Temukan Idemu, Buat Karya Tulismu! (1)

Setelah melihat data yang ada di statistik perkembangan blog ini. Ternyata ada beberapa orang yang datang ke blog saya ini dengan memasukkan kata kunci “Ide untuk PKM-GT” di mesin pencarinya.

Karena saya tidak ingin mengecewakan mereka yang sangat berniat untuk membuat karya tulis (khususnya PKM-GT) namun merasa kesulitan untuk menemukan ide. Berikut ini saya uraikan bagaimana step by step menemukan sebuah ide.

Langkah Pertama. Kenali ide…
Sebelum saya menjelaskan terlalu panjang lebar tentang menemukan ide, ada baiknya jika kita menyamakan persepsi tentang ide terlebih dulu. Bagaimana kita bisa menemukan ide kalau kita sendiri pun nggak tahu ide itu seperti apa.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan ide? Apa sebenarnya yang melatarbelakangi munculnya sebuah ide?

Entah orang lain mendefinisikannya seperti apa. Kalau saya pribadi lebih suka mendefiniskan ide sebagai sebuah khayalan tingkat tinggi. Yang tujuannya tidak lain adalah untuk menyelesaikan masalah.

Masalah. Itulah yang melatarbelakangi munculnya sebuah gagasan atau ide.

Jadi, kalau Anda ingin menemukan ide. Carilah masalah sebanyak-banyaknya. Cari masalah lho ya, bukan cari mati 😀 (dijitak)

Pertanyaannya sekarang…
Dimana kita bisa menemukan masalah?

Banyak. Percaya atau tidak masalah itu ada dimana-mana. Berikut ini beberapa diantara sumbernya :

1. Di lingkungan sekitar kita
Salah satu tempat paling mudah untuk menemukan masalah adalah di lingkungan sekitar kita. Coba perhatikan orang-orang atau lingkungan di sekeliling kita. Pasti banyak diantara mereka yang bermasalah (punya masalah, red).

Agar bisa menemukan sebuah masalah sebisa mungkin aktifkan semua panca indera kita. Karena untuk menemukan masalah itu membutuhkan kepekaan. Bisa saja hal yang menurut orang lain adalah masalah tapi menurut kita bukan masalah.

2. Di majalah, media cetak, media elektronik, dan teman-temannya
Coba Anda baca surat kabar hari ini. Berapa banyak masalah yang diberitakan di sana? Sangat banyak bukan? Mulai dari tindak kriminal, bencana alam, pengangguran, bahkan masalah kesulitan mendapatkan jodoh pun ada.

Memang seperti itulah media massa. Seperti yang banyak orang bilang, rata-rata motto para wartawan adalah : “bad news is good news”. Bak menemukan oase di tengah sahara, begitulah perasaan para wartawan jika menemukan kabar-kabar kurang menyenangkan.

Jadi, kalau Anda merasa kesulitan mencari masalah, Anda nggak usah bersusah-susah mencarinya sendiri. Cukup dengan membaca surat kabar atau melihat berita di TV maupun internet saja Anda sudah mendapatkan banyak informasi tentang masalah.

3. Dari pengalaman
Kalau Anda merasa pernah punya masalah, Anda cukup beruntung. Karena dengan begitu Anda bisa memanfaatkan masalah Anda tersebut sebagai pondasi dasar munculnya sebuah ide. Tapi kalau Anda merasa tidak pernah punya masalah (gak mungkin deh kayaknya :D), Anda bisa memanfaatkan orang-orang di sekitar Anda.

Caranya?
Dengan mendengar keluhan, curhatan, atau dengan wawancara secara langsung kepada mereka yang punya masalah.

Demikian sedikit uraian saya tentang sumber masalah.

Kalau ada diantara Anda yang bertanya,
“Cukup sampai di sini kah pencarian ide kita?”
Nggak lah. Perjalanan kita masih jauh. Kalau cuma tahu masalah, belum tentu kita bisa menyelesaikan masalah.

Penjelasan saya di atas tadi hanya sedikit gambaran mengenai pondasi dasar terbentuknya sebuah ide. Penjelasan yang lain terkait memproses masalah menjadi sebuah ide akan saya sampaikan di postingan saya selanjutnya.

Terakhir dari saya,
Temukan idemu, buat karya tulismu!

Advertisements

One thought on “Temukan Idemu, Buat Karya Tulismu! (1)

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s