Karena Hidup itu Harus Punya Target

“Biarkan mengalir begitu saja”, kurang lebih begitu kalimatnya. Kata-kata khas orang-orang yang tidak terlalu menyadari cepatnya waktu berlalu dalam hidupnya. Termasuk aku salah satunya.

Tanpa kusadari, kebiasaanku menunda-nunda dan menyia-nyiakan waktu telah membuatku terdampar jauh dari jalan untuk menuju tempat impianku berada.

Ibarat kata Mbah Muchit Muzadi, salah seorang tokoh panutan di kalangan NU. Aku sekarang ini mungkin sudah menjadi sebuah taksi yang bisa seenaknya dikendalikan oleh penumpangnya. Yang tidak lain adalah nafsu dan kebiasaan-kebiasaan burukku. Bukan lagi menjadi sebuah kereta api yang senantiasa teguh berjalan di atas relnya.

Padahal, seperti yang sudah kita tahu, kesuksesan itu membutuhkan usaha yang tidak kecil. Meminjam kata-kata inspiratif dari Aristoteles yang sempat diuraikan oleh Tina Talisa ketika memberikan materi tentang teknik presentasi kepada kontingen PIMNAS ITS XXIII beberapa bulan yang lalu, “We are what we repeatedly do. Excellence, then, is not an act. But a habit”. Karena seperti halnya cinta, bisa itu juga karena terbiasa.

Kalau selama ini aku seringkali mengabaikan waktu luang, mulai sekarang aku akan berusaha meminimalisasi jumlah waktu luangku yang terbuang dengan sia-sia. Seperti kalimat yang terpampang di setiap halte bus di jepang, “Only bus will stop here, not your time. So keep walking towards your goal!”. Karena waktu tak akan mau menunggu.

“Hidup itu harus punya target”, begitu orang tuaku berpesan padaku.
“Hiduplah dengan mimpi dan obsesi. Tanpa itu, percuma kau lanjutkan hidupmu. Karena sebenarnya kau telah mati”, begitu kata Ibrahim, teman kuliahku.
“Orang-orang seperti kita tak akan pernah bisa hidup tanpa mimpi dan cita-cita”, begitu pesan Andrea Hirata.

Oleh karenanya, jangan pernah sia-siakan waktu!

Karena hidup itu (harus) penuh arti…
Dan karena impian tidak akan cukup dicapai hanya dengan duduk bersantai di sini…

Keep Fight!

— Laboratorium Pemrograman T.Informatika ITS —

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s