Presentasi Pertama

Sedikit bercerita tentang kesan pertama yang memang selalu istimewa…

Memperbaiki kemampuan presentasi adalah salah satu target pribadi saya selama masih menjadi mahasiswa. Dan butuh waktu 2 tahun bagi saya untuk memulainya.

Sebelumnya, saya memang seorang yang sangat anti dengan berbicara di depan banyak orang. Khususnya dalam forum resmi. Selain karena saya pribadi memang kurang terbuka dengan orang-orang lain. Gugup, tangan basah oleh keringat, dan tubuh yang seringkali gemetar pada saat bicara di depan adalah beberapa alasan lain yang membuat saya seringkali menolak jika diminta berbicara di depan banyak orang.

Namun, hal itu perlahan mulai berubah ketika saya “dipaksa” oleh senior saya untuk jadi anggota dalam tim PKMM-nya setahun yang lalu.

Tanpa pernah saya sadari sebelumnya, ternyata PKM memberikan banyak manfaat bagi saya pribadi. Pengalaman berinteraksi langsung dengan masyarakat ternyata memberikan pelajaran yang sangat berarti. Meningkatkan kemampuan berbicara di depan banyak orang adalah salah satunya.

Dengan berbekal pengalaman selama menjalani PKM dan mengikuti PIMNAS XXIII saya pun akhirnya memberanikan diri untuk menerima permintaan Hakim (Kadep Ristek HMSI) untuk memberikan materi penggalian ide dalam kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah di jurusan Sistem Informasi ITS beberapa waktu yang lalu.

Dan setelah saya melakukan presentasi dengan sangat mengecewakan tanpa persiapan, inilah beberapa pelajaran yang saya dapatkan.

1. Presentasi itu nggak gampang!
Kalau ada judul buku yang bilang presentasi itu mudah, Anda harus hati-hati. Karena bisa jadi itu hanya akal-akalan penerbit dan penulis yang ingin bukunya laris manis.

Jujur, presentasi itu nggak mudah. Apalagi kalau tanpa persiapan seperti yang saya lakukan kemarin. Alhasil, slide presentasi saya sudah hampir habis ketika presentasi yang saya lakukan baru sekitar 15 menit. Padahal alokasi waktu dari panitia 1 jam. Nah lo?

Tapi alhamdulillah akhirnya saya bisa menyelesaikan presentasinya tepat waktu.

#1st Lesson : Pesan saya buat teman-teman yang mau presentasi tolong dipersiapkan sebaik mungkin. Paling lambat H-1 slide presentasi sudah selesai dibuat. Jadi teman-teman punya waktu untuk latihan presentasi.

2. Mengendalikan suasana tidak semudah yang saya kira
Kacau, banyak peserta diskusi sendiri, banyak peserta yang ngantuk. Begitulah jadinya kalau pemateri sudah tidak bisa menguasai suasana dalam kelas. Dan itulah yang saya rasakan ketika memulai presentasi kemarin. Tapi alhamdulillah, meskipun telat akhirnya di pertengahan presentasi saya mulai bisa menyatu dengan peserta dan suasana pun lebih cair.

#2nd Lesson : Sebisa mungkin membuat pembukaan presentasi yang wah. Kalau bisa ada game ice breaker, video, atau apapun yang bisa menarik perhatian peserta presentasi. Karena presentasi yang datar-datar saja cenderung membosankan.

Demikian, 2 pelajaran paling berharga yang saya dapatkan ketika melakukan presentasi dadakan kemarin. Semoga bisa menjadi pelajaran buat kita semua.

Oh iya, ada yang tertinggal.
Pelajaran ketiga : Maba SI ITS ternyata banyak yang cakep lo 😀 (gak penting banget ~ xD)

Advertisements

8 thoughts on “Presentasi Pertama

  1. kesuksesan juga bisa berawal dr ketidakjelasan,,,kengawuran,,,ato by accident lo mas 🙂

    hiaaa malah ditanggepi yg TC itu (doh)
    haha y sudahlah..buat refreshing aja yo mas
    drpd butek trus liat laptop hehehehe

    1. hahaha…
      memang sih. tapi bagaimanapun kesuksesan itu harus diawali.

      Kesuksesan sekecil apapun tidak akan pernah bisa kita raih kalau kita tidak berusaha.
      Dan selama berusaha, kita memang mungkin gagal. Tapi tanpa berusaha, kita pasti gagal.

      lha minta ditanggapi yang mana lho fa? 😀
      kan memang adanya cuma “itu” 😛
      wkwkwkwk

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s