Alat Bantu Twitter

Sejauh ini, selama saya aktif di dunia per-twitter-an, ada beberapa tools yang saya gunakan. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Seesmic

Seesmic merupakan twitter client yang paling sering saya gunakan jika saya sedang berada di lingkungan kampus. Sejauh ini saya merasa twitter client yang satu ini cukup ampuh membantu saya melewati pemblokiran proxy di kampus. Selain seesmic, saya kadang juga menggunakan hootsuite dan cotweet untuk mengakses twitter di kampus.

Untuk caranya, pertama kita harus daftar akun di seesmic.com di luar wilayah kampus atau menggunakan modem. Setelah kalian punya akun, silakan kalian daftarkan akun twitter dan beberapa akun lain yang akan kalian akses melalui seesmic ini. Baru setelah itu kalian akan bebas mengakses twitter dan beberapa akun jejaring sosial lain melalui seesmic.

Enaknya lagi, kalau kita menggunakan seesmic, kita bisa mengakses (login) beberapa akun twitter secara bersamaan, membuat twit berjadwal, bisa melihat klout score, dan juga bisa upload photo sekalian 🙂

Dan kalau kalian pernah tahu tweetdeck. Secara tampilan, seesmic hampir sama dengan tweetdeck yang begitu melegenda di dunia per-twitter-an. Seperti ini nih tampilannya seesmic.

Tampilan Seesmic

2. Dabr

Kalau alat yang satu ini sih biasanya saya gunakan jika saya tidak sedang berada di dekat laptop atau komputer. Dengan aplikasi yang satu ini, saya sudah bisa melihat avatar, bisa melihat trends (topik yang sedang banyak dibicarakan), dan juga bisa dapat peringatan kalau twit saya lebih dari 140 karakter.

Saya pertama kali kenal aplikasi ini dari teman saya, Ulin. Waktu itu sih, saya masih suka twitteran dengan menggunakan m.tweete.net kalau lagi online pakai hp. Tapi semenjak tahu kalau memakai pemanjang twitter itu tidak enak, akhirnya saya beralih menggunakan dabr sampai sekarang.

Tampilan Dabr

Kalau kalian ingin aplikasi yang lebih ringan dari dabr, saya sarankan kalian coba pakai m.tweete.net. Mengingat di m.tweete.net kita hanya bisa melihat teks. Tapi kalau kalian males coba-coba dan gak mau ribet, pakai twitter versi mobile juga gak salah kok 🙂

 

3. Klout

Salah satu aplikasi pendukung twitter yang paling saya suka nih. Dengan aplikasi ini, kita bisa mengukur seberapa besar pengaruh kita di dunia maya melalui klout score. Semakin besar pengaruh kita, maka skor yang kita dapatkan pun akan semakin tinggi. Begitupun sebaliknya.

Jadi, bisa dibilang aplikasi ini itu semacam aplikasi pembuat rapor kita selama kita selama beraktivitas di dunia maya. Gitu.

Tampilan Halaman Profil Klout

Dan selain memberikan penilaian untuk sebuah akun, aplikasi yang saya kenal dari postingan mbak tika banget ini juga mengidentifikasi pengguna jejaring sosial menjadi16 macam jenis lho. Sangat menarik, bukan? 🙂

 

Itu tadi 3 aplikasi yang sering saya gunakan selama saya aktif di dunia per-twitter-an.

Sebenarnya masih ada aplikasi tweet backup, tweet stats, dan beberapa aplikasi lain yang pernah saya coba. Tapi dari semua aplikasi yang pernah saya coba, hanya 3 aplikasi di atas tersebutlah yang paling sering saya gunakan. Bagaimana dengan kalian? 🙂

2 thoughts on “Alat Bantu Twitter

Ada komentar?

