Membuat Aggregator

Halo kawan, bagaimana kabar kalian? baik-baik saja kan? ๐Ÿ˜€

Maafkan saya jika selama 1 minggu kemarin saya nggak banyak nongol di blog ini. Karena selama 1 minggu kemarin saya banyak jalan-jalan dan bersilaturrahmi ke Ponorogo, Mojokerto, dan juga Malang. Padahal minggu kemarin tugas kuliah mulai banyak menghadang. ๐Ÿ˜›

Dan bersyukur sekali, akhirnya hari ini saya bisa mengakhiri masa lajang saya kembali menulis di blog jelek ini lagi. :mrgreen:

Ok, saya nggak akan bercerita banyak soal petualangan saya ke beberapa kota di atas. Yang jelas banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan selama 1 minggu kemarin.

Dan karena saya bingung mau nulis apa, tolong jangan salahkan saya ya, jika misalnya di postingan ini saya nanti banyak berbasa-basi ๐Ÿ˜€


Mengingat Inter Milan, Real Madrid dan Arsenal yang merupakan tim favorit saya gagal meraih juara di liga musim ini, tidak mungkin saya membicarakan sepak bola. Karena itu akan membuat saya semakin sakit hati dan semakin kecewa.

Sebagai gantinya, saya akan menceritakan pengalaman saya dalam membuat blog aggregator beberapa minggu yang lalu saja. Karena siapa tahu, setelah baca postingan saya, Anda jadi berminat untuk membuat blog aggregator juga. ๐Ÿ˜€


Sejarah perkenalan saya dengan si doi blog aggregator ๐Ÿ™‚
Seingat saya, saya pertama kali dikenalkan blog aggregator oleh Mas Ilman Akbar. Dan blog aggregator yang saya kenal pertama adalah blog aggregator mahasiswa Ilmu Komputer UI angkatan 2005. Dan sejak itu, saya mulai paham apa itu blog aggregator.


Makhluk apa sih sebenarnya blog aggregator ini?
Kalau teman-teman sering berkunjung ke blog ini, saya yakin teman-teman pasti tahu apa itu blog aggregator. Karena saya pernah menyinggungnya dalam salah satu postingan saya. Dan kalau teman-teman belum pernah berkenalan dengannya, blog aggregator adalah sebuah blog yang isinya merupakan kumpulan postingan dari beberapa source (blog) yang telah ditentukan. Dan biasanya sih, postingan tersebut diambil dari rss blog aslinya. Jadi, jika kita misalnya punya blog-blog favorit yang kita kunjungi setiap harinya, kita bisa merangkum semua isi blog-blog tersebut dalam sebuah blog aggregator yang telah kita buat sebelumnya. Jadi, kita tidak susah-susah membuka satu per satu blog-blog tersebut jika ingin tahu apakah ada postingan baru di sana.


Dan karena saya penasaran dengannya, akhirnya beberapa minggu lalu, saya mencoba membuat blog aggregator saya yang pertama.

Pada awalnya, saya (hanya) berniat membuat aggregator untuk menampung blog teman-teman seangkatan. Tapi karena saya juga hobi hunting info lomba, akhirnya di tengah jalan saya memutuskan untuk membuat blog aggregator yang berisi kumpulan info lomba juga. Eh, tahu-tahu yang jadi duluan malah blog aggregator info lomba. Ya sudahlah, toh sama-sama blog aggregatornya kan? ๐Ÿ˜€


Jika teman-teman berkenan, silakan berkunjung ke blog aggregator pertama saya yang berisi kumpulan info kompetisi dan lomba di http://infolomba.uni.cc.

Sebagai informasi tambahan, blog aggregator tersebut dibuat dengan menggunakan domain, hosting, cms, dan template yang gratis dan legal lho. ๐Ÿ™‚

Ok, itu tadi sedikit pengalaman saya dalam membuat blog aggregator saya yang pertama. Ya, meski di sana tak saya jelaskan bagaimana step by step membuatnya. Saya yakin, jika Anda mau, Anda juga bisa membuatnya. Karena banyak sekali tutorial dan panduan membuat blog aggregator di dunia maya.


Terakhir dari saya,
Selamat beraktivitas, kawan.
Semoga hari-hari kalian (selalu) bermanfaat dan menyenangkan. ๐Ÿ™‚

Ditulis di sela-sela tugas Verval.

Dengan ditemani alunan musik Ikomono Gakari yang mirip Yui.

3 thoughts on “Membuat Aggregator

Ada komentar?

