketepatan bacaan dan tartil. Soal hafalan (ketepatan bacaan) memang bibiku tidak mendapatkan banyak masalah. Karena bibi memang terkenal sangat lancar hafalan Alqurannya. Tapi meski bacaannya tidak ada yang salah, bibi akhirnya kalah. Karena tartilnya tidak sebagus lawan-lawannya.

Dan berdasarkan keterangan dari Ibu lagi, katanya sih format lombanya itu kita disuruh meneruskan bacaan ayat yang dibacakan oleh juri. “Kok seperti tes hafalan Alquran di Al-Azhar kairo ya?” , Begitu pikirku. Tapi nggak masalah juga sih. Soalnya aku juga pernah merasakannya beberapa kali.

Terakhir,
Semoga aku bisa menjadi bagian dari Kafilah ITS di MTQ Mahasiswa tahun depan. Amin ^^
Mohon doanya ya 🙂

Thanks juga udah nyempetin baca sampai selesai ^^d

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s