Mengapa Saya Nge-Blog

Rasanya, setiap kali saya punya blog, saya pasti punya satu postingan yang berjudul seperti di atas. Atau setidaknya masih satu topik dengan judul postingan di atas.

Sampai saat ini, saya sudah mempunyai beberapa blog. Mulai dari blog pertama saya yang ada di blogspot, blog di wordpress, blog dengan hosting dan domain gratisan, sampai akhirnya jatuh hati ke wordpress lagi. Dan dari beberapa blog tersebut, satu-satunya yang masih aktif saya urus adalah blog ini.

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terlihat sangat mengesankan. Namun, bagi sebagian orang yang lain hal ini mungkin terlihat begitu konyol. Kalau saja Andrea Hirata tahu kelakuan (berkali-kali pindah blog, red) saya yang satu ini, mungkin ini akan dimasukkan dalam salah satu daftar 44 penyakit gila ciptaan ibunya yang seringkali bermunculan dalam setiap novel karyanya.

Saya yakin, para blogger punya motivasi dan alasan tersendiri mengapa mereka sangat suka ngeblog.

Dan saya sendiri juga mempunyai alasan dan motivasi yang mendorong saya untuk terus ngeblog.

Beberapa motivasi saya antara lain :
1. Uang
Ini adalah motivasi awal saya ketika pertama kali ngeblog. Apalagi setelah tahu teman kuliah saya sukses mendapatkan gaji sekitar 40-50 US$ setiap bulan dari blog miliknya. Namun, akhirnya saya menyerah. Saya merasa kurang nyaman dengan ngeblog yang seakan-akan mengejar setoran seperti itu. Dan akhirnya saya berhenti nge-blog beberapa waktu. Dan sampai saat ini saya sudah melupakan motivasi saya yang satu ini. πŸ˜€

2. Meningkatkan Kemampuan Menulis
Karena saya memang terobsesi dengan Andrea Hirata yang sukses menghipnotis saya dengan novel sang pemimpinya. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar menulis. Dan saya akhirnya memutuskan ngeblog lagi setelah sempat berhenti beberapa waktu. Karena menurut saya, salah satu cara paling mudah untuk belajar menulis adalah dengan ngeblog.

Dan oleh karenanya, saya harap anda sebagai pembaca mau memberi komentar atas tulisan saya pada setiap kolom komentar yang telah tersedia. *request mode : on :D*

3. Berbagi (Sharing)
Selain untuk meningkatkan kemampuan menulis, salah satu motivasi saya dalam ngeblog adalah semangat untuk berbagi. Karena saya merasakan banyak mendapat manfaat dari blog, maka saya akhirnya tergerak untuk melakukan hal yang sama dengan para blogger yang telah banyak menginspirasi saya.

4. Menjaga Semangat
Kalau motivasi yang satu ini terinspirasi oleh mas Danang, sang pembuat jejak. Tentu anda semua sudah tahu kalau mas Danang adalah seorang yang sangat aktif menuliskan impiannya. Dan akhirnya mencoret satu per satu impian yang sudah terwujud.

Selain karena terobsesi dengan mas Danang, saya berharap dengan menuliskan impian, saya senantiasa berada dalam lintasan yang tepat untuk mewujudkan impian saya. Atau dengan kata lain agar saya tetap fokus dengan impian saya.

5. Meningkatkan Semangat Membaca
Sejalan dengan meningkatkan kemampuan menulis, semangat membaca juga perlu ditingkatkan. Karena tanpa membaca, kita tidak akan pernah punya bahan untuk ditulis.

Membaca tidak hanya sebatas membaca buku, majalah, artikel, dan yang sejenisnya. Tapi lebih dari itu, membaca mempunyai cakupan yang lebih luas lagi, misalnya membaca keadaan sosial masyarakat, membaca watak, membaca sikap, membaca kebudayaan, dan membaca-membaca yang lain yang tidak hanya terpaku pada literatur tertulis.

6. Impian Menjadi Jurnalis
Salah satu alasan yang lain mengapa saya ngeblog adalah karena obsesi saya untuk menjadi seorang reporter atau wartawan. Khususnya menjadi seorang pembawa acara berita atau talk show. Seperti halnya Rosiana Silalahi, Najwa Shihab, Andy F. Noya, Oprah Winfrey, dll.

7. Kontrol Sosial
Ini adalah salah satu alasan mendasar mengapa saya ngeblog. Ketika saya merasa ada suatu hal yang kurang tepat di masyarakat dan saya merasa harus menyampaikan itu, maka mau tidak mau saya harus menyampaikannya. Biasanya motivasi seperti ini akan anda jumpai dalam postingan-postingan saya yang ada dalam rubrik (kategori) opini.

Dan motivasi ini juga lah yang akhirnya mendorong saya untuk membuat akun di kompasiana.

8. Menambah Kenalan
Semoga dengan nge-blog ini saya mendapat banyak kenalan orang-orang keren. Khususnya orang-orang mempunyai hobi yang sama, pandangan yang sama, atau impian yang sama dengan saya. *padahal sudah jelas bahwa judul blognya kamu itu beda :D*

9. Tempat Curhat
Karena saya memang tidak mempunyai tempat curhat yang cukup terpercaya. Sepertinya blog bisa dijadikan pelampiasan. *padahal blog adalah tempat umum :D*

Setidaknya, agar masalah saya tidak tersimpan di otak terus. πŸ˜€

10. Mencari Jodoh
Alasan yang sangat konyol πŸ˜€ . Tapi enggak apa lah, tetap dimasukkan dalam daftar saja. Hitung-hitung doa :D. Kan lumayan juga tuh kalau dapat jodoh seorang blogger(penulis) juga. ^^ *ngarep*

11. Mengisi Waktu Luang
Karena biasanya mahasiswa teknik informatika ITS waktu luangnya banyak dihabiskan untuk kegiatan yang kurang produktif (ngenet tanpa tujuan, nge-game, dll). Realistis juga sih, mengingat waktu luang yang dimiliki juga nggak banyak. Tapi bukankah lebih baik lagi jika waktu luang tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin. Betul tidak? πŸ˜€

Demikian beberapa alasan dan motivasi saya dalam nge-blog. Bagaimana motivasi Anda? Adakah yang sama dengan punya saya? ^^

Anyway, Keep on track, and Happy blogging πŸ™‚

4 thoughts on “Mengapa Saya Nge-Blog

  1. Point ke dua sepakat.
    Blog, bisa jadi tempat yg kondusif buat belajar nulis. Terutama karena kita bisa berinteraksi dengan pembaca melalui kolom komentar.

    Point lima setuju juga. Semua penulis itu pembaca. Tapi tidak semua pembaca menulis.

    Setelah baca point di atas, saya baru sadar kalau nulis di blog ini bisa jadi salah satu implementasi peran kita sebagai mahasiswa (social control).

    Point 7 setuju juga.
    Jurnalis itu kereen πŸ˜€
    jurnalis favorit saya sejak kelas 5 SD azrul ananda. Andy F Noya juga kereen.

    Blog bisa memperkenalkan saya dg orang2 dari banyak kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, dokter, pengusaha, petani, dll.

    Semoga bisa konsisten nge-blog.
    Amin.

Ada komentar?

