Menuju 300.000 Domain .id di Tahun 2013

Jumlah blogger di indonesia sudah lebih dari 5 juta[1], tapi mengapa tidak banyak blogger dalam negeri tersebut yang menggunakan domain lokal (.id)? 

Di antara sekalian banyak blogger-blogger profesional yang saya tahu, ternyata tidak banyak yang menggunakan domain lokal. Satu-satunya blogger profesional dengan domain lokal yang paling saya ingat mungkin hanya mas ilmanakbar. Alasannya menggunakan domain lokal pun ternyata bukan murni secara pilihan pribadi. Tapi lebih mengarah pada keterpaksaan. Karena domain ilmanakbar.com tidak segera diperbarui  olehnya dan akhirnya dipakai oleh orang lain.

Berangkat dari pertanyaan dan fakta di atas, saya kemudian terinspirasi untuk membuat sebuah survei singkat tentang penggunaan domain lokal (.id). Setelah seharian tadi saya menyebarkan survei singkat tersebut di facebook dan di twitter, alhamdulillah sampai saat ini tercatat sudah ada 46 record data yang masuk. Berikut ini rangkuman hasil survei yang telah saya buat pada hari ini :

1

 

 

2

 

 

 

 

7

3

4

5

6

8

9 10 11 12

13

 

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman dan semuanya yang sudah menyempatkan waktu untuk mengisi survei singkat saya ini. Tak lupa, saya ucapkan terima kasih juga kepada om @nukman, bung @fadjroel, dan juga om @blontankpoer yang sudah membantu menyebarkan survei ini di twitter. 🙂

Kalau Anda melihat ada jumlah data yang kurang valid, itu disebabkan karena adanya salah pengaturan survei di awal. Seperti yang terjadi pada hasil survei poin kedua. Kalau melihat jumlah responden dari pertanyaan pertama yang menjawab tidak sebanyak 29, seharusnya responden pada poin survei kedua bukan 34 tapi 29 .

Meskipun ada beberapa data yang kurang valid, setidaknya hasil survei di atas bisa dijadikan gambaran tentang minat masyarakat pada penggunaan domain .id. Dan seperti yang Anda lihat, sebagian besar masyarakat kita lebih cenderung memilih domain global seperti .com untuk website maupun blog yang mereka miliki. Itu tidak lepas dari banyaknya penggunaan domain .com sehingga lebih familiar bagi kebanyakan orang.

Hasil ini sesuai dengan statistik berikut:

Copy of 2012_12 Statistik nama domain .id sampai dengan 1 Desemb

Gambar 1. Statistik penggunaan domain di Indonesia[1].

Sampai saat ini, .com memang menjadi domain yang paling familiar dan paling sering digunakan. Tapi kalau melihat jumlah penggunaan .co.id dan .web.id yang melebihi jumlah penggunaan domain .net, sepertinya penggunaan domain .id pada beberapa tahun terakhir ini memang mengalami peningkatan cukup pesat.

Hingga 19 Desember 2012, tercatat ada 103.882 domain .id yang terdaftar atau tumbuh 62,5% dibandingkan tahun 2011. Kenaikan domain .id tahun 2012 ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Melihat prestasi itu, PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) optimis domain .id bisa tumbuh 170% atau mencapai 300.000 domain di tahun 2013. “Kami berharap dalam satu tahun ke depan domain .id dapat melewati jumlah domain negara-negara lain di Asia Tenggara,” ujar Ketua Umum PANDI Andi Budimansyah, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (21/12/2012)[2].

 

Guna mewujudkan target 300.000 domain .id di tahun 2013, sebaiknya PANDI  rutin menyosialisasikan perubahan administrasi untuk pendaftaran domain sehingga masyarakat benar-benar paham dan tahu apa manfaat dan kelebihan dari penggunaan domain lokal dibandingkan dengan domain global yang sudah familiar itu.

Dan di sinilah, saya melihat adanya peluang kerja sama antara PANDI dengan komunitas-komunitas blogger yang tersebar di banyak daerah di Indonesia. Saya yakin, penggunaan domain .id akan mengalami peningkatan pesat jika PANDI mau menggandeng para blogger dan juga komunitas-komunitasnya yang ada di seluruh Indonesia untuk bekerja sama.

 

Referensi :

Sumber Gambar :

  • [1] : http://pandi.or.id/index.php/blog/2012/05/statistik-domain-id-2012

 

Advertisements

5 thoughts on “Menuju 300.000 Domain .id di Tahun 2013

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s