Bagaimana Tugas Akhirmu?

Akhir-akhir ini saya sering mendengar dan mengucapkan pertanyaan yang hampir sama, “bagaimana tugas akhirmu?“. Dan bagi saya, pertanyaan ini semacam “kapan nikah?” yang selalu susah dicari jawabannya. Apalagi buat para jomblo setia seperti saya.

Memang sih, selama ini agak kurang benar dalam menjalani masa kuliah. Ibarat seorang yang bepergian, saya ini baru berpikir mau ke mana setelah hampir sampai di tujuan. Dan jika kamu adalah orang yang baru kepikiran mau bikin TA tentang apa ketika mau menginjak semester 8, selamat, kamu bukan satu-satunya.

Memang benar, ada yang salah dengan pola pikir semacam ini, semestinya kuliah yang benar itu harus punya tujuan dari awal. Mau bikin apa sih selama kuliah? Mau mempelajari apa saja sih selama kuliah? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang harus selalu kita tanyakan pada diri kita sebelum menjalani masa-masa kuliah. Karena tujuan adalah kompas. Dan tanpanya kita akan kehilangan arah selama kuliah.

Jadi, kalau bisa, idealnya sih waktu menginjak semester 6 itu kita sudah punya gambaran mau bikin skripsi/tugas akhir tentang apa. Sehingga waktu semester 7 dan 8 kita tidak lagi kebingungan mau bikin apa karena memang sudah memikirkannya sejak lama.

 

Kan masih bisa minta judul ke dosen?
Iya kalau kebetulan di kampus kita ada banyak dosen yang baik hati dan mau ngasih judul. Kalau nggak?

 

Selain itu, judul yang dikasih dosen itu bisa saja gak sesuai dengan minat kita. Dan akhirnya hal itu akan membuat kita malas-malasan mengerjakannya. Oleh karenanya, judul tugas akhir/skripsi yang baik itu idealnya yang sesuai dengan passion kita. Sesuai dengan minat kita. Karena hal itu akan membuat kita bersemangat untuk mengerjakannya.

 

Mencari judul skripsi saja susahnya minta maaf, ngapain juga sih pakai nyari yang sesuai minat segala?
Memang sih, mencari judul yang sesuai dengan minat itu membutuhkan proses yang lebih lama. Tapi kembali lagi, mengingat manfaat yang dihasilkan oleh judul yang sesuai dengan minat itu lebih besar daripada judul yang asal nyari saja, sepertinya menyisihkan waktu lama itu tak jadi masalah.

 

Saran saya, mencari topik/judul TA itu kalau bisa dilakukan pada tahun ketiga kuliah. Karena tahun keempat itu bukan lagi masa pencarian, tapi masa pemantapan dan pengerjaan tugas akhir, kawan.

 

Saya harap apa yang saya tuliskan kali ini bisa menjadi pelajaran buat teman-teman yang baru masuk atau akan masuk kuliah. Karena kuliah itu jauh berbeda dengan sekolah.

 

*Nb : Alhamdulillah, meski agak telat, saya akhirnya mendapatkan topik Tugas Akhir yang sesuai dengan minat saya, blog. Mohon doanya ya biar bisa lancar dalam proses pengerjaannya 🙂

Cheers 😀

Advertisements

One thought on “Bagaimana Tugas Akhirmu?

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s