Self-Motivation

Jadi ceritanya, minggu lalu, saya mendapat sebuah email dari dropbox yang berisi ajakan agar saya kembali menggunakan layanan awan yang satu ini. Begini isi emailnya:

Setelah membaca email tersebut, saya jadi sadar kalau saya sudah cukup lama tidak menggunakan layanan dropbox. Saya sendiri tidak yakin kapan terakhir kali menggunakan dropbox. Akhir-akhir ini, aktivitas transfer data saya kembali ke jaman ‘jahiliyah’ dengan menggunakan flashdisk. Padahal kalau dipikir-pikir, untuk beberapa tipe data seperti file dokumen (.doc, .pdf, .ppt, etc), transfer menggunakan dropbox jauh lebih simpel dan lebih terjaga keamanan datanya daripada transfer data menggunakan flashdik yang rentan terhadap penyebaran virus.

Meskipun sudah mendapatkan email seperti di atas, saya masih belum pernah mengakses dropbox saya lagi. Tiba-tiba saja saya merasa bahwa saya masih belum begitu membutuhkan layanan yang satu ini. Aneh? memang. Karena sebagai seorang mahasiswa kadaluarsa, layanan cloud data seperti dropbox semestinya sangat bermanfaat dalam pendokumentasian TA (Tugas Akhir).

 

Dari situ saya kemudian sadar, sampai kapanpun, orang-orang di sekitar kita hanya mampu mengajak dan mengingatkan. Apakah kita mau berubah atau tidak, semuanya kembali lagi pada diri kita. Selama diri kita tidak mempunyai kemauan kuat untuk berubah, sehebat apapun kalimat motivasi yang diberikan, saya yakin, tidak akan pernah ada yang namanya perubahan.

Seperti yang pernah saya tuliskan di blog ini, motivasi paling besar itu motivasi yang didasari oleh pemikiran dan kesadaran diri. Selama kita belum menemukan “Aha!” momen, selama itu pula kita akan melakukan suatu hal dalam bayang-bayang keterpaksaan.

Dan karena itulah, refleksi (merenung) pada akhirnya menjadi penting untuk dilakukan. Karena dengan melihat ke belakang itulah, kita akhirnya bisa tahu apakah kita sedang salah jalan atau tidak, apakah kita sedang melakukan hal yang salah atau tidak.

 

Selamat malam. Selamat berefleksi.

2 thoughts on “Self-Motivation

  1. wah saya sudah membaca postingan-postingan di blog ini (mungkin belum semuanya), tapi jujur saya sangat suka blog Anda 😀
    awalnya saya hanya tertarik dengan postingan tentang Teknik Informatika, tapi setelah meluangkan waktu untuk membuka postingan yang lain, dan tahu bahwa anda itu gooner (mengingatkan saya pada sahabat baik saya), dan juga senang membaca buku, jadi mau kenal lebih jauh lagi.
    boleh tau username twitternya?

Ada komentar?

