Simpan ke ‘Kantong’

Karena memang dasarnya suka sekali mencoba aplikasi-aplikasi yang banyak direkomendasikan di internet, beberapa saat yang lalu, saya menemukan sebuah aplikasi cukup menarik yang bernama pocket. Kalau kalian punya perangkat android, aplikasi ini bisa kalian temukan di antara sederet aplikasi yang masuk kategori editor choice yang ada di google play.

Secara umum, fungsi aplikasi pocket ini adalah untuk menyimpan link-link menarik yang kita temukan, agar bisa kita baca di lain waktu. Jadi, misalkan kita menemukan sebuah link yang kelihatannya menarik ketika mengakses twitter di hp, kita bisa menyimpan link yang ada di linimasa twitter kita tersebut untuk dibaca di lain waktu ketika kita mengakses internet dengan laptop atau komputer misalnya.

Kalau kalian masih bingung, berikut ini saya buatkan tutorial singkatnya. Untuk tutorial kali ini, saya mencotohkan bagaimana cara menyimpan link yang kita temukan di twitter. Simak baik-baik ya πŸ˜€

1. Buat akun pocket

Untuk bisa memanfaatkan layanan aplikasi yang satu ini, kalian harus bikin akun dulu di sini. Akun ini nantinya akan digunakan sebagai tempat membaca link-link yang telah kalian simpan sebelumnya.

2. Download Tweetcaster / pocket

Mengapa harus tweetcaster? karena tweetcaster adalah satu-satunya tweet client untuk android yang secara default punya pilihan untuk menyimpan link ke pocket. Untuk Untuk daftar lengkap aplikasi yang punya dukungan untuk pocket, bisa kalian simak di link berikut ini.

Selain dengan tweetcaster, kalian juga mendapatkan fitur ‘simpan link ke kantong’ ini dengan menggunakan aplikasi pocketnya langsung. Jadi, kalau kalian sudah nyaman menggunakan twitter client selain tweetcaster, jangan khawatir, kalian tetap bisa menyimpan link yang kalian temukan di twitter dengan menggunakan pocket.

3. Simpan link ke pocket

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah login ke akun twitter kalian dengan menggunakan twitter client yang kalian punya. Untuk tutorial kali ini, saya menggunakan ubersocial dan juga tweetcaster. Karena akhir-akhir ini saya merasa sangat nyaman menggunakan kedua twitter client ini.

Berikut ini contoh cara menyimpan link ke pocket:

Dengan ubersocial (dengan catatan sudah menginstall aplikasi pocket di hp)

2013-03-26 23.40.52Tahan tweet berisi link yang ingin kalian simpan.

2013-03-26 23.41.04Pilih menu share seperti yang ditandai di gambar.

2013-03-26 23.41.12Pilih menu ‘add to pocket’ seperti di atas

2013-03-26 23.41.26Setelah link disimpan, akan muncul keterangan seperti di atas.

Dengan tweetcaster

2013-03-26 23.44.56(1)Tahan link yang ingin kalian simpan

2013-03-26 23.45.12Pilih menu share

2013-03-26 23.45.18Pilih menu ‘save to pocket’

2013-03-26 23.45.26 Selesai πŸ˜€

Untuk membaca link yang telah kalian simpan, kalian bisa menggunakan aplikasi pocket yang telah kalian install sebelumnya. Atau jika kalian menggunakan komputer atau laptop, kalian bisa login ke webnya langsung.

Berikut ini contoh tampilan akun pocket saya beserta link-link yang telah saya simpan.

untitled

Demikian tutorial singkat menyimpan link di twitter dengan pocket. Semoga bermanfaat πŸ™‚

*) buat nesya: hutang saya sudah lunas lho ya πŸ˜‰

Advertisements

8 thoughts on “Simpan ke ‘Kantong’

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s