Your Job is Not Your Career!

Pernah lihat judul di atas? Atau bahkan sounds familiar ?
Yup, benar. Judul di atas adalah judul buku om Rene Suhardono.

Sebelum saya beli bukunya beberapa waktu yang lalu, satu-satunya yang saya tahu tentang buku ini adalah buku ini banyak membahas passion. Dan hal itulah yang membuat saya tertarik untuk membeli buku ini.

Kesan Pertama…
Pertama kali melihat tampilan cover buku ini saya langsung berkata dalam hati, “it has very exciting cover” :D. Meskipun pada kenyataannya banyak yang setuju dengan ungkapan “don’t judge the book by its cover“. Saya sendiri kadang lebih setuju dengan ungkapan ini, “Kalau covernya saja tidak dikerjakan dengan sepenuh hati. Apalagi isinya?”

Image and video hosting by TinyPic
photo credits : fikrirasyid.com

Kesan Selanjutnya…
Packaging buku ini sangat menarik!. Jika Anda membeli bukunya, Anda akan mendapatkan 2 buah buku. Buku pertama adalah buku inti yang judulnya seperti judul postingan saya di atas. Dan buku ke-2 adalah hadiah (bentuk apresiasi) om Rene atas pembelian kita pada bukunya yang pertama.

Meskipun penjualannya tidak semenakjubkan Laskar Pelangi series karya Andrea Hirata. Ternyata buku ini cukup menarik perhatian dan minat para pecinta buku, khususnya di Surabaya. Terbukti saya harus kembali ke toko buku sampai 2 kali untuk mendapatkannya. Dan usut punya usut, ternyata buku yang saya beli merupakan buku cetakan ke-6. 😀 Padahal cetakan pertamanya saja baru dilaunching bulan Mei kemarin.

Kontennya…
Secara umum, buku ini mengajak kita untuk merekonstruksi pemikiran kita. Agar tidak mengganggap career itu sama dengan Job. Career itu sebuah perjalanan bukan sebuah pekerjaan (Job). Career itu berhubungan erat dengan kepuasan batin (kebahagiaan) sebagai individu. Sedangkan Job itu berhubungan erat dengan tujuan perusahaan, job description, dan hal-hal sejenisnya. Job itu itu milik perusahaan. Sedangkan karir sepenuhnya milik Anda.

Yang unik dari buku ini…
Satu hal yang membuat saya semakin jatuh cinta dengan buku ini adalah adanya ilustrasi-ilustrasi yang banyak menghiasi halaman demi halaman buku ini. Dengan ilustrasi sederhana yang cukup relevan dengan topik yang sedang dibahas, om Rene sukses membuat saya tidak merasa bosan sampai halaman terakhir yang saya baca.

Beberapa inspiring quote di dalamnya…

“Passion is not what you’re good at. It is what you enjoy the most!”

“Seringkali hal-hal yang paling menyenangkan hanya butuh sedikit uang. How much do you have to pay to fall in love with someone?”

Masih penasaran dengan kalimat-kalimat inspiratifnya yang lain?
Silakan Anda beli bukunya di warung kopi toko buku terdekat. 😀

Overall, buku ini sangat direkomendasikan buat Anda yang masih bingung mendefinisikan karir dan pekerjaan.
( My rating for this book : 4.5 / 5 )

3 thoughts on “Your Job is Not Your Career!

Ada komentar?

