Kepercayaan

Setelah berkunjung ke banyak blog…

Kemarin saya sempat berkunjung ke blog salah satu penyair favorit saya, Hasan Aspahani. Ada sebuah tulisan yang cukup menarik di sana.

Tulisannya bukan puisi, tapi opini. Opini yang cukup menarik. Dengan gaya bahasa yang cukup menggelitik

Menurutnya, salah satu penyebab banyaknya masalah di Indonesia saat ini adalah krisis kepercayaan. Untuk lebih jelas, berikut ini saya kutipkan langsung paragrafnya:

“Inilah yang dengan mudah kita lihat telah dan sedang terjadi di Indonesia.  Bangsa ini terus memelihara kecurigaan. Sulit sekali membangun rasa saling percaya. Orang kaya curiga kepada orang miskin. Orang miskin marah pada yang kaya. Partai melupakan pendukungnya. Rakyat kecewa pada pemerintah. Pemerintah menulikan kuping dari kritik rakyat. Wakil Rakyat yang terhormat berperilaku yang justru menginjak-injak kehormatannya sendiri.  Apa yang dalam garis besar kita sebutkan di atas itu akhirnya mengarah pada satu hal: tidak ada kepercayaan. Itu sebabnya bangsa kita lambat keluar dari masalah-masalah kita.” 

 

Dan tidak hanya dalam lingkup berbangsa dan bernegara, dalam lingkup yang lebih kecil pun keadaannya sama. Kecurigaan ada di mana-mana.

Setelah membaca tulisan yang ada di blog Bang Hasan Aspahani tersebut, saya kemudian berpikir, apa jangan-jangan selama ini masalah saya juga sama ya? krisis kepercayaan.

Sejenak saya merasa bahwa selama ini saya memang sedang dilanda krisis kepercayaan. Sering merasa minder dan merasa bersalah adalah salah satu buktinya.

Ada yang salah dengan kepercayaan diri saya. Saya tahu itu. Semestinya saya memang tidak terlalu lama menyalahkan diri saya. Memaafkan diri sendiri. Itulah yang harus saya lakukan agar saya bisa kembali mempercayai diri saya.

 

Bagaimana dengan Anda?
Pernahkah Anda dilanda krisis kepercayaan diri?

 

Buat Bang Hasan Aspahani.
Terima kasih banyak, Bang. Telah mengingatkan saya. 🙂

 

Kehilangan uang? masih bisa dicari.
Kehilangan kepercayaan? susah mendapatkannya lagi.

2 thoughts on “Kepercayaan

Ada komentar?

