Biasakan Mencegah

Entah sudah berapa kali saya melihat pengumuman tentang hilangnya STNK di banyak tempat di sekitar kampus. Jangankan STNK, semangat (untuk masuk kuliah) aja mudah hilang ya. (eh?)

Oh iya, kalian yang tidak pernah diizinkan untuk naik motor oleh orang tua kalian mungkin tidak begitu paham pentingnya surat bernama STNK ini. Bisa dibilang STNK adalah tiket masuk ke tempat parkir kampus dan tempat parkir di pusat-pusat perbelanjaan. Jadi, kehilangan STNK itu sama saja kehilangan kesempatan untuk bisa hedon ke Mall membawa motor ke kampus. Kurang lebih begitu.

Saya sendiri memang pernah kehilangan STNK. Kejadiannya sudah berlangsung hampir setahun yang lalu. Dan alhamdulillah, pada akhirnya STNK motor saya tidak pernah ketemu lagi.

Saya yakin, apa yang saya alami waktu itu mungkin akan sedikit berbeda kalau saja saya menempelkan nomor hp atau nomor telepon rumah saya di STNK saya yang hilang tersebut. Tapi sayangnya, inisiatif untuk melakukan tindakan preventif tersebut baru muncul tersebut setelah STNK saya hilang.

Mencantumkan nomor HP di STNK memang tidak mengurangi kemungkinan hilangnya STNK. Tapi menurut keterangan yang pernah saya, kalau tidak bisa mencegah, upayakan untuk meminimalisir dampaknya. Dan saya rasa, mencantumkan nomor HP di STNK itu termasuk kategori meminimalisir dampak.

Dari sana, saya sekarang jadi belajar banyak…

Ternyata, selama ini saya memang jarang melakukan tindakan preventif. Saya orangnya lebih cenderung reaktif. Dan mungkin karena kebiasaan ini juga, pada akhirnya saya jadi punya lebih banyak hal-hal yang harus disesali daripada hal-hal yang harus disyukuri.

Saya akui, selama kuliah ini saya jarang melakukan aktivitas saya secara total. Saya jarang memberikan usaha maksimal saya pada aktivitas kuliah saya. Di pondok pun sama, saya belum pernah memberikan usaha maksimal saya dalam menyelesaikan hafalan Alquran yang sudah saya mulai sejak lama. Dan hasilnya? saya rasa tidak usah dijelaskan lagi. Karena saya rasa kalian sudah bisa menebak bagaimana hasilnya.

Satu pelajaran lain yang saya dapatkan dari kejadian tersebut, ternyata bersungguh-sungguh dalam segala aktivitas yang kita lakukan itu bukan hanya tentang sukses atau tidak sukses. Seandainya semua orang sadar pentingnya sebuah tindakan pencegahan, saya yakin, tidak akan pernah ada orang yang tidak bersungguh-sungguh dalam menjalani aktivitasnya. Karena bersungguh-sungguh dalam melakukan segala aktivitas itu sebenarnya juga bentuk lain dari tindakan preventif agar kita tidak kecewa di kemudian hari.

Dan seandainya semua orang selalu sadar pentingnya tindakan pencegahan, mungkin tidak akan pernah ada orang yang melakukan dosa. Karena tidak melakukan dosa juga berarti melakukan pencegahan dini dari ancaman siksa kubur dan siksa neraka. (waduh, kok jadi berat gini bahasannya?)

Ya sudahlah, mari kita akhiri saja cerita saya kali ini. Karena saya khawatir pembahasan ini akan semakin meluas ke bidang-bidang yang bukan keahlian saya.

Pesan saya buat kalian yang membaca postingan ini, ubahlah kebiasaan-kebiasaan kalian yang bersifat reaktif. Jangan menunggu hujan, baru mencari pinjaman payung. Mulai sekarang, biasakan sedia payung dulu sebelum hujan.

Oh iya, saya ingatkan lagi, jangan lupa cantumkan nomor hp atau nomor telepon yang bisa dihubungi di STNK yang kalian punya. Percayalah, mencantumkan nomor hp di STNK itu lebih mudah daripada memasang pengumuman di banyak tempat, kawan. 🙂

 

One thought on “Biasakan Mencegah

  1. nice simple important tips,

    klo ane di dompet ada secarik kertas bertulis nomer hape,
    emang dah pengalaman juga, untung ada SKK yang baik yg mau ngembaliin,

    coba klo gda nomer HP, ya sudahlah…

Ada komentar?

