Teknik Informatika vs Sistem Informasi?

Sebenarnya lebih bagus mana sih, Teknik Informatika atau Sistem Informasi?

Kalau pertanyaan ini Anda ajukan kepada dukun dan ahli nujum para mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Lebih dari 90% diantaranya saya jamin akan menjawab “Lebih bagus Teknik Informatika pastinya.”

Begitu pula jika Anda tanya kepada pak polisi lalu lintas mahasiswa Sistem Informasi. Lebih dari 90% diantaranya pasti akan menjawab, “Lebih bagus Sistem Informasi lah.”


Dan kalau Anda mengajukan pertanyaan yang sama kepada saya. Saya akan menjawab, “Relatif, karena di dunia ini nggak akan ada jurusan yang baik (baca : tepat) untuk semua orang. Yang ada hanyalah jurusan yang baik (baca : tepat) untuk sebagian orang. Bagi mereka yang lebih suka programming, Teknik Informatika tentu akan lebih tepat baginya. Tapi bagi mereka yang lebih suka mempelajari penguasaan dan manajemen produk teknologi informasi. Ditambah lagi nggak seberapa suka untuk bereksplorasi dengan pemrograman dan algoritma. Jurusan Sistem Informasi tentu lebih tepat untuknya”

Dan bagi saya pribadi, membandingkan teknik informatika dengan sistem informasi itu layaknya membandingkan susu dengan roti. Sampai kapanpun gak akan ada konklusi.

Karena bagi yang sedang lapar, tentu akan lebih memilih roti. Begitu pula, mereka yang sedang haus dan juga tersedak, pasti akan lebih memilih susu daripada roti.


Idealnya, membandingkan teknik informatika ya dengan sesama teknik informatika. Kalau meminjam istilah salah seorang dosen favorit saya, Pak Suhadi, “compare apple with apple“.


Menurut saya, semua jurusan itu sama baiknya. Asalkan jurusan tersebut sesuai dengan minat kita dan kita ikhlas dalam memilih dan menjalaninya.

Karena sebaik apapun jurusannya kalau kita sendiri nggak ikhlas dalam menjalani kuliahnya ya nggak akan menghasilkan apa-apa selain mengeluh dan merasa terbebani dengannya.


Bagi teman-teman yang masih bingung mau memilih apa selepas SMA nanti, silakan konsultasi kepada guru BP atau bisa juga dengan mengevaluasi diri kalian sendiri. Sebenarnya apa yang menjadi minat dan bakat kalian?

Intinya, kalau milih jurusan, jangan asal lihat passing grade-nya. Tapi juga lihat, apakah jurusan yang kita pilih sesuai dengan minat dan bakat kita?

Selain itu, pikirkan juga kondisi finansial keluarga, ketersediaan beasiswa, lokasi dan lingkungan kuliah kita. Ditambah lagi jangan sekali-kali asal mengikuti pilihan teman kita. Kalau kebetulan teman kita punya minat dan bakat yang sama sih nggak jadi masalah. Tapi kalau nggak? bisa dipastikan akan banyak sekali masalah yang akan kalian hadapi selama kuliah.

Oh iya, jangan lupa minta arahan kepada kenalan yang sudah kuliah juga. Karena impian dan harapan tidak selalu sesuai dengan realita di lapangan. Bisa saja, jurusan yang pada waktu SMA kalian anggap mudah ternyata malah jurusan yang paling susah bagi mereka yang sudah kuliah.

Dan yang nggak kalah penting dari itu semua, jangan lupa minta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa. Karena semua yang terjadi di dunia nggak akan pernah terlepas dari kuasa-Nya.


Kalau sedang berdoa, jangan berdoa untuk dimasukkan ke jurusan B atau ke jurusan A. Tapi berdoalah agar dimasukkan ke jurusan yang tepat untuk kalian ke depannya. Supaya nantinya kalau memang ternyata kalian nggak bisa masuk ke jurusan yang merupakan jurusan impian kalian, kalian nggak kecewa. Karena sejak awal kalian sudah punya prinsip, “seindah-indahnya rencana kita, masih lebih indah rencana-Nya untuk kita“.


Oh iya, kalau misalnya kalian punya minat dan bakat di dunia Teknologi Informasi tapi bingung mau memilih jurusan apa. Karena di sana ada beberapa pilihan jurusan. Mulai Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, dan juga Sistem Informasi. Saya sarankan kalian membaca bukunya Pak Romi Satrio Wahono yang berjudul, “Dapat Apa Sih dari Universitas?“. Karena di sana dijelaskan secara rinci apa sih perbedaan jurusan-jurusan yang telah saya sebutkan di atas.

Direkomendasikan untuk peminat jurusan IT



Terakhir dari saya,

Yang terpenting bukanlah jurusannya, tapi apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat setelah lulus nantinya. Karena mahasiswa yang paling baik bukanlah mahasiswa di kampus yang paling tinggi passing grade-nya. Tapi mahasiswa paling baik adalah yang paling bisa memberi manfaat bagi sesama. 🙂

89 thoughts on “Teknik Informatika vs Sistem Informasi?

  1. kevin

    apakah saya boleh bertanya begini saya suka sama komputer terus codding suka ngotak ngatik programm tapi ane ga jago mat gan… mending masuk si/ti gan bingung

  2. linda natsuki

    Kak, bole nanya. Apakah Anak jurusan ipa bisa ngambil SI ? . Dan apakah anak jurusan ips gx bisa masuk jurusan TI .
    Jujur sy masi bingung mau ambil jurusan si atau ti. Adakah saran buat sy.

    1. Setahuku SI memang untuk anak IPA, meskipun ada juga sedikit yang IPS. Kalau teknik informatika tergantung kampusnya. Tapi kebanyakan sih nggak bisa. Kalaupun bisa, persaingannya untuk masuk bakalan susah. Soalnya harus saingan sama anak IPA.

    2. sony

      ipa bisa ko masuk si saran ini pengalaman saya,klo kamu suka kaya kodingan misalkan program cobol,qbasic itu di jurusan sistem informasi emang sih agak susah tapi lebih susah it

    3. sony

      @ linda natsuki kalo mau sebelum mengambil keputusan mau ngambil jurusan si atau it di pelajarin dulu biar supaya ga bingung nantinya

  3. assalamualaikum . wr wb ..
    saya terinspirasi dengan blog kamuitubeda.com , alhamdulillah 🙂

    sedikit saya masih bingung , mau masuk jurusan informatika , tetapi lewat SBMPTN , nah anehnya saya sedang di sma jurusan ips , lalu untuk lulus SBMPTN dengan baik , saya harus belajar mapel apa??

    saya suka linux , belajar php , html . python 🙂 , krng fokus nilai raport jd jelek semua , dan ga mau lewat SNMPTN 😀

    thx

  4. ahmad

    Om dikota saya ada univ yg didalamnya memiliki SI dan TI..nah yg TI itu akreditasinya masih C, trs yg SI B..apakah akre. C jadi tolak ukur ?? Mending pilih mana ya??

    Thanks

    1. Setahuku di UNDIP sama UNS belum ada S1 teknik informatika. Di UNS adanya D3, di UNDIP adanya Sistem Komputer.

      Kalau memang mau mendalami pembuatan komputer sih bisa masuk UNDIP. Tapi kalau belajar bikin software, mending ke UNS, meskipun D3.

  5. ray

    Kak saya mau minta solusinya nih, jujur saya sangat bingung, saya lebih suka pemrogramman. jadi saya sebelum masuk universitas saya sedikit belajar2 sedikit dari buku dan mempelajari huruf2 pemrograman dari buku. Pas saya daftar ke universitas (maaf saya ga bisa sebut nama universitasnya) saya mau mengambil jurusan IT tapi kata pihak universitasnya saya ga bisa mengambil jurusan IT di karenakan saya pass SMA jurusan IPS jadi saya mau ga mau masuk ke SI. Jadi apa percuma saya belajar sedikit2 dari buku tentang pemrograman karena saya ga bisa masuk ke IT karena jurusan saya di sma IPS. Tolong pencerahannya 🙂
    Trimakasi

    1. Sebenarnya SI dan Teknik Informatika tidak jauh berbeda. Si dan Teknik Informatika sama-sama ada materi pemrograman. Bedanya, di Teknik Informatika materi pemrogramannya lebih banyak. Gitu aja sebenarnya.

  6. uli simarmata

    Kak aq mw nanya nih aku baru daftar jurusan Ti tapi setelah aq baca2 aq lebih suka si itu bagaimana ya kk
    Itu bisa di ganti jurusan ya apa kagak

    1. Kalau pindah jurusan itu tergantung kampus. Di beberapa kampus, pindah jurusan itu dimungkinkan selama masih 1 fakultas. Di beberapa kampus yang lain malah boleh lintas fakultas karena materi semester 1-2 di semua jurusan sama. Jadi kalau memang mau pindah jurusan, sebaiknya kamu tanyakan langsung ke dosen wali kamu, apakah memungkinkan untuk pindah jurusan tanpa harus mengulang mata kuliah di kampus kamu.

  7. Ros

    Skill abang bisa apa aja skrng, manfaatny mengalir ke saya mudah2xan biar bisa naik haji hehehe, oh iya aplikasi abang aplikasi android ada? Hehe brcanda bang, trimakasi info untuk system otak saya hehe

  8. kak saya bingung nih mau SI apa TI
    saya suka dengan pemrogram’n tapi nilai Matematika saya jelek sebaikny pilih SI apa TI ya ?
    dan kalo SI apakah matematikany sedalam TI ?atau lebih mudah sedikit ?

  9. Rizki Adi

    Saya mau tanya ni, TI dan SI itu pemrogramannya mendalam yang mana?, sumpah gan saya bingung banget nih, mau milih SI atau TI , tapi MTK saya jelek 😦 tapi saya sangat suka programing, coding dan ada hubunganya dengan komputer

    1. Solusinya? cuti dulu setahun.

      Coba segala macam aktivitas. Terus coba kamu rasakan, aktivitas apa yang membuat kamu sangat bersemangat. Kalau sudah, pilih jurusan yang bisa memaksimalkan itu.

      Sesederhana itu sih sebenarnya. 😀

  10. ricky

    Kak mau tanya
    Saya suka tentang komputer dan jika di jelaskan saya gampang menangkap tpi saya gak suka matematika n fisika ??
    Apa bisa berjalan lancar jika saya masuk informatika

    1. FYI aja, di Teknik Informatika ITS sudah nggak ada mata kuliah fisika sama sekali.

      Kalau nggak suka matematika, kamu tidak punya pilihan. Mau nggak mau, kamu harus cari cara agar bisa lulus mata kuliah tentang matematika.

      Kalau masalah lancar atau nggak, semuanya tergantung kepada niat dan semangat kita. Karena seperti kata pepatah, di mana ada kemauan, di situ pasti ada jalan.

  11. pahlawan1

    permisi sya mau tanya, apakah sya bs msk TI jika sbelumnya sya ga ngrti soal web ataupun pemograman.. tapi sya suka dgn dunia komp dan matematika?

    mohon pencerhannya, thx

    1. Kalau masalah bisa masuk itu tergantung niat dan kemauan sih. Nggak ada urusannya dengan suka atau tidak suka.

      Kalau sudah masuk, baru urusannya dengan suka atau tidak suka. Kalau sudah masuk, dan ternyata kamu tidak suka pemrograman atau matematika, bakal rumit pastinya.Vice versa.

  12. saya masih bingung mau pilih SI atau IT.
    saya suka komputer terutama dibidang internet. contohnya ngeblog, trus web design. web programming (walaupun masih pake tool). microsoft office saya juga menguasai. jadi kalau menurut mas jurusan yang pas buat saya yang SI atau IT ?

    1. Kalau kamu lebih berminat untuk membuat aplikasi, mending masuk IT. Tapi kalau kamu cuma ingin bisa mengatur (me-manage) proses pembuatan aplikasi tanpa harus mendalami pemrograman secara intens, SI lebih cocok.

  13. Boy Manalu

    kalo menurut saya Versus ini sangat sengit.. 😀
    hehe sebagai murid tamatan TKJ, saya lanjut kuliah ngambil Sistem Informasi..
    kenapa ? biar lebih cepat tamat.. toh juga skill saya sudah ada waktu di SMK
    takutnya kalo di teknik informatik susah tamat bro.. habisin uang kuliah lagian.. 🙂
    sertifikat SMK teknik kan udah ada.. skill juga dibilang lumayan..

    jdi kalo versus ini, yg baiknya kita pilih sesuai kemampuan kita ja biar cepat tamat 😀

  14. Siuppp!!!!! Betul Sekali!!!!!! Aku sangat setuju sekali dengan kalimat terakhir di blogmu. “Yang terpenting bukanlah jurusannya, tapi apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat setelah lulus nantinya”

  15. Nando P.P

    Bang mau nanya, skrg saya kelas 12 dan mau daftar snmptn. Saya mau kuliah di ITS. Pilihan 1. Sistem Informasi, Pilihan 2. Teknik Informatika. Itu kira-kira gimana ya? 2 jurusan itu banyak peminat nya. Rata-rata raport ± 83,sekian. Saya minat banget di jurusan ini. Sedikit ngerti lah tentang programing. Thanks

    1. Kalau pilihan pertama sistem informasi kayaknya kebalik, Sob. Peminatnya lebih banyak teknik informatika soalnya. 😀

      Kalau soal SNMPTN kurang tahu. Soalnya saya dulu masuknya tes tulis. Maaf ya. Gak bisa bantu banyak. 😀

    1. Kerjanya ya sama aja sih biasanya, ngoding, instalasi, maintenance, atau jadi analis.

      Sebenarnya kerja itu kembali lagi kepada kita. Apa mau kerja yg sesuai dengan jurusan atau tidak. 😀

      Soalnya banyak yg kuliahnya teknik tapi akhirnya jadi entrepreneur di bidang yg tidak sesuai dengan jurusannya. 😀

      1. Sebaiknya sih pikir-pikir lagi kalau mau masuk teknik informatika. Tapi kalau memang ada passion sih silakan saja. Soalnya kalau sudah ada minat, pasti ada semangat untuk belajar.

  16. wisnu

    BIJAK sekali tulisan di atas,slain memberi pnjelasan gamblang tntang prbedaan2 prodi,juga memberikan solusi kita terhadap Allah, dan masyarakat!!!! Trma kasih infonya (y)

    1. Hmmm… kalau di Gramedia sih kurang tahu… mending cari di toko-toko buku online aja kalau buku-buku udah lama terbit kayak yang satu ini. 🙂

  17. *eh, aku belum pernah komen di posting ini ya? komen ah*

    Terus, sekarang kamu merasa salah pilih jurusan? 😀 *title blog-mu yang bilang, 😛

    Gapapa, ntar belajar yang lain pas waktu luang.. kuliah kan gak cuma kuliah, 🙂

    *jadi inget.. KSTAE *huhuhu.. mana yang dah ane dapet ya.. >.<

  18. bener banget, kalo tanya anak statistik pasti aku jawab pilih statistika sajaa
    😀

    pilih jurusan yang sesuai dengan passion kita, lantas seriusi.
    kalau dulu sebelum milih jurusan, saya cari tau dulu mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di jurusan tersebut. misalnya saya pilih statistika lantaran “nggak pake main-main” sama fisika, hehe :mrgreen:

      1. WaOnEmperoR

        Passing grade tinggi, gak ada fisikanya, tidak beresiko tinggi seperti kedokteran, tapi masih tetap bisa eksplorasi matematika…Manteb banget deh informatika

Ada komentar?

