ITS itu…

Entah sudah berapa kali saya mendengar dan membaca berita yang menyebutkan ITS sebagai Institut Teknologi Surabaya.

Menjadi saudara muda ITB memang membuat ITS seringkali dibanding-bandingkan dengan saudara tuanya yang satu ini. Sampai-sampai soal nama pun, ITB yang jadi rujukan utama. Sehingga kalau ITB = Institut Teknologi Bandung, maka ITS = Institut Teknologi Surabaya, begitulah kiranya asumsi sebagian besar masyarakat kita.Β 

Dan alhasil, banyak sekali kita temukan wartawan salah menyebutkan kepanjangan ITS. Dari yang seharusnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember menjadi Institut Teknologi Surabaya.

Kalau kita perhatikan baik-baik, sebenarnya tidak hanya ITS yang mengalami perlakuan seperti ini. UNS pun sering mengalami hal yang sama. Dari yang seharusnya Universitas Negeri Sebelas Maret, UNS seringkali disebut sebagai Universitas Negeri Solo. Dan mungkin masih ada banyak universitas-universitas lain yang mengalami hal yang sama.

 

Diakui atau tidak, menggunakan tanggal sebagai bagian dari namaΒ  memang seringkali cukup merepotkan. Tidak seperti halnya uinversitas-universitas yang menggunakan nama daerah seperti Bogor, Bandung, Surabaya maupun universitas yang menggunakan nama tokoh-tokoh sejarah seperti Gajah Mada, Airlangga, Brawijaya, Diponegoro, Soedirman, dan lain sebagainya. Universitas yang menggunakan tanggal sebagai nama seperti ITS dan UNS seringkali mendapat perlakuan yang tidak semestinya. πŸ˜€

Dan setelah saya perhatikan baik-baik, ternyata teman-teman saya yang satu kampus pun memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk menyebut ITS di halaman profil FB-nya. Mulai dari “Tenth of November Institute of Technology”, “Institut Teknologi Sepuluh November”, dan juga “Institut Teknologi Sepuluh Nopember”.Β  Akhirnya saya pun berpikir, kok bisa seperti ini ya? Apa jangan-jangan kampus ini memang punya banyak versi nama ya? πŸ˜€

 

Kawan, berdasarkan informasi yang saya terima, kepanjangan ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Mengapa bukan November seperti halnya aturan baku di EYD? Itu tidak lain adalah karena “Sepuluh Nopember” di sini sudah menjadi satu kesatuan dari nama ITS. Jadi, tidak bisa seenaknya diubah menyesuaikan dengan EYD.

Oleh karenanya, jika diubah ke dalam B.Inggris pun Sepuluh Nopember di sini harus tetap menjadi Sepuluh Nopember. Bukan menjadi Tenth of November seperti halnya yang akhir-akhir ini sering kita jumpai. Karena meski Sepuluh Nopember aslinya adalah tanggal, dalam konteks ITS, Sepuluh Nopember adalah nama. Jadi, jika pun diubah menjadi Bahasa Inggris, maka Bahasa Inggrisnya adalah “Sepuluh Nopember Institute of Technology” bukan “Tenth of November Institute of Technology”.

 

Saya kira cukup sekian ulasan mengenai ITS dan juga kepanjangannya. Semoga bisa jadi pelajaran kita semua. Karena nama adalah doa.

 

Selamat menunaikan akhir pekan,

semoga liburan kalian menyenangkan, kawan πŸ™‚

– ITS, 4 Juni 2011 –

Advertisements

32 thoughts on “ITS itu…

  1. alumni UII

    Koreksi dikit, UNS kepanjangan dri Universitas Sebelas Maret. Memang awal berdirinya di tahun tujuhpuluhan, namanya Universitas Negeri Sebelas Maret dan disingkat UNS. Pada perkembangannya, di tahun delapanpuluhan, namanya diubah menjadi Universitas Sebelas Maret, namun tetap dengan penyebutan UNS….

  2. Wah, ini kan utamanya. Nama kan penting banget 😦
    entar aku kasitau ini buat temenku… dia pengen banget masuk its..
    sampeyan anak its yak?

  3. Pas waktu kuliah Etika Profesi kemarin dulu, yang ngajar notabene Pak Arif Djunaidy (PD I), kebertulan ini sudah menjadi topik hangat tingkat rektorat, karena bagaimanapun sebuah institut perlu bakuan nama untuk keperluan branding, kan katanya mau jadi World Class Research University?

    Nah, salah satu opsinya, adalah mencaplok juga nama Institut Teknologi Surabaya, alasannya adalah karena belum ada yang menggunakannya, dan sudah terlanjur dikenal, termasuk di Google Map, dengan nama itu, lagipula, secara leksikal, itu lebih cocok dengan singkatannya, kan seharusnya *jujur-jujuran aja deh* Institut Teknologi Sepuluh Nopember = ITSN kan?, nah lo..

    Kalo ejaannya yang pake ‘p’ juga ndak papa dipertahankan, tapi menurutku, akan bermasalah nanti di tingkat Internasional..

    Pakar Marketing Hermawan Kartajaya, yang baru mendapat gelarnya dari ITS itu, sudah diberitahu tentang ini, entah apa nasehat yang akan diberikannya atas branding ITS ini.. Let’s wait and see..

  4. banon

    hahahaha..dikomen itu lho ad..
    apapun yang penting Nopember di Sepuluh Nopember nya ITS sudah paten, jadi g bisa dirubah.. πŸ™‚

    1. @Banon: ‘diubah’, Non. Kata dasarnya ‘ubah’, bukan ‘rubah’ *ga penting*

      kalau setahuku sih, waktu berdirinya ITS, ejaan yang benar masih Nopember. Dan karena itu merupakan nama, jadinya ya nggak mengikuti perubahan EYD.

      Dan karena ejaan Indonesia-nya saja tidak berubah, kenapa yang enggres harus berubah?

  5. Pas sik jamane aku maba biyen. . . *padahal sa’iki sik maba pisan* aku sering salah nulis nopember jadi “november”…
    Yang nyebelin itu teman saya di daerah barat sana. Dengan muka sok polos ia bertanya, “apa itu ITS? swasta ya?”
    doh. . . . Pingin tak lempar bakiak rasane :mrgreen: hehe

    1. haha..iyo bener..pas aku pulang sering ditanya gini..
      Orang : Mas Fadli, kuliah di mana?? (Ehem..dipanggil mas nih,hehe) πŸ™‚
      Fadli : Di ITS bu.. (ini yang nanya ibu2, ketemu di jalan)
      Orang : Owh..di ITS to.. Ngomong2 ITS tu di mana y?? Di Solo y??
      Fadli : (-_-)’ mmm…di surabaya bu..
      Orang : Owh..di surabaya to.. itu swasta y..
      Fadli : (T_T)’ —–…….. (Hening..tanpa kata, bingung jawabnya, ibu2 sih, g enak jawabnya)

  6. AzraAveiro

    Nice share. Setuju untuk namanya emang ga perlu di-english-kan. Kok liat yang “tenth” gitu di page-nya temen2 kesannya malah ‘sesat’ ya… hahaha πŸ˜€

    1. Nah itu za, maksudnya sih biar keren gitu di-translate ke B.Inggris

      Tapi sayangnya malah salah 😐

      Sepuluh Nopember dalam konteks ITS adalah nama.

      Seperti halnya kata Airlangga pada Unair,
      Seperti halnya kata Surabaya pada Unesa.

      Oleh karenanya, kalau ditranslate pun harus tetap sama. Sepuluh Nopember πŸ™‚

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s