Welcome Semester 5!

Tak terasa sudah lebih dari 2 tahun saya menjejakkan kaki di burning city Surabaya.

Ini berarti sudah lebih dari 1 tahun saya melepaskan status sebagai maba. Membaca postingan Mas Bahtiar Rifai Septiansyah yang berjudul Maba di kolom opini website ITS membuat saya seakan-akan membuka kembali kenangan-kenangan dan memori selama 2 tahun ini di ITS. Mulai dari masa-masa dimana saya merasa salah jurusan, masa-masa “diperbudak” oleh senior, dan masa-masa awal perkuliahan yang seringkali memunculkan tawa ketika mengingat semuanya.

Sebagai mahasiswa Teknik Informatika semester 5, ilmu, pengetahuan, dan kemampuan saya di bidang informatika memang tidaklah seberapa. Sangat jauh jika dibandingkan dengan teman-teman yang sudah jauh melangkah di depan saya. Dan inilah yang seringkali membuat saya merasa salah pilih jurusan.

Tapi karena saya yakin bahwa suatu hari nanti pasti saya akan menguasai salah satu bidang di bidang informatika. Jadi saya memutuskan untuk bertahan *cuma alibi, karena pastinya dilarang pindah kuliah oleh abah dan umi karena udah terlanjur menghabiskan banyak duit :D*. Dan untuk itu, mulai sekarang saya tidak boleh bersantai-santai lagi. Masih banyak hal yang harus dilakukan sebelum tibanya saat kelulusan.

Kembali ke semester 5…

Melihat kesibukan saya di minggu-minggu awal semester ini, saya sudah mempunyai bayangan kalau semester ini mungkin akan menjadi semester tersibuk dari semua semester yang telah saya lalui. Kegiatan PKM, menjadi SC Mubes dilanjutkan dengan menjadi PH, Ngaji di pondok, dan insyaAllah akan ditambah dengan ikut UKM English Conversation atau ikut bimbingan bahasa inggris di UPT Bahasa ITS mungkin akan banyak mewarnai hari-hari saya di semester ini.

Sebenarnya ada satu hal yang gagal saya lakukan di semester ini. Yakni mengikuti lomba karya tulis ilmiah tentang “Menggagas Pesantren sebagai Pusat Peradaban Islam di Indonesia” yang diselenggarakan oleh balitbangdiklat Kementrian Departemen Agama.

Sedikit kecewa sih, tapi tidak apalah. Karena saya memang tahu infonya juga lumayan mendadak jadi saya ragu untuk mengerjakannya. Semoga saya dapat mengikutinya di kesempatan lain. Dengan persiapan yang lebih matang tentunya.

Lebih jauh…

Karena semester ini memang baru berjalan beberapa hari. Mungkin tidak ada salahnya jika saya menuliskan beberapa target saya di semester ini sebagai motivasi dan visi saya selama 1 semester ke depan.

Target saya di semester 5 :
1. Hafalan Alquran minimal mencapai 25 juz
2. Minimal submit 5 judul PKM ke DIKTI
3. Kemampuan berbahasa inggris meningkat (writing and speaking especially)
4. Kemampuan web programming meningkat
5. Kemampuan menulis meningkat
6. Koleksi buku bertambah (minimal beli 6 buku atau novel)
7. Masih dipikir
8. Belum terpikirkan

*walah, kok malah ngaco gini isinya :D*

Mungkin itu beberapa target saya di semester ini. Sengaja saya tidak mencantumkan peningkatan nilai akademis (IP) karena saya merasa bahwa kenaikan IP adalah bonus yang akan dicapai jika kita mau meningkatkan usaha kita. Meskipun pada kenyatannya dosen wali saya juga menyuruh saya untuk meningkatkan nilai akademis semester ini karena IP saya pada semester 4 menurun drastis. *buka kartu*

Kalau ada target-target saya lain yang masih belum tercantumkan, insyaAllah akan saya cantumkan di lain kesempatan. Semoga semua target saya di semester ini bisa terwujud. *amin*
Mohon doanya ya 🙂

Advertisements

6 thoughts on “Welcome Semester 5!

  1. bahtiar rifai S

    hadoh, kepala saya makin mengembang dan mau pecah, hehe…

    Ah, saya plg gak suka dipuji. Sya sukanya mah dikasih duit, kl dipuji doang mah gak kenyang, wehehe (matre banget sih).

    hmmm, mungkin gara2 saya dari dulu suka baca. Sejak SD, saya dijejelin buku macam 100 tokoh paling berpengaruh dkk. Buku2 berat tuh (tebel soalnya, hehehe).

    Jujur ya. Diantara tmn2 saya di ITS Onlen. Dulu saya yg paling gbsa nulis. Sy jg gpunya penglaman nulis. Cuma modal rajin baca. Sy msh inget kata redaktur saya dulu,”Bah..bah, tulisanmu iku nggarai mual2 (saking berantakannya),”.

    Dan, ketika saya jadi redaktur, sya baru tahu mana tulisan yg bisa bikin mual2, hahaha. Insya Allah tulisan anda sdh sgt baik. Logika penulisannya sdh berjalan runtut. Krna biasanya org nulis sak karepe dewe. Ingat, bahasa lisan dgn bahsa tulis beda jauh:D

    Tau gak. saya ini ngefans banget ama raditya dika. hehehe. walopun secara bahasa berantakan banget. Tp logika penulisannya bagus bgt. Udah baca buku2nya? bagus deh.

    ah, gak mesti masuk ITS onlen spya bisa nulis. Yang penting mah latihan terus. Sy dulu aktif di kajian jurusan. Terus sya ndirikan Ultrassafinah (mgkn pernah liat? itu lho yang kertasnya pake bungkus ote2, hehe) bwt ngelatih adik2 nulis.

    Sya jg msh sering diskusi media&jurnalistik sama tmn2 “Sai Magazine”. Tiap sabtu pagi jam 6. Kl mau ikut monggo. disana tempatnya penggemar buku:D. kl berminat contact me di muhandis@na.its.ac.id.

    Artikulatif apa? ah, masak gitu aja gak tau. hmm…apa ya?!?! saya jg gak tau. cuma gaya2an doang, hehehe.

    1. Hahaha…
      Ok mas, ntar kapan-kapan tak kasih duit 😀
      *gak janji lho tapi :P*

      Radhitya Dika?
      Pernah baca, tapi gak sampai selesai.
      Soalnya gak cocok. Kocaknya terlalu dilebih-lebihkan 😀

      Dimana itu mas tempatnya?

      Oh iya, kok sms buku 25 mahasiswa inspiratif ITS itu ke sampeyan mas?
      Apa jangan-jangan sampeyan penulisnya ya? 😀

  2. bahtiar rifai s

    Aduhh..adik ini berlebihan deh. Masak saya disandingkan dengan nama Kang Abik,A.Fuadi,Andrea Hirata. Udah gitu disebutin paling pertama lagi. hehehe.

    *kepala saya jadi bengkak nih, hehehe*

    dik, saya juga masih belajar menulis. kualitasnya pun masih jauh dari nama2 yg disebutkan sesudahnya. Tapi berhubung menulis itu seperti kebutuhan, ya saya nekat saja. Bagus-tidak urusan belakang.

    btw, anda punya bakat sebagai penulis. Saya bisa baca bakat itu dari tulisan2 anda yg artikulatif (wah…apaan tuh artinya, he3).

    Cara belajar menulis yg paling mudah. Membaca tulisan2 yang kita suka. saya juga punya penulis idola. Goenawan Mohamad, Samuel Mulia, Budhiarto Shambazy. Kebanyakan sih penulis2 kolom di koran, bukan novelis:D.

    Semangat belajar!

    1. Memang kenyataannya begitu Mas 😀
      Saya suka sudut dan jarang pandang Sampeyan dalam menilai suatu permasalahan…

      Lebih lanjut, saya sangat mengagumi pengetahuan Sampeyan yang sangat luas. Yang seringkali membuat saya berdecak kagum waktu baca tulisan Sampeyan di kolom opini ITS.

      Ngomong-ngomong belajarnya dulu dimana mas? kok sampai bisa membuat tulisan dengan topik yang lumayan berat tapi terasa ringan waktu dibaca? Pasti sudah lama aktif di dunia jurnalistik ya mas? 😀
      *sok tahu banget sih nih anak*

      Oh iya, pertanyaan terakhir. Kok nggak buat blog mas?
      Tambah bonus 1 lagi deh, mumpung masih ketemu. 😀 Artikulatif itu apa mas?
      *Maklum, saya buta sama sekali dengan dunia jurnalistik. Dari awal belajarnya otodidak, jadi sering nggak mengikuti aturan. Pengen masuk its-online tapi sepertinya sudah terlalu ‘renta’ :D*

  3. bahtiar rifai S

    asslamualaykum,
    Say dulu juga melakukan hal yang sama dengan anda. Tiap semester saya selalu menuliskan cita2 saya. Dari yang realistis sampai yang kadang2 sangat tidak realistis. Tapi saya orang yang suka bermimpi. dan tak pernah kecewa bila mimpi itu belum tercapai. “Mungkin belum saatnya,”.

    Teruslah bermimpi dik.

    Salam Hangat
    BRS
    Mahasiswa Perkapalan Semester 9, hehehe

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Wah, ada Mas Bahtiar 😀 *nangis terharu*
      Salam kenal mas…
      Btw, Saya fans berat sampean lho 🙂

      Kalau saya sih, memang dari kecil ya seperti ini…
      Suka bermimpi…
      Apalagi setelah membaca novel kedua dari tetarlogi Laskara Pelangi. Jadi semakin yakin dengan kekuatan sugesti impian…

      Sering-sering mampir kesini ya mas 😀

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s