Dukung Komodo?

Sumber gambar : sini

 

Akhir-akhir ini banyak sekali saya jumpai ajakan untuk bersama-sama mendukung pulau komodo sebagai #new7wonders of nature. Kalian juga sering melihatnya kan? 🙂

Sejak dibukanya vote melalui sms, ajakan untuk mengirim sms “Komodo” ke 9818 semakin meningkat. Dan peningkatan itu semakin pesat ketika Pak JK pun mengampanyekan ajakan tersebut.

 

Saya sendiri sebenarnya cukup terkejut dengan semakin maraknya ajakan untuk mengirim sms buat mendukung komodo ini. Mengingat beberapa bulan yang lalu saya sempat membaca berita yang mengabarkan bahwa Pak Jero Wacik (Menbudpar, red) berniat mengundurkan diri dari ajang new7wonders of nature ini.

Makanya ketika tahu ada ajakan untuk mengirim sms, saya sempat kaget. “Bukannya dulu udah batal ikut ya?” pikir saya.

Jujur, saya sendiri sampai saat ini belum mengirim sms buat dukung komodo. Sempat hampir ngirim 1 sms sih, tapi gagal. Ya udah deh, akhirnya nggak jadi ngirim. 😀

 

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah dengan tidak mengirim sms tersebut saya bisa dianggap nggak punya kepedulian pada komodo?

 

Bentar, jangan buru-buru menghakimi saya dulu.

 

Saya punya alasan tersendiri mengapa saya tidak mengirim sms buat komodo.

Berikut ini beberapa alasan saya :

1. Ajang pemilihan new7wonders ini hanyalah akal-akalan pihak asing untuk memeras pemerintah indonesia. Dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial. Nggak percaya? ntar deh saya kasih linknya di bawah 🙂

2. Penyelenggara ajang new7wonders gak jelas. New7wonder adalah perusahaan pribadi asal swiss yang sengaja memanfaatkan kekayaan alam dan potensi pariwisata sebagai komoditi utama. New7wonders bukan yayasan atau organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di seluruh dunia.

3. Pulau komodo gak cocok dijadikan tempat wisata. Mengacu pada data yang ada pada blog http://thekomododiaries.wordpress.com/, jumlah komodo semakin menurun drastis setelah dibuka menjadi tempat wisata bagi publik. Kasihan komodonya kan ntar kalau malah jadi ramai? 🙂

4. Ajang new7wonders merupakan sarana promosi saja? Asal kalian tahu, 90% pengunjung pulau komodo adalah turis mancanegara. Dan hal itu sudah membuktikan kalau komodo sudah banyak dikenal oleh dunia. Lagian, sejak awal saya memang gak sepakat kalau pulau komodo dijadikan tempat wisata. Daripada pulau komodo, tempat-tempat seperti Raja Ampat, berbagai pantai dan wisata alam lain di daerah indonesia timur lah yang perlu lebih banyak dipublikasikan. Biar nantinya terwujud pemerataan. Mengingat selama ini pembangunan indonesia hanya terpusat di wilayah jawa, bali, dan sumatera saja.

5. New7wonders bukanlah agenda unesco. Sebagai info tambahan, Unesco sendiri telah menetapkan pulau komodo sebagai warisan dunia (world heritage site) pada tahun 1991.

 

Daripada sibuk mengurusi komodo yang sudah dikenal banyak oleh dunia, saya sebenarnya lebih suka jika pak JK mengampanyekan penjagaan kawasan Prambanan dan Borobudur yang hampir dicabut statusnya sebagai warisan dunia oleh Unesco

Gimana? Yakin nih, masih mau ngirim sms buat dukung komodo? 🙂

Kalau masih belum yakin new7wonders ini cuma akal-akalan, coba baca link-link yang saya berikan di bawah ini aja deh… 🙂

 

Jangan hanya ikut-ikutan. Mari bersama-sama kita selamatkan komodo, kawan. 🙂

14 thoughts on “Dukung Komodo?

  1. pengunjung

    wah aku malah sudah ikut2an promosi’in 😀
    tapi setelah baca artikel ini ada benernya juga sob yg kmu bilang,mungkin dengan ramainya tn komodo scra ga langsung bisa mnsjahterakan masyarakat sekitar,tapi bagaimana kelanjutan akan nasib komodo itu sendiri?
    bisa2 taman nasional berubah jadi kebun binatang kali y

  2. yang lebih parah lagi, kampanye buat dukung via sms-nya pake embel2 “jangan sampai kalah sama Kadal Air Raksasa-nya Malaysia” dan setelah di-crosscek ternyata nggak ada tuh nominasi Kadal Air Raksasa 😀

Ada komentar?

