Tips Sukses SBMPTN

Karena saya dulu pernah punya pengalaman yang mengesankan ketika mengikuti tes yang satu ini. Jadi, saya merasa punya tanggung jawab untuk memberi masukan kepada teman-teman yang ingin mengikutinya.

Ok, tanpa banyak basa-basi lagi. Berikut ini hal-hal yang perlu teman-teman persiapkan dan perhatikan sebelum teman-teman mengikuti tes SBMPTN :

  1. Perbanyaklah latihan soal-soal dari soal-soal tahun sebelumnya. Karena kualitas soal SBMPTN dari tahun ke tahun relatif sama dan tidak mengalami perubahan yang signifikan.
  2. Tingkatkan kualitas dan kuantitas belajar sejak dini. Jika teman-teman sekarang masih belum bisa serius belajar, coba ubah cara belajar atau suasana belajar teman-teman. Karena tidak menutup kemungkinan cara belajar yang kurang tepat atau lingkungan tempat belajar yang kurang mendukung lah yang membuat teman-teman tidak bisa serius belajar.
  3. Jangan mudah menyerah. Ketika teman-teman merasa kesulitan dalam mengerjakan suatu soal, jangan langsung teman-teman buka kunci jawabannya. Coba pikirkan dulu, siapa tahu masih ada cara lain. Kalau masih buntu, jangan dibuka dulu kunci jawabannya. Tanyakan cara pengerjaannya pada teman atau guru teman-teman yang memang berkompeten di bidang itu.Β  Ingat. Tanyakan cara pengerjaannya, bukan jawabannya lho ya :). Semakin jarang teman-teman membuka kunci jawaban, semakin siap teman-teman menghadapi SBMPTN, kawan.
  4. Mulai sekarang, biasakan mengerjakan soal dengan batasan waktu tertentu. Karena tidak jarang banyak peserta mengeluh kehabisan waktu saat ujian. Tentu teman-teman tidak ingin merasakan hal yang seperti itu, kan? Dengan membiasakan diri mengerjakan soal dalam jangka waktu tertentu, maka kita akan terbiasa berada dalam keadaan tertekan. Dan akhirnya, kita pun dapat meningkatkan kecepatan dalam mengerjakan suatu soal. Untuk secara teknisnya, terserah teman-teman,Β  bisa dilakukan sendiri di rumah, bisa juga dengan cara mengikuti try out-try out yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga pendidikan yang ada di sekitar tempat tinggal teman-teman.
  5. Ketika teman-teman punya uang lebih, tidak ada salahnya untuk mengikuti program intensif yang diadakan oleh beberapa LBB di daerah teman-teman. Karena hal ini membantu dan mempermudah teman-teman dalam mereview pelajaran-pelajaran pada waktu kelas X dan juga XI. Karena, tidak jarang kita akan lupa akan pelajaran-pelajaran tahun sebelumnya atau bahkan tidak bisa mengerjakan soal yang berhubungan dengan pelajaran yang ada di tahun sebelum-sebelumnya.
  6. Kalau memang tidak punya cukup biaya, belajar bersama dengan teman-teman satu kelas bisa dijadikan alternatif penggantinya.
  7. Selanjutnya, coba cari saingan atau motivasi lain untuk meningkatkan semangat belajar Anda. Selain saingan, motivasi dari orang tua maupun orang lain yang Anda cintai juga bisa dijadikan penyemangat yang efektif kok :).
  8. Jika teman-teman sekarang sedang pacaran, saya sarankan teman-teman untuk bilang ke pasangan teman-teman untuk puasa dari kegiatan pacaran selama 1-2 bulan saja sampai SBMPTN selesai. Mungkin ini akan terasa berat, namun ini akan semakin meningkatkan konsentrasi dan keseriusan anda dalam belajar karena tidak jarang pacar teman-teman akan mengganggu konsentrasi belajar anda. Namun, jika si doi tetap tidak mau mengerti dan tidak mau memenuhi permintaan teman-teman, cobalah minta waktu 1-3 jam setiap harinya untuk belajar dengan serius tanpa ada yang mengganggu konsentrasi teman-teman.
  9. Jika teman-teman hobi bermain game, mulai sekarang kurangi waktu bermain teman-teman atau kalau bisa berhentilah sepenuhnya dari aktivitas nge-game sampai SBMPTN selesai dilaksankan.
  10. Jauhi hal-hal yang berbau pornografi. Karena sekali saja kita terjerumus ke dalamnya, pikiran kita akan selalu terbayang-bayang olehnya dan waktu kita akan banyak anda habiskan untuk melamun dan memikirkan hal yang berhubungan dengan itu saja. Dan akhirnya waktu belajar kita pun akan terbuang dengan sia-sia. Sayang banget kan?
  11. Jauhi minuman keras dan juga Narkoba. Telah kita ketahui bersama bahwa kedua benda ini sangat berbahaya bagi pikiran kita. Lagipula Miras dan juga Narkoba tidaklah memberi manfaat sama sekali pada kita. Bahkan sebaliknya, kedua benda ini akan merusak jaringan saraf kita. Dan yang lebih berbahaya lagi, kedua benda ini dapat membuat kita meninggal seketika (OD).
  12. Setelah persiapan belajar kita sudah selesai, jangan lupa survei dan melihat lokasi tempat ujian teman-teman. Tentu teman-teman tidak mau gagal hanya karena tidak tahu tempat ujiannya bukan?
  13. Jangan lupa persiapkan semua yang dibutuhkan ketika ujian. Jangan sampai teman-teman tidak lulus hanya karena lupa membawa kartu peserta ujian.
  14. Coba cari tempat tinggal (kos) sementara untuk beberapa hari selama ujian di sekitar tempat ujian teman-teman. Sehingga teman-teman tidak kesulitan untuk pergi ke tempat ujian teman-teman. Coba bayangkan, jika tempat tinggal Anda lumayan jauh dari tempat ujian, tentu akan butuh banyak waktu untuk dapat sampai di tempat ujian. Belum lagi jika Anda akhirnya terjebak kemacetan jalan atau bahkan kendaraan Anda mogok di jalan. Tentu sangat mengganggu dan menghabiskan waktu, bukan?
  15. Ketika ujian semakin dekat, jangan belajar dengan sangat keras karena hal ini akan semakin membuat otak anda jenuh dan tertekan. Dan akhirnya pada hari pelaksanaan ujian, Anda pun tidak akan bisa berpikir dengan tenang dan hasil yang Anda peroleh tidak akan maksimal.
  16. Oh iya, jangan lupa bawa jam tangan. Karena berdasarkan pengalaman saya, tidak jarang ada ruang ujian yang tidak mempunyai jam dinding. Apalagi ketika ujian sedang berlangsung, kebanyakan peserta ujian akan lupa waktu dan akhirnya tidak sedikit dari mereka yang gagal hanya karena tidak sadar akan lama waktu ujian.
  17. Ketika mengerjakan soal, jangan terpaku pada satu mata pelajaran tertentu. Kebanyakan anak yang sangat fanatik dengan suatu mata pelajaran pasti akan keasyikan dan lupa waktu kalau sedang mengerjakan soal-soal mengenai pelajaran yang disukainya. Dan akhirnya, ketika dia selesai mengerjakan semua soal mengenai pelajaran yang disukainya, waktu ujian pun hanya tersisa beberapa menit saja. Itulah yang seringkali terjadi di lapangan. Makanya, saran saya, jangan terlalu idealis kalau sudah waktunya ujian πŸ™‚
  18. Terakhir, Jangan lupa minta do’a restu kedua orang tua dan jangan lupa berdo’a dulu sebelum mengerjakan soal ya πŸ˜€

Demikian, sedikit masukan yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat dan semoga bisa membantu teman-teman. Khususnya yang ingin mengikuti tes SBMPTN beberapa bulan ke depan.

Tes SBMPTN itu nggak sesulit yang dibayangkan kok. Asal kita mau serius, tekun, dan realistis. InsyaAllah kita bisa lulus SBMPTN.

PS : Saya dulu ikut tes tulis pada tahun 2008. Jadi, kalau ada beberapa masukan saya yang sudah tidak relevan lagi dengan keadaan sekarang mohon dikoreksi, ya? πŸ˜€

Advertisements

13 thoughts on “Tips Sukses SBMPTN

  1. luluk

    jadi inget tes tahun kemarin. keadaan gak fit soalnya (maaf) perut mules. dan aq tahan sampai tes selesai πŸ˜€ gak nyangka Alhamdulillah diterima. pdhl jawaban jd agak ngawur dan aq serahin semuanya sama Allah. tapi tahun ini aq mau coba ikut lagi.. doakan berhasil ya πŸ˜€

  2. kalo ane bole nambahin.. satu yang ampuh untuk menjaga konsentrasi dan menjaga semangat pas ngerjain soal adalah afirmasi.. di belakang kartu peserta ane dulu ane tuliskan ‘Mahasiswa ITS’.. hehe.. akhirnya ane gak nyangka bisa tembus pilihan pertama itu.. πŸ˜€

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s