Memilih Teknik Informatika Karena…

Seperti halnya ketika memilih pasangan, semua orang pasti punya alasan ketika memilih jurusan. Entah karena biaya kuliahnya yang terjangkau, entah karena prospek kerjanya yang bagus, entah karena mahasiswanya banyak yang cakep, entah karena di kampusnya banyak kucing berkeliaran dan berkejar-kejaran, entah karena kampusnya punya banyak kolam renang dan kolam pancing, yang jelas semua orang pasti punya kriteria masing-masing dalam menentukan pilihan jurusannya. 😀

Lantas, apa saja alasan mereka yang memilih Teknik Informatika sebagai jurusan pilihannya? Apakah (hanya) karena di Teknik Informatika ada saya? Belum tentu juga. 😀

Oleh karenanya, mari kita ulas bersama.

Berdasarkan analisa saya ditambah dengan keterangan dari teman-teman saya satu jurusan, mereka yang memilih Teknik Informatika sebagai jurusan pilihannya itu biasanya karena…

  • Kecanduan coding mulai SMA

Orang-orang seperti ini merupakan spesies yang langka. Mereka adalah orang-orang terpilih. Dan seperti yang Anda tahu, di kalangan anak SMA, bahasa PASCAL, C, C++, dan C# masih kalah tenar jika dibandingkan dengan bahasa inggris yang sering dilafalkan oleh Justin Bieber, Lady Gaga, Katy Perry, Taylor Swift, Tom Hanks, Tom Cruise, Bradd Pitt, Angelina Jolie, dan teman-temannya :D.

Dan karena memang sudah kecanduan ngoding dari SMA, orang-orang yang masuk dalam kategori ini biasanya nggak akan ragu lagi untuk menjadikan T.Informatika sebagai tambatan hatinya jurusan pilihannya ketika lulus SMA.

  • Passing grade-nya paling tinggi

Meskipun jurusan dengan passing grade paling tinggi belum tentu menghasilkan output dengan kemampuan yang sama tingginya, toh nyatanya banyak juga teman saya yang mempunyai alasan seperti ini dulu ketika memilih Teknik Informatika.

  • Ingin bikin game

Pernah main game dan dibuat ketagihan olehnya sampai akhirnya penasaran bagaimana cara membuatnya? Itulah yang dirasakan oleh sebagian teman saya yang memutuskan memilih Teknik Informatika sebagai jalan hidupnya 🙂

  • Ingin berbakti kepada orang tua

Layaknya kisah hidup Farhan dalam film 3 idiots, begitulah nasib sebagian teman saya yang rela mengorbankan impiannya sendiri demi memenuhi keinginan orang tuanya untuk masuk di Teknik Informatika.

  • Ingin belajar photoshop, corel, dan teman-temannya

Kalau Anda pernah berpikir bahwa di Teknik Informatika itu kita akan diajarkan cara menggunakan photoshop, corel, dan teman-temannya senasib sepenangungan. Mulai sekarang ubah mindset itu, kawan.

Di Teknik Informatika kita itu nggak diajari cara menggunakan software, tapi cara bikin software. 🙂

  • Iseng-iseng aja

S : “Mengapa kamu dulu milih teknik informatika ITS waktu SNMPTN?”

R : “Iseng aja, soalnya sebelum waktu SNMPTN tiba, sebenarnya aku udah diterima di T.Industri lewat PMDK. Tapi karena aku ngerasa nggak ada kerjaan, daripada nganggur, ya aku coba-coba aja ikut SNMPTN dan milih jurusan ini, eh ternyata bisa masuk. 😀 “

begitulah, percakapan singkat saya dengan seorang teman satu angkatan yang merupakan lulusan SMA Negeri 2 Surabaya. 🙂

  • Nggak kesampaian jadi dokter

Nggak ada kedokteran, Teknik Informatika pun jadi. Begitulah alasan beberapa teman saya satu jurusan yang aslinya punya obsesi untuk masuk ke jurusan kedokteran yang memang selalu jadi idaman.

  • Cinta matematika

Ternyata ada juga ya, yang punya alasan cinta matematika di zaman seperti ini. 😀

Padahal seperti yang kita tahu, tayangan televisi sekarang kan semakin banyak dihiasi oleh kisah-kisah “cinta”. Sebut saja Cinta Fitri, Cinta Nurmala, Cinta Kamila, dan cinta-cinta lain yang sepertinya tidak akan pernah ada habisnya jika saya tuliskan satu per satu di postingan ini. :mrgreen:

Itu tadi beberapa diantara alasan mengapa teman-teman saya satu jurusan dulu memilih Teknik Informatika. Sebenarnya masih ada banyak alasan yang lain. Tapi saya rasa cukup itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sama dengan teman-teman saya? 😀

58 thoughts on “Memilih Teknik Informatika Karena…

  1. saiful basuki

    Kak aku kurang suka dengan rumus matematika tetapi sering ngerjain soal matematika dengan logika sendiri dan aku juga senang mengoprek hp buat di costum rom nya…. Apakah saya pantas masuk jurusan teknik informatika?

  2. Victor Chandra

    Skrg aku kelas 10 SMA IPA, awalnya pengen msuk SMK tp kurang tertarik.
    Dulu smp hobiku suka ngotak ngatik web, cri” cara bikin game, cara bikin aplikasi, dll, tp msih blm tau tntg bahasa pemrogaman.
    Wktu kls 9 ak gtw klo ad jurusan teknik informatika, pas dgr” dri tmn tntg t informatika, ak berniat msuk MIPA. Matematika dan fisika ku msh dibwh rata”. krn t informatika, ak jd semangat bljr mtk, fisika msh kurang, msh pusing soalny :v.
    ak brtekad msuk t informatika nntiny, tp msh kurang pede. Jadi ak cocok gk msuk t informatika?

    Trims jawabannya

  3. nova transilia

    Kak, kalo gak terlalu suka matematika sama fisika kesasar gaksih masuk jurusan ini? Terlanjur masuk, tapi dipoliteknik 😷

  4. adi

    kak aku mau tanya bagaimana bisa beda , kan semua makul sama” memiliki keuntungan masing”?
    dan aku gak pinter program tapi mau bikin program aku harus bagaimana kak?

  5. Fathoni

    Bro aku lulusan IPS di SMA bisa masuk ngak ya di teknik informatika?? Tapi suka iseng ngubah setingan wifi, pernah programnya aku bikin error di komputer tapi ngak bisa perbaikinya.

    1. Belajar yang rajin + banyak berdoa. Klise sih. Tapi emang nggak trik khusus kok.

      Kalau mau masuk lewat SBMPTN, sering-sering latihan soal. Karena kualitas soal dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda.

  6. Rifa Azahra

    Kak, aku masih kelas 10 sma tapi aku udah tertarik banget sama pemrograman. sampe sama guru ditunjuk buat wakilin kabupaten ikut osn informatika. aku udah sedikit tau bahasa pemrograman kayak pascal,algoritma,tipe data sama perulangan dan syukur masuk 20 besar sekabupaten. tapi nilai matematika sama fisika standart kak. kira kira aku pantes gak ambil Teknik informatika? terus bisa rekomendasi ptn yang informatikanya bagus gak kak? aku tertarik banget tapi cuma agak gak pantes aja karna nilai matematika standar banget. tolong dijawab ya kak.

    1. Hai, Rifa.

      Kalau kamu masih kelas X dan sudah pernah ikut OSN Komputer, itu keren banget. Karena nggak banyak anak SMA yang kenal dengan pemrograman.

      Kalau memang kamu kurang pede dengan nilai kamu, mending kamu fokus meningkatkan skill pemrograman kamu. Syukur-syukur kalau bisa juara OSN Komputer tingkat nasional. Kalau punya sertifikat juara OSN tingkat nasional, besar kemungkinan kamu akan diterima di kampus negeri. Meski nilai di rapor standar.

      Yang paling bagus sih setahuku UI, ITB, ITS, dan UGM. Setelah itu IPB dan UB.

  7. Mas, kalo kita sekarang sekolah di SMK trus ngambil jurusan TKJ , saya suka mengoprek oprek hardware dan software dan saya juga pernah mempelajari tentang code2 html dan css, tapi saya tidak terlalu suka dengan pelajaran rpl saya lebih suka jaringan, hardware, dan software tapi saya juga suka matematika, cocoknya masuk jurusan apa ya? saya bingung nanti kuliah masuk jurusan apa, rencana saya daftar di Unpad, minta sarannya ya mas , thanks

  8. Dhimas Dirgantara

    Abang abangnya, jadi mungkin saya bukan anak yang paling pinter di kelas tahun ajaran kemarin karna selalu tertinggal jauh sama orang orang lain nilainya, tp saya keterima jurusan teknik informatika di trisakti lewat jalur rapot, sebelumnya emang gak banyak tau tentang jurusan ini tapi saya selalu ada rasa ingin tau buat bikin software dikomputer gitu
    Cocok gak ? Terus untuk trisakti TInya menurut abangnya gimana?

  9. Dharmawan

    saya baru lulus sbmptn 2014 TI ITS.
    saya nyari its modal cuma suka matematika. dan pengen bisa buat game atau aplikasi. aplikasi terutama buat anak2 kecil yg baru belajar. dan juga mau buat aplikasi yg bisa menggantikan peran buku dlm arti sesungguhnya. maksudnya biar gak ada make buku lagi tapi beralih ke gadget. lebih ringan, simple, n stop global warming.
    kira2 cocok gak kalo saya lanjutkan daftar ulang? yah walaupun gak tau apa soal pemprograman.

    1. Suka matematika + punya cita-cita buat bikin program = cocok banget.

      Soal pemrograman ntar bakal diajari mulai dasar kok. Tenang aja. Selama ada kemauan, pasti ada jalan.

  10. aku mau tanya kak, saya baru kelas 2 sma, saya ingin masuk Teknik Informatika tapi sayangnya saya kurang tahu bahasa2 pemrograman gitu kak,tapi juga saya suka bermain aplikasi/game di leptop. dan katanya kalau masuk Tek.Infor harus bisa Mtk n Fisika dan nilaiku itu standart. jadi apakah saya cocok masuk teknik informatika kak???

    1. Sebenarnya gak harus tahu bahasa pemrograman kok. Yang penting kamu punya ketertarikan yang sangat kuat untuk mempelajari pemrograman. Kalau masalah nilai yang pas-pasan, bisa coba tes tulis (SBMPTN) 😀

  11. ka, boleh cerita sama minta pendapat? 😀
    aku skr udah kelas 3, bulan2 ini kan udah ada pendaftaran snmptn kan. dari smp aku udah tertarik sama program2 gitu, trs udah biasa browsing2 buat coba2 sendiri. pas masuk sma kakak aku masuk kuliah nah jurusannya teknik informatika, lah karena itu aku jadi minat juga sama teknik informatika. dari kelas 1 sma aku cuma setia sama ekskul tik soalnya udah diajarin coding dikit2. pilihan jurusan yg ada di pikiranku skr juga cuma teknik informatika, gatau mau ngisi apa buat pilihan 2 & 3 nya. tapi masalahnya skr, nilai matematikaku standar, fisikaku juga demikian -_- denger2 sih kalo teknik pas snmptn liat matematika sama fisika, kalo mau benerin nilai2ku udah telat banget kan orang skr udah semester 6 😮 trs abis baca2 postingan kakak yg seputar teknik informatika, aku jadi agak tergoyahkan buat milih teknik informatika. jadi menurut kakak bagaimana? 😮

    1. Wah, asik tuh kalau sudah pernah kenal pemrograman sebelumnya. Saya dulu nggak tahu malah ntar di teknik informatika bakal diajarin apa. 😀 (jangan dicontoh)

      Ngomong-ngomong, tergoyahkan kenapa?

      Kalau memang sudah yakin passion kamu di IT, atau minimal kamu punya minat dan bakat di bidang IT, ya sudah, pilih teknik informatika atau sistem informasi.

      Untuk pilihan jurusan yang lain, coba kamu postingan saya yang ini >> https://kamuitubeda.wordpress.com/2013/05/08/pentingnya-mengetahui-karakter/

    2. “tapi masalahnya skr, nilai matematikaku standar, fisikaku juga demikian -_- denger2 sih kalo teknik pas snmptn liat matematika sama fisika, kalo mau benerin nilai2ku udah telat banget kan orang skr udah semester 6 😮 trs abis baca2 postingan kakak yg seputar teknik informatika, aku jadi agak tergoyahkan buat milih teknik informatika.”

      sama aku juga kurang di matematika dan fisika waktu SMA, tapi jujur disini enak kok dan kamu akan cepat paham (tergantung kamu mau belajar)

  12. kak,mau tanya nih.saya kan sekarang udah 2sma.dan lagi mau buletin tekat untuk masuk ke teknik informatika. kalau alasan saya sendiri buat masuk jurusan ini,mungkin saya sangat tertarik sama dunia hacker ka jadi gimana nih ka.cocok ga kalau ke teknik informatika? masih rada2 galau nih ka,padahal udh 2014.hahaha

    1. kalau mau jadi hacker, gak usah susah-susah masuk teknik informatika juga bisa.

      lagian, kuliah di teknik informatika juga nggak diajari teknik hacking kok. paling cuma diajari tentang keamanan jaringan saja. itu pun kalau kita memilih peminatan di bidang jaringan.

      kalau memang minat jadi hacker, coba gabung forum-forum hacker saja. banyak kok. cari saja.

      Kalau memang minat kamu paling besar di bidang IT, ya sebaiknya pilih jurusan yang terkait IT: Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan semacamnya.

      Kenali diri dulu, baru kenali jurusan yang sesuai dengan minat bakat kita.

      1. Teknik Informatika bisa. Ntar ambil peminatan jaringan.

        Jadi, di teknik informatika (di ITS) itu ada 3 peminatan: rekayasa perangkat lunak, komputasi cerdas, dan komputasi berbasis jaringan.

        Kalau mau ahli di bidang jaringan, ambilnya yang terakhir.

  13. Kak minta sarannya.. jujur aku pingin masuk Teknik Informatika, alasan aku pingin masuk teknik informatika itu: aku suka yang berhubungan sama komputer. suka iseng2 bikinin web yg gratisan, kadang suka ngehayal pingin bikin game / aplikasi.. terus aku suka pelajaran matem dan fisika.. tapi sayangnya aku ini ngga pernah coba coding ato apa lah itu, aku kurang paham tentang bahasa pemrogramman..
    menurut kak Ahsan gimana? aku cocok masuk IT ngga? atau ada saran lain?
    Oya Kak IT ngga mesti anak cowo kan? hhe
    makasih Kak.. blognya sangat bermanfaat (y)

    1. Wah, kalau sudah punya gambaran yg jelas seperti itu sih gak usah ragu lagi. Pilih teknik informatika aja. 😀

      Yang penting tetap dijaga aja semangatnya waktu kuliah.

      Nggak kok. Di Teknik informatika ceweknya juga lumayan. Lumayan sedikit maksudnya 😀

      Rasio jumlah mahasiswa dan mahasiswinya sekitar 3 : 1 lah.

      1. masih agak sedikit ragu Kak, soalnya aku kurang tau bahasa pemrograman hehe, sama bingung mau Univ mana Kak 😀
        kalo mau masuk IT jalur snmptn yang diliat nilai apa aja ya Kak?

  14. Harry

    Saya dari dulu pingin masuk infor, karena saya punya mimpi membuat applikasi sejenis Siri yg ada di produk apple..:D bisa to kak?

  15. funma

    kalo sy sih, awalnya karna gatau mo kuliah apa, tapi ada minat ke suatu jurusan
    tapi karna ingin ngebahagiain ortu, sy jadi pilih ini

    tapi akhirnya saya seperti terseok – seok blajarnya, lbh susah dari daki gunung everest 😦
    dan sy pilih bertahan, karna sy lbh gamau kalo pindah jurusan
    entah gimana dgn halangan di depan, gatau masih bisa tahan ato gak

  16. ivan9aks

    Kalau saya mau masuk teknik informatika karena ingin buat game. Sampai sampai saya belajar bahasa c dan 3d modeling secara otodidak (kalau 3d udah dari smp. Tapi kalau c baru waktu sma kelas satu).

    Saya juga ingin buat game engine open source soalnya saya sudah muak sama game engine berbayar. (seperti game maker, unity, sama cryengine)

    1. Wah, kalau udah kayak gini sih memang sudah jiwa-jiwa teknik informatika. Cocok banget kalau masuk teknik informatika. Pengetahuan tentang teknik informatika sudah banyak. 😀

      Semoga sukses! 🙂

  17. kalo saya suka banget yg berbau-bau program, software, dsb. tp saya sama sekali ga ngerti bahasa pemrograman. python aja ga paham sama sekali. kalo misal mau masuk di t.informatika gimana ya bang? ngesupport gak tuh?

    1. Wah, kalau cuma modal suka utak atik program sih kurang. Saya dulu juga gitu. Memutuskan milih informatika gara-gara tertarik dengan komputer.

      Dan akhirnya begitu ketemu dengan pemrograman, akhirnya saya agak shock. (agak lebay sih)

      Tapi memang gak kebayang sebelumnya kalau di teknik informatika itu saya bakal berkenanalan dengan pemrograman. Kalau memang sudah pernah berkenalan dengan pemrograman sebelumnya, mestinya akan lebih mudah dalam menentukan pilihan, karena hampir 70% materi di teknik informatika itu tentang pemrograman. 🙂

      Jadi, kalau memang kurang suka pemrograman, sebaiknya pikir-pikir lagi kalau mau memilih informatika.

    1. Maka dari itu, seperti yang sering saya tuliskan di sini, memilih jurusan itu sebaiknya didasari oleh pengetahuan tentang passion, bakat, dan minat. Tanpa itu semua, memilih jurusan apa saja tidak akan ada bedanya.

      Semangat, mbak!
      Semoga sukses dan cepat selesai skripsinya 🙂

  18. Kalau saya pengen ngelanjutin om Steve Jobs dan Linus Torvald mengembangkan Machintosh dan Linuxnya (kata lain jadi software developer), kasian mereka kan sudah tua.

  19. agit

    klo saya masuk informatika karena
    – semangat jika belajar yang berbau komputer, bukan bau mesinnya ya . zzzzz
    – pengn bikin2 software yang di jual sana sini
    – pngn buka bisnis di bidang IT .
    mari sesama geneasi muda saling mendoakan yia mabrow .
    😀

  20. boon

    Bener bro,, Gwa suka statement lo, di informatics g bakalan diajarin How to use software tapi diajarin How to make software.

    Buat adek2 yg mau ngambil jurusan ini hati2, disini g ada yg namanya Desain Grafis sama Hardware, jangan sampe salah jalan apalagi salah jurusan 🙂

    1. Pastinya dong 🙂
      Iya, buat teman-teman yang ingin memilih jurusan Teknik Informatika.

      Mending pikir-pikir dulu deh. Daripada ntar nyesel kalau sudah masuk 😀

Ada komentar?

