Tentang Teknik Informatika ITS (3)

Kuliah di teknik informatika itu susah nggak sih?

Kalau susah sih nggak ya. Cuma nggak mudah aja. ๐Ÿ˜€

Ya begitulah. Berdasarkan apa yang saya rasakan dan keterangan dari teman-teman saya, kuliah di teknik informatika itu lumayan susah. Bukannya mau menakut-nakuti lho. Cuma mengingatkan saja. Biar kalian nanti nggak kaget kalau memang berniat masuk jurusan teknik informatika.

Jika kalian masih belum tahu apa saja yang akan dipelajari di teknik informatika, kalian bisa membaca postingan saya tentang teknik informatika dan tentang teknik informatika its(2).

Teknik informatika itu biaya pendaftarannya mahal ya?

Kalau yang satu ini sih relatif. Tergantung jalur masuknya. Saya dulu masuknya jalur SNMPTN. Dan waktu itu saya kurang lebih membayar 5 juta untuk pendaftaran sekaligus spp semester 1. Tapi kalau masuknya lewat jalur PKM (Program Kemitraan dan Mandiri) sih lumayan mahal. Kalau nggak salah biaya pendaftarannya bisa sampai 50 juta. Tapi itu masih nggak seberapa jika dibandingkan dengan jurusan kedokteran yang biaya masuknya saja bisa sampai ratusan juta.

 

Terus, biaya kuliahnya gimana?

Kalau biaya kuliahnya sih semuanya sama. Tidak ada perbedaan antara mahasiswa SNMPTN, PKM, Bidik Misi, dan lain sebagainya. Meski jalur masuknya beda, ketika sudah menjadi mahasiswa ITS, jumlah nominal SPP yang harus dibayarkan tiap semester sama.

Jangan takut soal biaya. Ada banyak sekali beasiswa di sini. Syarat mendapatkannya biasanya cuma satu. Mau mendaftar. Karena memang saking banyaknya, teman-teman saya yang secara ekonomi sudah sangat berkecukupan pun masih banyak yang mendapatkan beasiswa.

Sejak 2 tahun yang lalu, ITS membuka jalur bidik misi untuk siswa-siswi berprestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi. Kalau nggak salah, tahun 2011 kemarin, jumlah penerima beasiswa ini di ITS mencapai 600 orang. Nominal beasiswanya pun lumayan: 500 ribu setiap bulan.

Selain bidik misi, masih ada juga beasiswa sampoerna foundation, beasiswa bank CIMB niaga, beasiswa etos, beasiswa untuk santri dari kementrian agama, beasiswa dari pemda, dan lain sebagainya. Intinya, kalau memang sudah niat untuk kuliah, jangan pernah mempermasalahkan biaya. Ada banyak sekali jalan bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi.ย  Syaratnya cuma 1: berprestasi.

Selain melalui beasiswa, banyak juga mahasiswa ITS yang memenuhi biaya kuliahnya dengan bekerja. Banyak sekali mahasiswa ITS yang kuliah sambil bekerja sampingan dengan menjadi tentor bagi siswa SD, SMP, bahkan SMA. Ada juga yang kuliah sambil berwirausaha. Dan yang kedua ini akhir-akhir ini semakin banyak diminati.

 

Mahasiswa IT itu harus punya laptop gak sih?

Hmm. Nggak juga sih. Saya punya teman yang sampai awal semester 3 pun tidak punya laptop atau komputer. Dan hebatnya IP (Indeks Prestasi) dia selalu di atas 3.5. Kalau memang nggak punya komputer ataupun laptop, tenang. Di sini ada banyak laboratorium yang bisa kalian gunakan untuk belajar maupun mengerjakan tugas kok.


Sampai di sini dulu ya, nantikan cerita-cerita saya selanjutnya tentang teknik informatika. ๐Ÿ™‚

152 thoughts on “Tentang Teknik Informatika ITS (3)

  1. Zailani Eko

    mas saya cuma mengusai pemogramman PHP dan pemogramman Dekstop , apakah saya bisa ngambil program keahlian TI ITS ??
    butuh saran mas terimakasih..

  2. amirul imam zarkasi

    Kk saya saat ini buta akan komputer apakah saya masih pantas di teknik informatika.. Tolong kak saran nya..

  3. Novi

    Kak mau tanya sekarang aku kelas XII pengin masuk IT di ITS tapi aq masih galau kak soalnya peminatnya banyak banget kira-kira kalau status SMAku A terus rata” nilai rapotku 90 bisa diterima smptn ITS NGGAKK,,,
    KASIH SARAN DONK

    1. Kalau SNMPTN aku nggak bisa memberikan gambaran. Soalnya kriteria penilaiannya nggak ada yang tahu kecuali panitia SNMPTN. Jadi, satu-satunya cara untuk mengetahui apakah nilai segitu bisa masuk adalah dengan mencobanya. Lagian, kalau nggak lolos SNMPTN kan masih ada SBMPTN. Jadi nggak usah khawatir. Coba saja.

  4. kak, saya Sma kelas 3…
    saya ingin bertanya apakah nilai Tik(nilai pelajaran komputer) dilihat sewaktu jalur undangan??? kalau kakak tau apa saja nilai yg dilihat kalau memilih jalur undangan ke teknik informatika???

    terima kasih kak, saya tunggu balasannya

    1. Kalau jalur undangan aku kurang tahu secara pasti bagaimana mekanisme penilaiannya dan apa saja yang menjadi parameternya. Yang umum sih nilai rapor sama piagam penghargaan. Selainnya kurang tahu.

    1. Akreditasi itu ada banyak parameter, beberapa di antaranya adalah kelengkapan fasilitas, kualitas pengajar, dan kualitas lulusan. Jadi, kampus yang akreditasinya lebih baik itu biasanya fasilitasnya lebih lengkap, dan atau pengajarnya lebih kompeten, dan atau lulusannya lebih berkualitas. Seperti itu.

  5. Tyas Elvira

    Kk, q skolAh d smk jrusan akuntansi,,, tpy kata tmend” ku skelas tuh q lbh cocok ama dunia komputer dn sbgainya, mnurutku jg sih kyak gitu. Nah, q pngen bgt kk kuliah d ITS fakultas TI tpy apa bsa ya ??? Khan sya Smk.ny dri jrusan akuntansi…,

    1. Hai, Tyas. Makasih, ya, sudah mampir.

      Kalau masalah bisa atau nggak itu tergantung niat aja sih sebenarnya. Kalau memang benar-benar minat, coba kamu cari tahu soal pemrograman. Karena banyak sekali mahasiswa teknik informatika merasa salah jurusan begitu tahu yang dipelajari di teknik informatika ternyata tidak semudah yang mereka bayangkan.

  6. Jazuli

    Kak mau tanya , sebenernya dari sma klas 1 aku udah kenal bahasa pemprogaman ada materi ekstra di skolahku. terus selama itu aku sering belajar program di google sampai jatuh pula ke underground hacking. nah masalahnya banyak yang nyaranin aku ke IT gitu lah , kira-kira cocok nggak aku masuk di jurusan FTI ITS ?
    Sedangkan basic aku di IPS , Matematika dan otodidak suka, rada kesulitan di logikanya sih ๐Ÿ˜€
    Kalo fisika sih bisa walau saya basic IPS ๐Ÿ˜€
    jadi gimana kak ?
    thanks

    1. Justru bener tuh. Kalau sudah bisa, ngapain kuliah di teknik informatika? :p

      Kalau kendala, pasti ada. Waktu kita mulai belajar berjalan dulu aja pasti jatuh-jatuh awalnya. Yang penting jangan sampai patah semangat aja. Soalnya nggak sedikit juga mahasiswa yang kemudian menyerah karena merasa kesulitan di awal-awal kuliah. Padahal sebenarnya kalau mau belajar lebih tekun lagi, mereka juga bisa.

      Intinya, yang penting ada niat dan semangat aja sih.

  7. Dimaswp

    kak saya boleh minta semua web-web atau situs-situs atau video-video yang recomend dari kakak, yang jelas bagus buat pemahaman dasar bagi pemula tentang informatika. kalau bisa yang lengkap ya kak.. karena kalau yang enggak recomend kurang bagus kalau dibuat belajar otodidak, insaallah passion saya disini kak, minta doanya.. soalnya saya pernah ikut olimpiade informatika dan soalnya membuat penasaran. full tentang logika, dijamin enggak bikin bosen malah tambah pengen penasaran hehe ๐Ÿ˜€ tolong ya kak dibantu.. terimakasih sudah membaca…

  8. nurhidayanti

    assalamu alaikum kak…. ๐Ÿ™‚
    skrang sya sdh kls XII IPA sya ingin banget msuk jurusan Teknik Informtika, sya suka banget mengutak-atik komputer, selalu ingin mencoba hal yang baru menyangkut dengan komputer apalagi programan , tapi sya kurang menyukai pelajaran matematika dan otodidak . bagaimana ini ?? apalagi sya sering browsing kalo jurusan teknik informatika banyak peminatnya .

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb.

      Kalau memang suka pemrograman, dan sudah yakin kalau minat kamu paling besar ada di pemrograman, ya kenapa harus bingung?

      Kalau memang suka pemrograman, ya mau nggak mau kamu harus belajar menyukai matematika. Karena dasar pemrograman adalah matematika.

      Kalau memang tidak suka belajar otodidak, ya sebisa mungkin mengikuti perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Biar tidak ketinggalan materi.

      Intinya, kalau memang kita berniat mengejar sesuatu, ya mau tidak mau harus ada yang dikorbankan. Kalau kita memang ingin jadi programmer yang ‘outstanding’, ya mau nggak mau, kita harus mulai membiasakan diri untuk belajar secara otodidak. Karena yang diajarkan di kampus seringkali hanya dasar-dasarnya saja.

      1. kenapa dasar Programmer itu matematika?.. jujur ya ini gua bingung banget, sekarang gua kerja di di perusahaan IT, emang si gua marketing tapi kan gua haruus tau banyak tentang IT, karna mayoritasnya gua jual server, PC dll yang kebanyakan hardware, software juga gua jual si. gua jadi bingung mau ambil jurusan apa, ada yang bilang TI aja, tapi gua ngga ngerti sama sekali TI itu ape !! sama sekali ngga ada kepikiran untuk ambil TI, tapi semenjak gua kerja di di sini yang tiap hari makanannya alat2 IT, jadi ada keinginan masuk kuliah di jurusan IT gini.. tapi ini gua baja semua artikelnya serem banget, karna nilai matematika gua sangat INDAH smp2 ngga mau di pandang! ada ngga jurusan kuliah yang belajar mengenai hardware2 aja, jgn software nya, kira2 apa ya, ada ngga?.. *itung2 ngga bego2 bgt kan depan client kalo tau banyak mengenai IT mangkanya mau kuliah jurusan PER-IT AN gina.. #saranplease .. Thanks guys ๐Ÿ˜€

      2. Kalau cuma mau tahu, sebenarnya sering-sering baca artikel soal IT aja cukup. Langganan majalah seperti Chip juga bisa membantu..

        Kuliah di jurusan teknik itu tujuannya agar kita bisa, bukan cuma tahu.

        Kalau saranku sih, mending mengambil jurusan marketing aja tetep. Tapi kamu rajin-rajin baca artikel di situs-situs yang sering mengulas teknologi, khususnya hardware terbaru.

  9. MASUK TC ITS LEWAT SNMPTN UNDANGAN 2015 Aamiin

    Hallo Kak,
    Salam Kenal, Saya Panca Dari Lampung
    ada beberapa pertayaan tolong jawab ya ๐Ÿ˜€

    1. Apakah benar di informatika tidak ada fisika ? kalo biologi sm kimia gmna ?
    2. Kak apakah kita kalo udah lulus dari informatika PASTI bisa buat software yang agak kompleks ?
    3. Diangkatan kakak anak Lampung nya ada berapa ya (pasti tau lah..Anak TC ITS kan harus tau semua nama 1 angkatn ๐Ÿ˜€ haha)
    4.Menurut kakak Kegitan organisasi apa yang cocok buat anak informatika..

    udah itu aja kaka ๐Ÿ˜€ ditunggu balasannya thx…

    1. Hai, Panca. Maaf ya baru sempat balas sekarang.

      1. Kalau di ITS sih nggak ada. Kurang tahu lagi kalau di kampus lain. Biologi sama Kimia juga nggak ada kalau di ITS.
      2. Kalau masalah bisa atau nggak itu tergantung kemauan sih. Kemampuan di jurusan teknik itu nggak bisa hanya didapat dengan membaca buku. Harus sering-sering praktek.
      3. Setahuku sih ada 2. Cowok 1, cewek 1.
      4. Kalau organisasi itu tergantung kitanya juga sih. Mau belajar apa selama di perkuliahan. Kalau cuma mau mengasah sofskill, organisasi semacam hima atau BEM itu sudah cukup. Yang penting pinter-pinter bagi waktu aja. ๐Ÿ™‚

      1. MASUK TC ITS LEWAT SNMPTN UNDANGAN 2015 Aamiin

        oke thks jawabannya,
        minta doanya juga kak soalnya tahun ini mau ambil ttc its ๐Ÿ˜€
        semoga bisa lolos jalur undangan supaya ga ribet2 sbm ๐Ÿ˜€

  10. Pangestu Nur Mirzha

    bang aku pengen banged masuk di Fakultas Teknik Informatika. tapi aku takut orang tua ku kurang mencukupi dari segi finanansialnya buat masuk kesana ๐Ÿ˜ฆ

    1. Tenang aja. Ada banyak sekali beasiswa di kampus negeri. Mulai dari yang disediakan oleh pemerintah seperti bidik misi, sampai yang dikelola oleh swasta.

      Jadi, kondisi finansial keluarga sebenarnya bukanlah hambatan. Karena faktanya banyak sekali mahasiswa yang tidak perlu mengeluarkan sepeser pun uang keluarga untuk membiayai perkuliahannya. ๐Ÿ™‚

      1. Apakah kakak dulu sewaktu SMA itu sudah ahli dalam mengotak-atik komputer ?
        trus yah klo kita blum sepenuhnya bsa tentang pemrogramman itu gimana kak ? Apakah disana diajari mulai dari awal lagi ?

      2. Nggak sama sekali. FYI aja, aku kenal internet itu baru kelas X SMA.

        Seperti yang sudah aku jelasin ke beberapa orang yang lain, tenang aja, nanti bakal diajari mulai dari yang paling dasar kok.

  11. Najib

    Sunggguh sangat mencerahkan.Dengan basaha yang enak,renyah,dan gurih. .
    Semoga saya bisa diterima di TI yg materinya hampir tdk tersentuh di sekolah saya (MA.Raudlatul Ulum)..
    Minta do’anya yaa kak,biar bisa ktemu kakak disana (ngrayu dkit).

  12. Muthia

    Waah kebetulan banget ini . saya pingin banget jurusan teknik informatika , dan tepatnya lagi pingin banget di ITS ๐Ÿ˜€ makasi banyak yaa infonyaa . share lebih banyak lagi dong . dan juga infoinfo diatas bermanfaat skali buat saya (XD) moga aja bisa masuk disana tahun 2015 . Amiin ๐Ÿ˜€

      1. Putri Wahyuni

        kak watu tes yg kebanyakan kluar soal matematika atau tik pemrograman? saya orgnya sih suka matematika tp saya gatau apa ttg pemrograman. kirakira apa yg perlu disiapkan? saya sekarang kls tiga sma

    1. Kalau tes yang dimaksud adalah SBMPTN, maka jawabannya adalah sama. Soal SBMPTN itu sama semua, mau apapun jurusannya. Tapi kalau yang dimaksud adalah tes lain, saya kurang tahu.

  13. Darsin Usman

    mw nanya mas. sya bru lulus MA kmren dan skrng saya dftar di stikom di bogor. Sya ambil jurusan TI krna saya sdkt pintar matematika dan fisika . Tp saya msh ragu krn blum tw Pemograman. Kra2 sya bsa beradaptasi ngga di jurusan Teknik Informatika. Mohon solusinya mas?

  14. Semisal nilai mtematik pada semester 4 tidak meningkat, tapi tetap, untuk jalur undangannya gimana kak?
    sebnarnya sih nilainya nggak terlalu tinggi kk, cuma 85 ke atas, tp dr sem. 1-3 naik.
    saat ini kelas 12
    pengen ke TI ITS

  15. Kak saya mau nanya ‘.’
    saya udah kelas 2 sma jurusan ips.tapi saya tertarik di bidang teknik informatika
    saya udah mulai ngerti pemograman PHP
    pas lulus nanti saya pengen masuk jurusan teknik informatika
    nah pertanyaan saya bisa gk dari jurusan ips masuk ke jurusan teknik informatika?
    terus syarat-syaratnya apa aja?

  16. Dwi Putro Mahardi

    tolong saya.. saya saat SMK MTK saya lumayan(gak tinggi, gak buruk) juga. namun saat saya baru semester 1 sekarang ini mau UAS bingung setengah mati ini MTK gak ngerti sama sekali. namun kalo logika oke insyallah udh paham betul program HTML,PHP,CSS,C++,C,VB,Excel,Access. gimana ini..?

  17. Kak mau tanya ..
    akukan anak SMK ambil jurusan MULTIMEDIA ..
    Aku bingung kak, ntar lulus mau ambil antara informatika sama broadcast, kalau informatika, matematikaku 0 besar, gk bisa ..
    disisi lain aku juga pngn masuk dibank kan ada yg buat anak nformatika gtu ..
    dan disisi lain aku juga pengen jadi produser malah cita cita ku aku pengen masuk di crew TRANS TV kak ..
    solusinya gmn enak nya ?

    1. Kalau mau kerja di stasiun TV pilih jurusan broadcast atau teknik telekomunikasi.

      Kalau mau fokus di multimedia, mending masuk jurusan itu aja. Kalau teknik informatika itu fokusnya di programming. Programming itu butuh skill matematika dan kemampuan logika yang lumayan.

      Tapi kembali lagi, keputusan ada di tanganmu. Saran saya, ikuti kata hati. Pilih yang paling kamu sukai.

  18. bang.saya kelas 12 sekarang. saya bercita” jadi securty network dan dasar”nya pun sudah saya kuasai.saya juga dapat piagam juara 2 kompetisi pengamanan jaringan/hacking dijakarta .. beserta berbagai bahasa pemrograman pun lumayan saya kuasai .nah saya ingin sekali masuk TI ITS , nah apa ada saran dari abang gimana strategi” masuk di TI ITS bang ? apa piagam saya itu gak bisa jadi tambahan pertimbangan ? terimakasih

    1. Waduh, kalau strategi masuknya jangan tanya saya. Saya kurang ngerti soal jalur masuk ITS. Soalnya zaman saya dengan sekarang banyak perbedaan.
      Saya dulu ikut SNMPTN (sekarang SBMPTN) jadi saya kurang tahu jalur masuk yang lain yang bukan tes tulis.

      Coba tanya guru BK aja. Yang lebih paham masalah beginian.

      Maaf ya.

  19. wulandari

    nice info kak.
    saya sekarang kelas 12.lagi bingung pengen ngambil jurusan kuliah apa.
    tapi kepengen t.informatika.kalo mtk enggak jago si. tapi lumayan suka. kalo soal bahasa pemrogaman dan coding saya enggak ngerti.
    mohon sarannya kak.thanks. ^-^

    1. Saran apa?

      Agak susah ngasih saran kalau nggak tahu secara pasti seperti apa kemampuannya. Yang jelas, pilih jurusan berdasarkan apa yang kamu sukai.

      Kalau memang suka desain, masuk jurusan desain. Kalau memang tertarik dunia broadcast, masuk jurusan broadcast. Kalau suka bisnis, masuk jurusan bisnis. Suka bikin program komputer, masuk teknik informatika.

      Itu kuncinya. Pilih jurusan yang ilmunya kamu sukai. Biar kamu enjoy dan nggak terlalu merasa terbebani ketika menjalaninya. ๐Ÿ™‚

      1. bang.saya kelas 12 sekarang. saya bercita” jadi securty network dan dasar”nya pun sudah saya kuasai.saya juga dapat piagam juara 2 kompetisi pengamanan jaringan/hacking dijakarta .. beserta berbagai bahasa pemrograman pun lumayan saya kuasai .nah saya ingin sekali masuk TI ITS , nah apa ada saran dari abang gimana strategi” masuk di TI ITS bang ? apa piagam saya itu gak bisa jadi tambahan pertimbangan ? terimakasih

  20. akil

    bang saya mau tanya saya siswa kelas akselerasi dari aceh yang ingin msk teknik informatika its…..
    nilai kimia,mtk,fisika,biologi saya lumayan
    tapi bahasa inggris saya kurang…
    cocok ga???
    kalau alumni ada pengaruh ga ??
    trims

    1. Wah, kalau masalah nilai saya kurang paham. Tapi yang jelas, salah satu skill dasar yang paling dibutuhkan di teknik informatika adalah kemampuan logika dan matematika. Kalau kamu merasa kemampuan logika dan matematikamu lumayan, kemungkinan besar kamu akan cocok di teknik informatika.

      Kalau bahasa Inggris itu hanya skill penunjang. Begitu.

  21. Vera Mudyawati

    Kak, saya mohon solusinya. Saya kelas 12 ipa, saya ingin menjadi guru dan saya suka tentang komputer, saya tertarik ingin masuk jurusan informatika tp nilai matematika saya kurang bagus. Ketika tes SNMPTN nanti, yg mana yg lebih baik untuk jurusan pilihan pertama ?
    Mohon bantuannya kak

    1. Kalau memang berminat dengan komputer dan punya cita-cita untuk menjadi guru, sebaiknya kamu pilih pendidikan teknik informatika aja. Selain karena sesuai dengan minat dan cita-cita kamu, jurusan pendidikan biasanya passing grade-nya tidak setinggi jurusan teknik informatika. Sehingga peluang untuk bisa lolos lumayan besar.

      Semoga bisa membantu.

      1. Waduh, kalau bedanya saya kurang tahu pasti. Soalnya saya baru merasakan kuliah di Teknik Informatika. Kalau pendidikan teknik informatika itu yang jelas tujuannya buat mendidik para calon guru TIK dan semacamnya.

        Jadi, kemungkinan besar materinya tentang pedagogi (pembelajaran) dan teknologi informasi.

        Kalau teknik informatika fokus pada pengembangan aplikasi.

        Lulusan teknik informatika itu gelarnya, S.Kom (Sarjana Komputer). Sedangkan lulusan pendidikan informatika itu gelarnya S.Pd.

        Itu aja sih yang saya tahu.

  22. sandi baafadhal noah

    apa sih keuntungan masuk tehknik informatika,,, soalnya saya baru mau masuk,,, dan akan ikut ospek hari sabtu ini,, di jelasin ya,,

    1. Wah, kalau keuntungan sih banyak sekali. Karena di Informatika kamu bisa berkesempatan untuk membuat aplikasi-aplikasi sekeren Google, Facebook, Twitter, dan semacamnya. Belum lagi sekarang ini lagi booming smartphone. Sehingga peluang untuk membuat aplikasi dan game semakin terbuka lebar. Sebenarnya masuk teknik informatika itu sudah keuntungan tersendiri. Karena tidak semua orang berkesempatan untuk bisa masuk teknik informatika. Terlebih lagi di kampus negeri. Tapi pada akhirnya, semua kembali lagi pada kita sendiri. Apakah kita bisa menjaga semangat kita untuk terus penasaran dan terus belajar tanpa henti.

  23. ghozi

    kak mau tanya… saya di smk jurusan tkj,.. Tpi minat saya lebih di desain web dan animasi,..soal saya kurang suka sma yg ada kabel”nya gtu..hehe kalo say mau ambil jurusan desain grafis apa bda jauh sma plajrn yg sya dpt di tkj..? Dan apa bisa kak mski aku cma pernh dpet pljrn dsain web di tkj 1 kali..?? Mohon pendaptnya kak..
    Arigatou gozaimazu (terimakasih bnyak)

    1. Kalau minat desain sih mending masuk jurusan desain grafis. Kalau minat membuat web sih mending masuk IT. Kalau masalah bisa atau gak, itu semua butuh waktu dan pasti ada jalan untuk orang-orang yang mau berusaha. Pilih jurusan yang kamu sukai. Yang ilmunya selalu membuat kamu penasaran dan ingin terus belajar.

  24. shofy

    kak,saya ingin bekerja di pixar/disney sebagai animator ato ga jadi pembuat game kyk the sims. Prospek kerja dri lulusan teknik informatika mungkin ga kerja kyk gitu?

    1. Kalau animator sih sebenarnya jurusan yang paling pas adalah Desain Grafis. COba buka http://pinoditart.blogspot.com/ . Itu adalah blog milik salah satu animator Indonesia yang bekerja di Kuwait. Coba kenalan dan minta saran kepada beliau.

      Tapi kalau minat bikin games, secara umum, games itu membutuhkan 2 tim: tim programmer dan tim desainer. Jadi, keputusan di tangan kamu. Kalau memang lebih suka desain, menggambar, animasi, dan semacamnya, sebaiknya masuk jurusan desain. Tapi kalau kamu lebih berminat untuk mempelajari pemrograman, sebaiknya masuk teknik informatika.

      Semoga bisa membantu.

      1. shofy

        wah,terima kasih banyak kakak atas sarannya. setelah berkonsultasi dengan banyak orang,sepertinya memang saya sudah mantap memilih teknik informatika. Insya Allah tahun 2014 saya sudah menjadi mahasiwi Teknik Informatika ITS (aamiin..) ๐Ÿ˜€

  25. intan

    Artikel dari 1 – 3 uda dibaca semua, makin tertarik ke informatika tapi sampe sekarang masih berat sama materi matematika. Jujur dulu sempet suka matematika, tapi setelah SMA minat saya berkurang, jadi apakah saya masih berkesempatan di informatika? Mohon bantuannya, terimakasih:)

    1. Matematika itu hanya sebagian faktor saja. Pada akhirnya passion dan kemauanlah yang menentukan keberhasilan di dunia perkuliahan. Karena akan percuma saja punya kemampuan matematika yang baik kalau ternyata tidak punya semangat dan tidak punya kemauan untuk belajar.

      Maka dari itu, jangan terlalu fokus pada jurusannya. Kalau bisa, kenali dulu apa yang kamu sukai sebelum menentukan pilihan jurusan. Karena mengerjakan apa yang kita sukai itu akan lebih mudah dan menyenangkan.

  26. achmad divie

    kalau masuk teknik informatika tetapi kita masih belum tau apa apa gimana ?
    saya jurusan smk desain grafis mas

    mohon balasannya

    1. Maaf baru sempat balas. Kalau SMK Desain Grafis sih mending masuk jurusan Desain. Soalnya di Teknik Informatika gak ada materi desain sama sekali. Kecuali kalau kamu memang punya passion ngoding (baca: pemrograman).

  27. Putri Utami D

    Bang, katanya bidang studi yang menunjang matematika sama logika . rumit gak bang? kebanyakan cowok ya di teknik informatika itu?

    1. Gak usah terlalu dipikirin deh rumit atau nggaknya. Rumit atau nggak itu relatif. Kalau kamu suka, kamu nggak akan merasa sulit kok. Percaya deh.

      Makanya, dari awal aku selalu bilang. Pilihlah jurusan yang membuat kalian selalu merasa antusias. Pilihlah bidang yang kalian cintai. Kalau kalian sangat suka menggambar, sebaiknya masuk jurusan desain. Kalau sangat suka utak-atik mesin motor, mending masuk teknik mesin. Begitu seterusnya.

      Kalau memang minat masuk teknik informatika, pastikan kalian memang suka mengutak-atik bahasa pemrograman. ๐Ÿ˜€

  28. Coretanku

    Mas, tanya donk ..klw misalnya udah masuk di Informatika gitu ya, awal-awal sih seneng ngerasa mampu gitu ya di berbagai mata kuliah, tapi pas udah semester 4 gitu kan tambah rumit mata kuliahnya, sehingga dijalani kayak ngerasa berat gitu, solusi nya gi mana donk ?

    1. Saya juga mengalami hal yang sama dulu.
      Bisa jadi hal itu karena memang teknik informatika bukan passion kita.

      Saran saya sih, cari teman yang rajin. Biar kamu bisa minta bantuan ketika kesulitan. Selain agar kamu bisa termotivasi juga dengan kerajinan dia.

      Jangan sungkan untuk minta diajari temen kalau memang tidak bisa. Soalnya semakin jauh kita tertinggal, semakin berat untuk mengejar.

    1. Beda nama. ๐Ÿ˜€

      Hehe. Kalau di Teknik Informatika, kamu nanti akan banyak berhadapan dengan pemrograman. Sebagian besar materi di teknik informatika itu tentang pemrograman.

      Kalau di Sistem Informasi, kamu nanti akan banyak bertemu dengan pemanfaatan teknologi. Materi pemrograman memang ada, tapi porsinya tidak sebanyak yang ada di Teknik Informatika.

      Kurang lebih begitu.

  29. ZIKRULLAH

    ASSALAMUALAIKUM KAK…..
    OYA KAK BIAYA S1 KULIAH TEKNIK INFORMATIKA PER SEMESTERNYA BERAPA???

    MOHON JAWABANNYA ….

    THANKS ATAS JWABANNYA…….

    1. Kalau di ITS sih semua jurusan SPP-nya sama. Pada tahunku dulu, SPP-nya 1.25 juta per semester. Kalau nggak salah, sekarang SPP-nya sekarang naik jadi 1.8 juta per semester.

      Di kampus lain biasanya ada yang SPP-nya bergantung jumlah SKS yang diambil. Tapi kalau di ITS, mau berapapun SKS yang diambil, jumlah SPP yang harus dibayarkan tetap sama.

  30. tantri mindrawan

    mohon info donk , saya sudah dapt kartu peserta SNMPTN terus saya mau daftar ke ITS gmn cranya ya?? saya udah cari info kemana2 ga dpt2 loh … thanks …

  31. ali imron

    bang 5w nax kra2 jurusan informatika lulusanx tuh kerja dmn/dbidang ap?!

    Klo blh sya minta email or klo bsa fbx donk biar lbh gampang komunikasix…!

    thanks before…!

    1. Masuk teknik informatika tidak harus punya laptop kok. tapi kalau memang berniat membeli laptop, sebaiknya perhatikan spek (spesifikasi) laptopnya dengan sesama.

      Kalau saya sih biasanya lihat processor, harddisk, vga, dan ram. Selebihnya (webcam, dll) biasanya tidak terlalu saya perhatikan. Karena tidak terlalu berpengaruh pada performa laptop.

    1. Kalau ingin banget saya rasa bisa.

      Kuncinya adalah ‘ingin’. Kalau meminjam istilah agama saya, setiap hal itu tergantung niatnya. Sama halnya dengan itu, kunci dari proses pembelajaran adalah keinginan / hasrat.

      Yang susah itu kalau sudah masuk di teknik informatika, ternyata keinginan untuk mempelajari bidang IT cuma keinginan sesaat saja.

      Bedakan keinginan semu dengan keinginan yang benar-benar ingin anda wujudkan. Pastikan bahwa keinginan Anda untuk mempelajari IT bukanlah keinginan semu. ๐Ÿ™‚

  32. Dyah P I

    wah makasih infonya, kalo bisa kasi tau lebih banyak lg ttg apapun di teknik informatika ya kk ๐Ÿ˜€
    *lagi cari info nih hehe*

  33. Ahmad

    bang, ane mau tanya. klo lulusan smk kira2 bisa dapet tempat gak yah di TI its? rencananya ane mau daftar lewat jalur bidik misi

  34. Mat Jr

    Kak, tahun ini, saya udah berencana masuk Teknik informatika ataupun Sistem Informasi di ITS, tapi ada bberapa prtnyaan yg menjanggal dlm fikiran sya, 1. Apa utk msuk & bersaing di IT, apa ada hal dsar yg hrus dimiliki ?? Satu2nya alasan kenapa saya ingin masuk IT, karena saya tertarik dgn komputer & game. 2. Lulusan Jurusan IT itu bisa jadi apa sja ?

    1. Hmmm… gimana ya? saya kuliahnya di jurusan teknik informatika aja sih. Jadi, ya ngertinya cuma tentang teknik informatika.

      Atau mungkin kamu bisa kirim email ke kamuitubeda@gmail.com kalau memang ingin tanya-tanya seputar kuliah.

      Semoga membantu. ๐Ÿ™‚

  35. siti sholikah

    kak,kalo boleh tau. . nilai minimal brapa pd saat smster 3,4,5 yg memungkinkan di trima di IF ya kak?
    dan saya punxa sertifikan perempat final saat NLC tahun ini. .ap bisa membantu ya kak? trimakasih

    1. Saya sendiri kurang paham dengan mekanisme SNMPTN undangan. Soalnya, waktu saya dulu adanya cuma SNMPTN sama PMDK.

      Tapi, menurut saya, sebenarnya gak ada batasan pastinya sih. soalnya dari tahun ke tahun kan peminatnya berbeda-beda. Kalau tahun kemarin nilai rata-rata yang diterima adalah 8.5 misalnya. Bisa jadi tahun ini, 8.1 sudah bisa diterima.

      Jadi, tidak ada batasan pasti berapa nilai yang diterima.

      Soal NLC, memang benar, juara NLC bisa mendapatkan free ticket untuk masuk ke T.Informatika. Tapi itu hanya fasilitas khusus yang diperuntukkan bagi juara.

      Kalau memang sertifikat bisa dijadikan bahan pertimbangan, sepertinya sertifikat-sertikat yang diakui di kampus-kampus negeri adalah sertifikat olimpiade sains nasional (OSN).

      Kurang lebih begitu.

  36. yayat-flugelhell

    Sebelumnya …. artikelnya menarik bro… lucu lagi.. hehe…
    gw baru aja masuk TI, dan memang yg jadi rumit tuh matematikan dan logikanya hehe… maklum…. otak susan di ajak mikir klw menyangkut kaya gituan….. bro gw masih bingung .. kira2 gw harus fokus ke program apaan ya ? menurut mas bro kira2 program yang gak bakalan habis termakan waktu ntu apaan ya?

    1. hehe, makasih.

      kalau kata dosen saya sih, jangan terlalu fanatik sama bahasa tertentu. soalnya teknologi selalu berkembang. bahasa pascal atau vb dulu pernah jaya. tapi sekarang? sudah hampir tinggal nama.

      pelajari konsep pemrogramannya dengan baik, dengan begitu, mau bahasanya apapun kita tetap bisa survive dan bisa adaptasi.

  37. bambang nurdiansyah

    sabtu besok saya sudah masuk,, kuliah di jurusan teknik informatika,,, tapi pengetahuan saya masih nol besar nih ,, di jurusan tersebut,, tPI saya pengen sekali ,,,, kiat dan sarannya bagai mana yaa,, agar saya bisa tercapai cita2 saya….?

  38. alfon

    kak mau tanyaa dunk
    kalo buat anak t.infrmtika laptop thosiba l735-1140u dg spesfksi
    -intel pentium dual core b960 (2.2ghz)
    -4 gb ddr3 ram
    -320 hardisk
    -intel hd graphic

    Uฯ‘ยชh menuhin sarat lum?

  39. intan nova

    minat banget dg TI tapi kalau saya ini gimana ya :O suka ababil nih, kadang matematika saya oke, tapi kadang matematika saya gak banget . kira-kira nanti bakalan kesulitan gak ya kak?

    1. Teknik Informatika gak sepenuhnya tentang matematika kok. Memang sih, dasar keilmuan teknik informatika adalah matematika. Tapi bukan berarti setiap semester kita akan berjumpa dengan hitung-hitungan.

      Ada kalanya materinya malah lebih banyak tentang pemrograman. Dan untuk mata kuliah tentang pemrograman ini, kemampuan logika jauh lebih penting daripada kemampuan matematika.

      Kalau memang minat untuk masuk informatika, mulai sekarang coba searching-searching tentang pemrograman. Kalau bisa cari tutorialnya sekalian untuk dipraktekkan.

      Kalau memang ternyata kamu merasa mudah memahami teori-teori pemrograman, sepertinya kamu memang cocok masuk Teknik Informatika.

    1. Kalau memang minat ya silakan dicoba. ๐Ÿ™‚

      Memang, lulusan teknik informatika itu mirip sama lulusan desain. Sama-sama bisa independen kalau soal kerjaan. Karena memang dua bidang tersebut banyak dibutuhkan.

      Tapi kalau untuk jadi entrepreneur (pengusaha) sih, saya rasa semua jurusan memungkinkan mahasiswanya untuk jadi pengusaha. Asalkan mahasiswa yang bersangkutan memang benar-benar niat untuk mewujudkannya.

      Untuk lebih jelasnya, setelah ini akan saya jelaskan dalam postingan saya selanjutnya. Tunggu saja. ๐Ÿ™‚

    1. Susah atau gak, itu relatif. Tergantung jalur masuknya dan tergantung orangnya. Kalau kamu memang cukup rajin dan cukup pintar waktu SMA, mungkin tidak terlalu susah.

      Yang bikin susah itu mungkin karena banyaknya peminat jurusan teknik informatika.

      Kalau memang sangat berniat untuk masuk, jangan takut. Coba aja. Saya dulu juga cuma modal nekat kok waktu SNMPTN ๐Ÿ˜€

  40. wah sama donk, saya juga IF tapi jujur IF susah banget bagi yang g suka programing… yang saya tangkap sampai hari ini IF isinya hanya koding dan koding..

  41. Pingback: Tentang Teknik Informatika ITS (2) « Kamu Itu Beda

  42. Pingback: Tentang Teknik Informatika ITS (1) « Kamu Itu Beda

Ada komentar?

