Uang = Bukan Sumber Kebahagiaan

Sadar nggak sih kalau kita kadang terjebak dalam pemikiran bahwa uang bisa memberikan kita segalanya? bahkan kebahagiaan yang selama ini dicari-cari oleh banyak orang pun konon katanya bisa terbeli dengan uang.

 

Memang sih, dengan mempunyai semakin banyak uang, kita bisa terus berada dalam kondisi aman. Setidaknya aman secara finansial. Tapi kalau sudah sampai mendefinisikan uang sebagai sumber kebahagiaan sih sepertinya sudah mulai ada yang salah dengan pola pikir kita. Setidaknya begitu menurut saya. Karena uang itu hanya akan terlihat begitu menggiurkan ketika kita sedang tidak punya.

Ada banyak sekali hal-hal menarik dalam hidup yang tidak butuh banyak uang untuk mendapatkannya. Keluarga, teman, kesehatan, semuanya tak terbeli dan tak bisa digantikan dengan uang. Andaikan kita bisa memilih, maukah kita menukar keberadaan teman atau anggota keluarga kita dengan uang bermilyar-milyar?

Setidaknya itulah yang dirasakan oleh Alitt baru-baru ini. Meskipun di Jakarta dia bisa mendapatkan banyak kemudahan dan banyak sekali nikmat yang tidak pernah dia rasakan sebelumnya, toh pada akhirnya dia tetap memutuskan untuk kembali ke Jogjakarta. Kota yang banyak menyimpan kenangan hidupnya.

 

Kasihan, begitulah yang saya rasakan ketika melihat orang yang begitu terobsesi mengumpulkan banyak uang sampai-sampai lupa untuk memanfaatkan uang yang telah dimilikinya. Dan saya lebih kasihan lagi ketika melihat orang yang begitu terobsesi untuk bekerja siang malam dengan alasan demi masa depan anaknya. Padahal secara finansial, mereka sudah bisa disebut sebagai kaya raya.

 

Sudah lupakah kita bahwa bahagia itu sederhana?

 

Terakhir,

Seperti kata Alit dalam postingan terbarunya, uang itu tidak bisa memberikan kita kebahagiaan, tapi cuma kesenangan.

Advertisements

3 thoughts on “Uang = Bukan Sumber Kebahagiaan

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s