Mencari Ide PKM

Seperti halnya ide-ide yang lain, ide untuk membuat PKM itu terkadang sama sulitnya untuk dicari. Tapi kalau kita mau sedikit berusaha, sebenarnya ide itu ada di mana saja. Bahkan saat kita sedang makan di warung kaki lima di pinggir jalan ataupun saat kita sedang mampir ke toilet umum misalnya.

Kalau kalian sedang ingin membuat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), jangan pernah takut kekurangan ide. PKM itu luas, setahu saya ada 7 macam: PKM-M, PKM-K, PKM-P, PMK-T, PKM-KC, PKM-GT, dan PKM-AI. Kalau memang kalian minat di dunia sosial ya mending kalian mencari ide untuk PKMM, kalau kalian minatnya di dunia marketing dan kewirausahaan ya sebaiknya kalian membuat PKM-K, begitu seterusnya. Sesuaikan PKM yang akan kalian buat dengan minat kalian.

Kalau kata Mas Ferdi dulu waktu masih aktif menjadi menjadi mahasiswa S1, ide PKM itu bisa dicari dengan 4 cara:

1. Melihat-lihat judul yang pernah lolos didanai. 
Dengan melihat judul PKM yang pernah lolos didanai, setidaknya kita jadi bisa tahu, bagaimana kriteria PKM yang kemungkinan besar akan didanai. Dan biasanya kriteria untuk tiap PKM itu berbeda. Untuk bidang PKMK, unsur kreativitas dan daya juallah yang akan dijadikan pertimbangan utama apakah proposal tersebut layak didanai atau tidak. Untuk bidang PKMM, unsur kreativitas, kebermanfaatan, dan keberlanjutan program yang akan paling banyak dijadikan pertimbangan. Untuk PKMP, harus ada unsur kreativitas, dan inovasi. Untuk PKMT, harus ada unsur kreativitas, inovasi, dan kebermanfaatan bagi mitra. Untuk PKMKC, harus ada unsur kreativitas dan peluang untuk paten atau peluang untuk diimplementasikan kepada masyarakat nantinya kalau programnya berhasil dijalankan. Untuk PKMGT, harus ada unsur kreativitas dan inovasi atas penyelesaian masalah publik. Untuk PKM-AI, saya kurang paham apa yang dinilai. Tapi yang jelas harus ada unsur kreativitas. Namanya juga program KREATIVITAS mahasiswa ya? 🙂

2. Cari Ide dari Hobi
Salah satu cara paling mudah untuk menemukan ide PKM adalah dengan memanfaatkan hobi. Punya hobi masak? jadikan ide untuk membuat PKMK agar bisa dapat modal dan bisa mandiri secara finansial. Punya hobi membaca buku? jadikan ide untuk membuat PKMM berupa gerakan sosial bagi anak-anak yang kurang mampu agar bisa membaca buku tanpa harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Selain relatif mudah dicari, ide PKM yang berasal dari hobi juga lebih enak dalam pelaksanaannya. Karena sudah hobi, kita pun tidak akan merasa terbebani dengan PKM yang kita jalankan nantinya kalau didanai.

3. Recycle Makalah Lama
Pernah punya makalah yang didanai? gunakan lagi! Idealnya, 1 ide itu bisa digunakan untuk 5 judul PKM. Tapi biasanya sih digunakan untuk 2-3 PKM yang berbeda. Cari PKM-GT yang pernah didanai di tahun sebelumnya untuk diimplementasikan ke dalam PKMP atau PKMT. Cari PKMP yang pernah didanai untuk dijadikan sebagai PKMT atau PKMM. Cari PKMT yang pernah didanai untuk dijadikan PKMM atau PKMK. Dan kalaupun PKM kalian tidak pernah didanai, kalian bisa mencari PKM-PKM teman kalian atau senior kalian yang sudah tidak dilanjutkan lagi. Atau jika kalian masih penasaran dengan PKM kalian yang dulu tidak didanai, kalian bisa juga memperbaikinya agar bisa didanai.

4. Tanya Pada Ahlinya
Ahli yang saya maksud di sini bukanlah profesor atau pakar di bidang tertentu. Petani, pengayuh becak, perangkat desa, siapa saja bisa kita jadikan ahli. Perbanyak komunikasi dan jejaring pertemanan kalian. Karena semakin banyak yang kita kenal, peluang kita untuk menemukan masalah juga menjadi semakin banyak. Menemukan masalah merupakan satu langkah menuju menemukan ide. Karena ide PKM itu seringkali terkait dengan penyelesaian masalah.

Cari tahu apa masalah para petani. Cari tahu apa masalah para pengamen dan anak jalanan. Cari tahu apa masalah para pedagang kaki lima. Cari tahu masalah orang-orang di sekeliling kalian. Cari tahu masalah sosial yang ada di lingkungan kalian. Ingat, masalah adalah sumber ide paling melimpah. Bagaimana tidak, 1 masalah saja bisa menghasilkan puluhan ide untuk menyelesaikannya. Iya kan? 🙂

 

Saya kira cuma itu yang bisa saya share hari ini. Itu tadi beberapa tips mencari judul PKM dari Mas Ferdi ketika mengisi kegiatan keilmiahan di jurusan saya beberapa tahun silam yang sempat saya simpan sebagai draft pesan di hp.

Pesan saya, kalau nemu ide, langsung catat idenya. Kalau kebetulan tidak bawa kertas dan bulpen untuk mencatatnya, gunakan hp atau gadget lainnya. Kalau saya sih biasanya suka mencatat ide ke dalam bentuk sms. Soalnya handphone saya masih belum smart. (kok malah curhat?)

Ya sudahlah, pokoknya jangan lupa menuliskan ide yang terlintas. Karena bisa jadi bukan kita yang menemukan ide. Tapi idelah yang mendatangi kita.

Semangat ya! 😀

Advertisements

24 thoughts on “Mencari Ide PKM

  1. thanks bro, artikelnya membantu karna ane lagi binggung pilih judul yang mana. Bukan karena ngak ada ide tapi karna kebanyakan hahaha. Takut ngak bisa ikhlas ngerjainnya jadi ane mau cari reverensi supaya gampang dalam penguasaan materinya.

  2. Kim Parker

    Thanks atas pencerahannya. Secara baru ngeh kalo satu ide bisa jadi 5 judul. Menurut Kakak kalo misal PKM di bidang sosial peluang maju ke pimnas besar nggak sih? Makasih banget. 🙂

    1. Kalau masalah peluang, semuanya tergantung pada kualitas PKM kita.

      Jadi, mau apapun bidangnya, kalau kualitas PKM dan realisasinya bagus, insyaAllah peluangnya untuk lolos PIMNAS juga semakin besar.

    1. Solusinya? semakin banyak baca, semakin sering bepergian.

      Ide itu tidak datang sendirian. Ide itu datang bersama masalah. Masalah + solusi = ide. Coba baca berita, masalah apa aja yang ada di sekitar. Coba bepergian ke tempat-tempat yang tidak pernah kamu kunjungi. Karena bisa jadi, di sana kamu akan dapat isnpirasi. Intinya, kurang ide itu merupakan indikasi bahwa kita kurang tahu masalah yang ada di sekitar kita.

  3. Pingback: Tips Mencari Ide PKM | Catatan Nanto

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s