Tentang Studi ke Luar Negeri

Study abroad is not option, it is obligation. Studi ke luar negeri itu bukan pilihan, tapi kewajiban,” seru Pak Ketut Buda (Ketua international office ITS) meyakinkan para peserta seminar ISD (International Scholarship Day) yang diselenggarakan oleh BE-LM FTSP ITS hari ini tadi.

Karena memang sudah lama menunggu acara-acara semacam ini di ITS, tanpa banyak pikir lagi saya langsung mendaftarkan diri ketika tahu ada acara seminar tentang studi ke luar negeri.

Ya, meskipun secara normal masa aktif saya di ITS masih tersisa 1 tahun lebih. Setidaknya dengan hadir dalam acara-acara semacam ini saya dapat memperoleh banyak pengetahuan tentang beasiswa ke luar negeri. Baik itu mekanisme pengajuannya, persyaratannya, ataupun hal-hal lain yang masih seputar pengajuan beasiswa ke luar negeri.

Dan akhirnya, harapan saya untuk mendapatkan informasi yang cukup mengani beasiswa ke luar negeri terbayar lunas oleh penjelasan para pemateri ISD BE-LM FTSP ITS yang berasal dari International Office ITS, DAAD (Jerman), Neso (Belanda), AMINEF (USA), IDP (Australia), Konsulat Jenderal Jepang, dan NIS (Malaysia + Belanda) pada hari ini.

Dan tidak sampai di situ saja, di akhir acara juga ada sharing pengalaman yang cukup menarik dari Mbak Vega (T.Lingkungan 2006) yang sempat double degree ke Belanda. Dan juga sharing pengalaman dari Pak Kriyo Sambodho (Dosen T.Kelautan ITS) yang sempat “mbolang” ke negeri matahari terbit selama hampir 9 tahun.

Berikut ini beberapa pelajaran yang saya dapatkan dari acara ISD :

  1. Hampir semua beasiswa studi ke luar negeri itu mencantumkan persyaratan TOEFL 550 ke atas. Jadi, buat Anda yang berniat melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih belum mencapai tingkat tersebut, segera upgrade kemampuan B.Inggris Anda sebelum menyesal di kemudian hari. (it’s like note to myself :))
  2. Kuliah di luar negeri itu tidak hanya melulu soal kualitas pembelajaran. Tapi soal pengalaman. Karena pengalaman belajar di luar negeri tidak akan pernah kita dapatkan ketika hanya studi di negeri sendiri.
  3. Networking. Itulah salah satu manfaat paling besar ketika kita pernah studi ke luar negeri. Semakin banyak negara yang kita tempati untuk studi, semakin banyak professor yang kita kenal. Dan hal itu akan sangat bermanfaat ketika kita sudah kembali ke negeri yang (konon katanya) gemah ripah loh jinawi ini.
  4. Mencari info beasiswa ke luar negeri itu mudah. Tapi mendapatkan beasiswa ke luar negeri itu nggak mudah. ๐Ÿ˜€
  5. Jika Anda ingin susah-susah dalam mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri. Saya sarankan Anda menjadi dosen. Karena banyak sekali tawaran beasiswa melanjutkan studi ke luar negeri untuk dosen.
  6. Jika Anda ingin menetap di luar negeri untuk jangka waktu yang lumayan lama (lebih dari 2 tahun). Akan lebih aman dan nyaman jika sebelum berangkat Anda sudah punya gandengan (istri atau suami, red). Karena di luar negeri sana akan ada banyak sekali godaan. (based on Mr. Kriyo Sambodho’s statement :D)
  7. Open minded, high and sustain motivation, foreign language profiency, attitude, self-dicipline, never stop trying and looking something new, start making contact to overseas adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sejak dini jika kita memang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. (based on Mr. Ketut Buda’s statement)

 

Demikian sekelumit kisah kasih di sekolah pengalaman saya setelah mengikuti ISD (International Scholarship Day) BE-LM FTSP ITS hari ini.

Semoga bermanfaat. Dan semoga bisa memotivasi kita semua untukย  melanjutkan studi ke luar negeri.

– Because study abroad is not an option, but an obligation.

Advertisements

6 thoughts on “Tentang Studi ke Luar Negeri

    1. Haha, komen e nice info, tapi emot e nyesel ngunu ๐Ÿ˜€

      Sabar Mi, ntar kita bikin acara sendiri aja di TC…
      Dengan mengundang perwakilan dari erasmus mundus jg kalau bisa. ๐Ÿ™‚

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s