Belajar Indonesia

Bagaimana menurut Anda judul yang saya gunakan di atas? Sounds familiar?

Yup, benar. Judul di atas adalah judul salah satu acara di salah satu stasiun televisi swasta yang ada di Indonesia.

Karena kebetulan minggu ini masih liburan dan tadi nggak sengaja nonton TV sebentar. Eh ternyata, tahu-tahu ada acara ini. Langsung deh, dapat ide untuk bikin postingan 😀

Sejak dulu saya memang tertarik dengan acara-acara semacam ini. Selain membawa penyegaran baru di layar kaca yang selama ini banyak “dicemari” oleh sinetron, reality show, dan infotainment yang semakin lama semakin banyak saja. Acara-acara semacam ini juga seringkali memberikan pendidikan. Tidak hanya seperti acara-acara lain yang sebagian besar menekankan pada aspek hiburan.

Bagi Anda yang belum pernah menontonnya, acara ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton. Mengapa?

1. Acara ini membuat kita semakin mengenal budaya kita

Kalau selama ini Anda sudah mengenal beberapa acara di televisi yang menampilkan berbagai budaya di berbagai daerah di Indonesia. Tidak ada salahnya acara ini Anda masukkan ke dalam list tersebut. Karena aspek budaya merupakan yang paling ditonjolkan pada acara ini.

2. Acara ini meningkatkan kecintaan pada budaya Indonesia

Kalau saya sendiri melihat acara ini sebagai sarana untuk refleksi diri. Kalau bule yang datang jauh-jauh dari luar negeri saja sangat tertarik dengan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa ini.  Mengapa kita-kita yang penduduk asli di negeri ini seringkali masih merasa risih dan gengsi untuk mengenal dan mempelajari kebudayaan kita sendiri?

3. Acara ini nggak biasa

Nggak biasa karena yang mempelajari budaya Indonesia adalah bule yang cakep-cakep. Dan di Indonesia, acara semacam ini nggak banyak.

4. Acara ini lucu

Bagi Anda yang suka dengan acara hiburan, Anda nggak perlu khawatir. Acara ini bukan acara formal seperti halnya diskusi atau reportase gitu kok. Malah sebaliknya, banyak sekali kekonyolan-kekonyolan yang dilakukan oleh para bule di acara ini.

Salah satu hal lain yang saya suka dari acara ini adalah komentar para bule atas budaya bangsa ini di akhir acara. Tidak jarang diantara mereka berkomentar “mengesankan”, “mengagumkan”, dan lain sebagainya. Dan tidak hanya itu, rata-rata para bule selalu berpendapat bahwa yang paling mengesankan dari bangsa ini adalah keramahan orang-orangnya.

Image and video hosting by TinyPic
photo credits : dik2info.wordpress.com

Terakhir dari saya,

Kalau bule yang datang jauh-jauh dari luar negeri saja sangat tertarik dengan kebudayaan yang dimilki bangsa ini. Coba tanyakan pada diri kita masing-masing. Sudah sejauh mana usaha kita untuk mengenal, mempelajari, atau melestarikan budaya kita?

Advertisements

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s