Membuka Mata Kepada Pedagang Asongan

Bermula dari ketidaksengajaan saya ketika menonton film Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Nama Dedy Mizwar menjadi jaminan tersendiri buat saya untuk memberi genre “Wajib Ditonton” pada film ini. Melihat track record Dedy Mizwar yang memang cukup mengesankan. Khususnya di dunia perfilman.

Anda semua tentu sepakat bahwa Beliau adalah orang yang punya idealisme cukup tinggi. Terbukti dengan film-film yang dibintangi olehnya tidak ada sama sekali yang bergenre “Gak Jelas”. Khas film-film horror yang marak bermunculan beberapa tahun terakhir ini.

*Kembali ke laptop*

Kalau selama ini anda melihat tindakan penertiban yang dilakukan oleh satpol pp kepada para pengasong merupakan sebuah tindakan yang wajar. Saya sarankan anda untuk menonton film ini.

Melalui film ini, Dedy Mizwar ingin membuka mata kebanyakan orang. Agar melihat para pengasong dari sudut dan jarak pandang yang berbeda dari yang selama ini pernah ada.

Memang benar, pengasong seringkali mengganggu ketertiban dengan menjajakan dagangannya di tengah-tengah jalan. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan di sini. Bukankah yang mereka lakukan itu halal? Lantas mengapa harus dipermasalahkan?

Kalau memang alasannya adalah penyebab kemacetan.
Saya pikir para pejabat dan orang-orang yang mengendarai mobil dengan tanpa penumpang jauh lebih berhak untuk disalahkan dan dijadikan tersangka penyebab kemacetan di jalan raya.

Mengganggu ketertiban?
Saya pikir gelar “pengganggu ketertiban” ini lebih pantas jika diberikan kepada para pencopet, pencuri, dan teman-teman bang napi lainnya.

Merugikan masyarakat?
Para koruptor jauh lebih jago dalam hal ini daripada para pengasong yang kerjanya cuma berjualan di jalan.

Apakah anda menemukan alasan lain untuk menyalahkan para pengasong?
Kalau saya tidak. Mereka tidak salah. Karena mereka memang tidak merugikan masyarakat sama sekali. Justru para koruptor lah yang semestinya harus mendapat tindakan tegas dari para petugas satpol pp.

Kalau anda belum sempat menonton film ini. Saya sarankan anda untuk menontonnya.

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s