Pesan dari Masa Depan

Kepada :
Penduduk Bumi Masa Sekarang

Hai penduduk bumi masa sekarang, bagaimana kabar kalian? Masihkah kalian kenal kami yang selama ini berharap banyak kepada kalian?

Perkenalkan, kami adalah penduduk bumi tahun 2111.

Hmm, pasti kalian merasa aneh ketika membaca surat ini, ya? Karena kami yakin, teknologi surat lintas masa seperti yang kami gunakan sekarang ini belum pernah kalian temui di masa kalian. Tapi jangan khawatir, kalian pun bisa melakukan hal yang sama kok. Karena kami sendiri yang ada di masa depan pun baru mulai mengembangkannya beberapa tahun belakangan ini.

Dan asal kalian tahu, surat yang kalian baca sekarang ini adalah surat pertama yang berhasil kami kirimkan buat kalian yang ada di masa sekarang lho. Setelah sebelum-sebelumnya kami selalu gagal mengirimkannya karena salah alamat. (hehe)


Image and video hosting by TinyPic
photo credits : endralife

Oh iya, ngomong-ngomong, bagaimana keadaan kelestarian alam yang sudah lama kami pinjamkan di tahun ini? Masihkah kalian menjaganya, kawan? Atau jangan-jangan kalian sudah lupa kalau pernah meminjamnya dari kami?

Bukannya mau nagih utang atau apa, di sini kami hanya ingin mengingatkan bahwa penduduk bumi di masa depan seperti kami ini juga memiliki hak untuk merasakan kelestarian alam dan lingkungan seperti halnya yang telah kalian rasakan. Mengingat di masa depan, khususnya di tahun 2111 ini, kami mengalami banyak sekali masalah lingkungan.

Mulai dari mencairnya semua es di kutub selatan dan kutub utara, suhu udara yang meningkat pesat di berbagai belahan dunia, lapisan ozon yang sudah hampir tak tersisa, penyakit kulit merebak dimana-mana, air bersih sudah hampir tidak ada, sebagian besar spesies binatang hanya tinggal namanya saja, banjir bandang di semua benua, dan berbagai masalah lingkungan lain yang tidak pernah ada habisnya.

Image and video hosting by TinyPicphoto credits : zulkenblog

Begitu banyaknya masalah lingkungan yang terjadi secara bersamaan tersebut mau tidak mau harus diatasi secepatnya sebelum semuanya terlambat.

Alhasil, semua ilmuwan dari berbagai penjuru dunia di masa kami pun berpikir keras mencari cara untuk mengatasi masalah lingkungan yang sudah cukup memprihatinkan ini.

Dan berdasarkan hasil penelitian dan diskusi yang telah dilakukan oleh mereka, akhirnya diambil keputusan untuk meminta bantuan kepada kalian yang masih hidup di tahun 2011 dengan membuat surat lintas masa ini. Karena menurut kami, masalah lingkungan yang terjadi di masa depan ini tidak hanya akibat ulah para manusia di masa kami, tapi juga ulah manusia di masa sekarang. Dan oleh karenanya, yang bisa membantu mencegah dan mengatasinya pun juga penduduk bumi masa sekarang.

Maka dari itu, kawan. Melalui teknologi surat lintas masa ini, kami memohon kepada kalian semua yang masih hidup di masa sekarang untuk membantu menjaga kelestarian alam dan lingkungan bagi kami yang hidup di masa depan ini.

Caranya mudah saja kok. Mulai sekarang lakukan step by step PDKT di bawah ini :

P – Pakai Lagi (Reuse)
Mengurangi pembelian barang juga berarti mengurangi jumlah sampah yang akan dihasilkan oleh barang tersebut. Jadi, kalau memang kalian punya barang bekas yang sepertinya masih layak untuk digunakan. Jangan segan-segan untuk memakainya atau mengkreasinya lagi, kawan.

D – Daur Ulang (Recycle)
Sebisa mungkin daur ulang sampah-sampah yang memang memungkinkan untuk didaur ulang. Kalau memang tidak memungkinkan untuk mendaur ulang sampah yang ada, membuat produk layak jual dari sampah juga tidak salah untuk coba dilakukan. Selain mengurangi jumlah sampah yang berkeliaran, membuat produk layak jual dari sampah juga bisa membantu pemerintah mengurangi jumlah pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan baru, kawan.

K – Kurangi (Reduce)
Poin ini kurang lebih sama dengan poin pertama. Intinya, selalu perhatikan apa yang kita gunakan dan kita lakukan. Kurangi pemakaian plastik, kertas, dan bahan-bahan lain yang kurang ramah lingkungan dan tidak bisa didaur ulang. Singkatnya, gunakan seperlunya, kurangi penggunaannya kalau bisa.

T – Tanami Lagi , Hijaukan Lagi
Kalau memang punya lahan kosong di sekitar rumah, jangan lupa tanam beberapa tanaman hias, pohon buah-buahan, atau tanaman obat-obatan yang bisa bermanfaat bagi kita.

Itu tadi beberapa langkah PDKT yang bisa mulai kalian lakukan mulai sekarang.

Dan kalau tidak keberatan, kami harap kalian juga dapat menjalankan 7M di bawah ini :

1. M-embuang Sampah ke Tempatnya
2. M-emisahkan Sampah Organik dan Non-Organik
3. M-enggunakan Kendaraan Ramah Lingkungan
4. M-embawa Tas Sendiri Ketika Belanja
5. M-engurangi Pemakaian AC
6. M-enghentikan Kegiatan Perusakan dan Pencemaran Lingkungan
7. M-engajak Orang-Orang Terdekat untuk Lebih Peduli Lingkungan

Usaha-usaha di atas memang terlihat sangat sederhana. Tapi kalau dilakukan bersama secara terus menerus, usaha yang sederhana pun sedikit banyak pasti akan membawa perubahan bagi bumi yang kita cintai ini.

Bukankah gedung-gedung bertingkat yang berdiri kokoh di luar sana dulunya juga berasal dari semen, pasir, batu bata, dan bahan-bahan lain yang terlihat sederhana?

Kami rasa, cukup sekian yang bisa kami bagikan di kesempatan kali ini.

Surat ini nggak usah kalian balas. Kami hanya ingin kalian menanyakan pada diri kalian masing-masing. Sudah sejauh mana usaha kalian dalam menjaga kelestarian alam yang sudah lama kami pinjamkan kepada kalian ini, kawan?

Semoga dengan adanya surat ini, kalian semakin sadar bahwa kelestarian alam dan lingkungan bukanlah harta warisan yang bisa kalian habiskan begitu saja tetapi barang pinjaman yang harus selalu dijaga kondisi dan keadaannya.

Mari kita jaga bumi kita,
Mulai dari diri sendiri,
Mulai dari yang sederhana,
Dan mulai dari sekarang juga.

Salam persahabatan dari kami,
Penduduk Bumi Masa Depan.

Jika pohon terakhir telah ditebang, jika sungai terakhir telah tercemar, jika ikan terakhir telah ditangkap. Mungkin di saat itu lah baru manusia akan sadar bahwa sampai kapanpun mereka tidak akan bisa makan uang.

Referensi :
1. makhluklemah.wordpress.com
2. situslakalaka.blogspot.com

Advertisements

7 thoughts on “Pesan dari Masa Depan

    1. Terima kasih banyak saudara 🙂
      *asline males ngakoni :P*

      Hehe, nulisnya lama ini fa, butuh beberapa hari untuk mengumpulkan ide dan inspirasi.

      Selain mencari referensi bacaan yang tepat sebelum mulai menuliskan semuanya.

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s