Akses Internet Murah yang Beda

Kalau dulu internet dianggap sebagai suatu hal yang mewah. Nampaknya, akhir-akhir ini anggapan itu sudah tidak berlaku lagi. Khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

Pengalaman saya waktu berkunjung ke Hi-Tech mall (salah satu pusat penjualan komputer dan segala pheriperalnya yang paling termasyhur di Bumi Pahlawan, Surabaya) beberapa hari yang lalu membuktikannya. Banyak sekali promo modem, baik itu GSM maupun CDMA. Dan hal itu pun disambut dengan antusias oleh para peselancar dunia maya. Terbukti dengan membludaknya pengunjung outlet-outlet penjualan modem disana.

Entah karena kebutuhan atau memang untuk tujuan senang-senang, yang jelas internet sekarang nampaknya sudah mulai berubah menjadi salah satu kebutuhan primer. Meskipun pada kenyataannya kualitas jaringan internet yang disediakan tidaklah sebaik yang terpampang di iklan.

Saya tidak akan menyinggung lebih banyak seputar internet secara luas. Yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini adalah bagaimana cara mendapatkan layanan internet secara murah. Dan halal tentunya. πŸ˜€

Kalau selama ini, anda termasuk orang-orang yang lebih mengutamakan harga dibandingkan dengan kualitas. Artikel ini sangat cocok untuk anda. Namun jika anda tidak termasuk diantaranya. Artikel ini kiranya bisa anda jadikan sebagai penambah informasi dan pengetahuan anda.

Langkah-langkah untuk mendapatkan layanan internet secara murah tersebut antara lain :

1. Kuatkan mental dan kesabaran anda.
Karena langkah-langkah di bawah ini sangat membutuhkan mental dan kesabaran. Dan membaca artikel yang bertele-tele ini adalah salah satu wujud kesabaran yang harus anda lakukan.

2. Pinjam Modem
Mengapa harus pinjam? Karena ini adalah cara yang paling mudah sekaligus murah. Selain itu, hal ini juga tidak dilarang dalam agama. Daripada harus susah-susah beli dan ternyata kualitasnya tidak seperti yang kita inginkan. Mending kita pinjam teman atau kenalan kita dulu sebagai bahan eksperimen. Betul tidak? πŸ˜€

3. Beli kartu perdana yang sudah diaktivasi
Setelah anda mendapatkan modem seperti yang saya sarankan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membeli kartu perdana yang sudah diaktivasi. Karena umumnya, kartu perdana yang sudah diaktivasi akan memiliki harga yang sangat miring dibandingkan dengan harga normalnya.

4. Sabar
Kalau anda kebetulan meminjam modem yang memang tidak terlalu bagus. Dan kartu yang anda pakai pun demikian, hal terakhir yang anda bisa lakukan hanyalah bersabar.

Mungkin terlihat konyol. Tapi itulah yang saya lakukan selama liburan kali ini. Karena jarang ke kampus, jadi selama liburan saya tidak bisa menikmati fasilitas internet secara bebas seperti halnya ketika perkuliahan aktif.

Kronologi pengalaman saya kali ini adalah sebagai berikut. Simak baik-baik. πŸ˜€
Saya mendapatkan pinjaman modem CDMA bermerk Ven*s dari teman saya. Sebut saja Saikoji (bukan nama sebenarnya :D) pemilik modem yang saya pinjam. Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya yang pulang kampung ke Kalimantan.

Sebelumnya, ketika saya jalan-jalan ke Hi-tech mall, saya sempat tertarik dengan modem yang satu ini. Mengingat harganya yang sangat murah. Hanya sekitar 250 ribu. Jauh jika dibandingkan harga-harga modem pada umumnya yang harganya berkisar 600 ribu ke atas.

Tapi karena saya memang merasa kurang butuh modem. Selain itu, saya juga tidak punya banyak uang. Saya pun mengurungkan niat saya yang satu ini. Dan Alhamdulillah, ternyata Allah menghendaki saya menggunakan modem ini dengan cara yang lain.

Setelah mendapat pinjaman. Saya pun mendapat rekomendasi dari teman-teman di pondok untuk membeli kartu perdana yang sangat murah. Saya pun akhirnya bisa mendapatkan kartu perdana st*r on* yang bernominal 10.000 dengan harga 2.000,- serta kartu perdana fle*y bernominal 5000 dengan harga 2.000,-.

Setelah mendapatkan 2 kartu perdana tersebut. Saya pun langsung mencoba kartu st*r o*e. Dengan nominal pulsa 10.000, saya bisa berinternet selama 4 hari. Karena biaya langganan internet setiap harinya hanya 2.500,-. Kartu yang masih termasuk dalam provider ind*sat ini memang tidak terlalu cepat. Koneksinya pun tidak jarang terputus di tengah jalan. Tapi mengingat harganya yang sangat murah, saya pun bisa memakluminya :).

Setelah puas memakai st*r o*e, saya pun ganti mencoba fle*y. Dan hasilnya pun tidak jauh berbeda. Memang fle*y jauh lebih stabil. Tapi, koneksinya terkadang sangat sulit.

Secara umum, saya cukup puas memakai dua provider tersebut. Memang sangat jauh kualitasnya jika dibandingkan salah satu provider yang telah menggunakan jaringan EVDO. Tapi, mengingat harganya sangat murah. Saya rasa, sebandinglah.

Jika anda menggunakan cara di atas untuk mendapatkan akses internet, anda dapat memangkas biaya pengeluaran anda untuk internetan. Dengan hanya membeli perdana seharga 2.000-3.000 rupiah, anda sudah bisa menikmati layanan internet selama 4 hari. Atau sekitar 15.000-22.500 setiap bulannya. Sangat murah bukan? ^^

Sebagai info tambahan, dengan menggunakan modem dan kartu di atas, saya dapat mendownload file sebesar 40MB selama 1 jam. Dengan estimasi kecepatan download 15-25kbps. Dan dengan menggunakan bantuan software download manager tentunya. Mengingat jaringan internet yang tersedia memang seringkali terputus di tengah jalan. Jadi, harus sering-sering meresume download yang terputus di tengah jalan. ^^

Tambahan lagi, dari info terbaru yang saya dapatkan. Harga kartu perdana fle*y ada yang lebih murah, yakni hanya Rp.1000,- dengan nominal pulsa 5000. Dengan kondisi yang sudah diaktivasi tentunya. ^^

Demikian sedikit info dari saya, semoga bermanfaat. πŸ˜€

Ada komentar?

