Restorasi Semangat Go Blogging

Bagi sebagian orang, blogging itu sudah menjadi lifestyle. Hidup tanpa nge-blog itu (bagi mereka) seperti halnya makan tempe penyet tanpa sambal. Hambar. 😀

Sedangkan bagi sebagian pihak yang lain, blogging merupakan sarana untuk mencari uang, sarana mengaktulisasikan diri, sarana berbagi, tempat curhat, atau bahkan tidak jarang, ada juga yang menjadikannya sebagai sarana personal branding.

Lantas, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk salah satu diantara mereka? Atau malah Anda punya filosofi dan prinsip sendiri mengapa kok sampai berkenalan dengan makhluk aneh yang bernama blog ini?

Terlepas dari termasuk bagian yang mana Anda, terlepas dari apapun warna kulit Anda, dan terlepas dari apa ras, agama, suku, dan adat istiadat Anda. Kalau Anda punya blog, pasti ada kalanya Anda pasti akan merasakan hiatus.

Yang seperti halnya kebanyakan pemain sepakbola, blogger juga seringkali merasakan fluktuasi semangat yang sangat ekstrim. Hari ini bisa menulis banyak postingan, belum tentu esok hari bisa menulis 1 postingan.

Tugas kuliah yang gak ada habisnya, punya 5 judul PKM yang didanai, gak punya uang untuk internetan, postingan tidak pernah ada yang memberi komentar, gak ada laptop yang bisa dipinjam, gak punya ide, diputus pacar, sakit berkelanjutan, silakan hubungi dokter adalah beberapa penyebab kambuhnya sindrom malas ngapdet blog.

Kalau sudah seperti itu, terus apa yang harus kita lakukan agar bisa sembuh dan bisa kembali aktif posting di blog?

1. Perbanyak Membaca
Tanpa membaca, tidak akan ada yang bisa kita tulis. Membaca itu tidak harus selalu identik dengan buku atau literatur tertulis. Kalau Anda sudah bosan membaca buku, majalah, koran, nota belanja, tagihan listrik, tagihan telepon dan lain sebagainya. Anda bisa coba untuk membaca kejadian-kejadian maupun fenomena-fenomena sosial yang berlangsung dan terjadi di sekitar Anda.

2. Ikut Lomba Blog
Kalau yang satu ini sih seperti halnya pemberian kejutan listrik di saat pasien sudah sekarat. Hanya motivasi sesaat. Memang benar, ikut lomba blogging tidak akan meningkatkan semangat blogging kita secara terus menerus. Tapi setidaknya hal itu bisa dijadikan opsi untuk mengembalikan semangat untuk mengapdet blog lagi. Apalagi selain meningkatkan semangat, ikut lomba blog juga membuat blog kita lebih banyak kenalan. Selain ada segudang pengalaman dan hadiah yang bisa kita dapatkan.

3. Datang Kopdar
Meskipun saya sendiri masih belum pernah datang di acara kopdar (kopi darat, red), saya yakin bahwa ikut acara-acara semacam ini akan membantu mengembalikan semangat kita untuk tetap eksis di dunia blog. Karena ide itu bisa datang kapan saja dan di mana saja. Dan salah satu kegiatan yang paling sering mendatangkan ide adalah diskusi bersama.

4. Silaturrahmi ke Blog Tetangga
Membaca postingan dan berkunjung ke blog-blog yang penuh inspirasi terbukti meningkatkan jumlah saldo ide postingan di kepala. Saya sendiri sudah sering mempraktekan dan membuktikannya.

5. Jalan-jalan
Kalau sudah buntu dan sudah stres akut, jalan-jalan atau refreshing ke tempat-tempat rekreasi bisa dijadikan opsi pilihan untuk mengembalikan semangat nge-blog yang sempat hilang.

Menulis itu nggak mudah, kawan. Kalau memang sudah buntu, jangan terlalu dipaksakan. Daripada ntar waktu kita banyak habis di depan layar monitor yang sudah siap-siap membuat kita tambah gila.

Meskipun kenyataannya, tidak punya ide untuk menulis di blog sebenarnya bisa dijadikan bahan postingan jika kita cukup kreatif dan cukup “gila”. Seperti yang dilakukan oleh Mas Karel Anderson di salah satu postingannya.

Kalau memang sudah tidak bisa, coba cari inspirasi di tempat-tempat baru, dengan melakukan aktivitas baru, dan berkenalan dengan orang-orang yang baru.

Intinya, jangan pernah berhenti berusaha mencarinya. Karena inspirasi itu bisa datang kapanpun dan di manapun kita berada.

Terakhir dari saya,
Salam satu jiwa 😀 *kok malah jadi Aremania gini*

12 responses to “Restorasi Semangat Go Blogging”

  1. kalo kendalanya bukan buntu,
    tapi overload pilihan ide tulisan,
    gimana?

    1. Kalau overload itu bukan masalah Mas. 🙂

      Ya ditulis saja semua. Terus dijadwalkan tanggal publishnya. Biar nggak saling tindih satu sama lain.

      Tapi kalau memang hanya ingin bikin satu postingan, ya Mas tentukan saja mana topik yang Mas sukai. Agar waktu nulis nggak merasa terbebani dan bisa cepat selesai. 😀

  2. ikut lomba blog sama kopdar hingga saat ini masih belum bisa saya laksanakan.. entah mengapa gk punya rasa percaya diri klu sudah berhadapan sama yg namanya lomba di dunia blog… apalagi harus ketemu muka sama org2 maya di dunia nyata 😦

    1. Kepercayaan diri itu bukan sesuatu yang tiba-tiba muncul, Mbak. Harus ditanam, dipupuk, dan dirawat agar bisa berkembang dengan baik.

      Bukankah dulu sebelum bisa mengendarai sepeda kita juga pernah merasa takut untuk mengendarainya?

      Pede atau nggak, itu cuma masalah niat saja menurut saya. Kalau kita sudah niat, pasti bisa pede kok.

      Kalau untuk masalah ikut kopdar, bagi kita yang punya kepribadian introvert biasanya agak kurang nyaman kalau kumpul sama banyak orang kayak gitu. Apalagi sama orang-orang yang baru kenal.

      Postingan saya itu kan cuma masukan. Jadi, dilakukan atau nggak ya terserah sampeyan sebagai pembaca. Pokoknya, jangan pernah berhenti berusaha 🙂

      Keep blogging :mrgreen:

  3. PKMk itu, ya?
    satu aja udah cukup hebat tuh.
    😀
    harapan saya tinggal PKM GT
    hahaha

    1. Yup, PKMK 🙂

      doakan bisa lolos PIMNAS ya 😀

      Semoga sukses juga buat PKM GT sampeyan :mrgreen:

  4. wah, 5 PKM didanai?
    Super sekali.
    *iri mode: activated
    :mrgreen:

    1. Itu teman saya An 😀

      Kalau saya sih, satu aja udah cukup :mrgreen:
      *padahal aslinya pengen banyak yg lolos*

  5. bagi sy seorang pnulis tu keren, dia mampu membuat hal2 besar melalui tulisanny,, keep writing,
    tulis ide qm dan ubah dunia..

    1. Lihat-lihat penulisnya dulu, Mas.

      Kalau cuma nulis tapi nggak pernah dipublikasikan? 😀

  6. saya tertarik dengan lomba blogging yang anda sebutkan,….
    kalo boleh tolong kasi informasi tentang lomba blogging ..,.,,.
    trus q sbenarnya blogging tuh tujuanya bersifat keagamaan, jadi yaa…suatu panggilan giti lah tuk kenalin islam kepada masyarakat…

    1. Kalau untuk masalah lomba sih, saya biasanya lihat di infolombaku.blogspot.com atau di ajangkompetisi.com

      Keren tuh, saya dulu pengen seperti itu. Tapi karena saya masih belum berkapabilitas di bidang itu jadi saya urungkan niat saya untuk membuat blog dengan konten islami.

      Ntar kalau pribadi saya sudah baik insyaAllah bikin blog dengan konten seperti itu. Mohon doanya ya 😀

Ada komentar?