Yang Beda di Kontingen PIMNAS ITS

Ada satu pemandangan beda di kontingen PIMNAS ITS tahun ini.
Jika di tahun-tahun sebelumnya tidak pernah ada wakil dari FTIF (Fakultas Teknologi Informasi). Tahun ini, FTIF menempatkan satu wakilnya. Dan satu-satu wakil tersebut adalah saya. Meskipun pada kenyataannya saya tidaklah mewakili FTIF sebagai tim karena saya sendiri adalah anggota tim PKM dari T.Elektro, hal ini sangat membanggakan karena selama ini belum pernah ada mahasiswa Teknik Informatika ITS yang berkesempatan merasakan PIMNAS.

Selama ini kontingen ITS memang didominasi oleh tim-tim dari FTI (Fakultas Teknologi Industri) yang memang sudah banyak berpengalaman di dunia keilmiahan. Dan hal itu semakin terbukti di tahun ini. Dimana lebih dari setengah tim kontingen ITS adalah wakil dari FTI. Dan dari berbagai macam jurusan yang ada di FTI, Tekkim (Teknik Kimia) dan T.Elektro memimpin daftar tim PKM yang lolos mewakili ITS dengan masing-masing menempatkan 4 Tim mereka dalam kontingen PIMNAS ITS. Satu-satunya bidang PKM yang gagal ditembus oleh Tekkim adalah PKM-T dan satu-satunya bidang yang gagal ditembus oleh T.Elektro adalah PKM-GT.

Meskipun FTI banyak mengirimkan delegasi-nya di kontingen PIMNAS ITS tahun 2010, nyatanya 3 medali emas yang diraih ITS dalam PIMNAS 2010 tidak ada satu pun yang dipersembahkan oleh Tim dari FTI. Sebagai gantinya, Tim dari FTSP yang selama ini jarang terdengar gaungnya jika dibandingkan dengan FTI lah yang mempersembahkan ketiga medali emas tersebut bagi ITS.

3 medali emas tersebut masing-masing didapatkan oleh tim PKM-GT Mohammad Dhanar Such Rufi Fajri (T.Sipil, 2008) yang berjudul : “MRaC (Mangroverhizophorachitecture) : inovasi konsep hunian green architecture dengan bio material hidup rhizophora appiculata” , tim PKM-K Mbak Tyas Ajeng Nastiti (Desain Produk, 2008) yang berjudul : “STYLISH DAN MODIS DENGAN HAND-MADE STATEMENT NECKLACE, SEBUAH PELUANG USAHA BERBASIS DESAIN UNIK DAN BERBAHAN DASAR BARANG BEKAS”, dan yang terakhir adalah tim PKM-M Mbak Asmaul Husna (Planologi, 2006) yang berjudul : “UTAGAMI: Ular Tangga Mitigasi Gempa dan Tsunami Sebagai Upaya Pengenalan Mitigasi Sejak Dini Bagi Siswa SD”.

Dari berbagai uraian saya di atas, terlihat jelas bahwa kuantitas tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Semoga ke depan, PKM yang lolos PIMNAS tidak hanya didominasi oleh salah satu fakultas saja. Dan lebih dari itu, semoga FTIF (khususnya Teknik Informatika ^^) dapat mendelegasikan tim PKM-nya dalam kontingen PIMNAS ITS.

Advertisements

12 thoughts on “Yang Beda di Kontingen PIMNAS ITS

    1. Oh iya, maaf salah ketik 😛
      sekarang sudah dibenerin 😀

      BTW : ada pemenang medali emas PIMNAS lagi nih 😀

      Berarti tinggal satu kelompok lagi nih yang belum komentar 🙂

    1. haha…
      mangkane ayo melu…
      ben tahun depan FTI ga memalukan lagi 😛

      tapi kalau akhirnya tetap ga bisa lagi…
      ya mau gimana lagi…
      ya sudahlah 😀
      ahahaha…

      *peace fa ^^v

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s