Mengenali Karakter Berdasarkan…

Beberapa saat yang lalu, linimasa Twitter saya banyak dihiasi oleh akun-akun yang membahas karakter berdasarkan Zodiak. Saya jadi teringat masa awal-awal twitteran dulu. Dulu saya sangat suka follow akun-akun yang membahas kecenderungan karakter berdasarkan Zodiak. Bahkan, saking antusiasnya, saya sempat membuat postingan tentang karakter zodiak saya di blog ini.

Setelah saya renungkan lagi, membaca karakter melalui zodiak itu gak sepenuhnya tepat. Kalau masing-masing zodiak punya satu atau dua sifat yang sama mungkin masih wajar lah ya. Tapi masa iya sih, semua Piscean itu karakternya sama semua? ๐Ÿ™‚

Lalu kemudian saya mulai meragukan akurasi pembacaan karakter melalui zodiak. Apalagi saya sendiri belum pernah menemukan ada yang melakukan penelitian antara hubungan zodiak dengan karakter. Dan akhirnya, akun-akun horoskop di Twitter yang dulu sering membahas karakter masing-masing zodiak pun sekarang sudah saya unfollow semua.

Setelah zodiak, muncul lagi satu pembacaan karakter yang cukup populer: mengetahui karakter berdasarkan tipe darah. Satu yang saya sukai dari info-info seputar karakter berdasarkan tipe darah adalah karena media yang digunakan adalah comic strip.ย Dan saya rasa keberadaan ilustrasi-ilustrasi ini menjadi kelebihan tersendiri bagi pembacaan karakter berdasarkan tipe darah.

Ilustrasi Blood Type Personality
Ilustrasi Blood Type Personality

Meskipun katanya sudah ada banyak penelitian tentang tipe darah dan hubungannya dengan karakter (umumnya di Jepang dan Korea), saya sendiri sampai sekarang masih agak ragu dengan akurasi penggunaan tipe darah untuk mengetahui karakter. Karena saya sempat beberapa kali menemukan ada penjelasan yang tidak sesuai dengan karakter saya sebagai seorang dengan tipe darah B. Dan meski kedua orang tua saya tipe darahnya B, saya tidak yakin kalau sifat saya sepenuhnya sama dengan sifat kedua orang tua saya.

Selain zodiak dan tipe darah, dulu waktu masih awal-awal kuliah (tepatnya waktu pra-TD), saya sempat dikenalkan dengan tipe karakter koleris, plegmatis, sanguinis, dan melankolis. Jika dibandingkan dengan zodiak dan tipe darah, pembagian karakter menjadi 4 macam ini saya pikir lebih tepat. Dan setelah saya beberapa kali mencoba tes, saya kemudian tahu kalau karakter saya adalah melankolis-plegmatis. Dan karakter melankolis-plegmatis ini juga pernah saya ulas dalam sebuah postingan di blog ini.

Dan dibandingkan dengan semua pembagian karakter di atas, pembagian karakter MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) menurut saya yang paling pas. Karena dalam MBTI, tolak ukurnya jelas. Selain itu hasil tesnya pun bisa dipertanggungjawabkan. Jarang sekali saya menemukan orang-orang yang hasil tesnya tidak sesuai dengan karakter mereka.

Kalau kamu ingin tahu apa karaktermu berdasarkan MBTI, kamu bisa coba tes di mypersonality.info

Click to view my Personality Profile page

Sekian penjelasan tentang macam-macam pembagian karakter dari saya.

Semoga bermanfaat.

——————————————————————————————————

Calon Mahasiswa Psikologi yang kemudian Memutuskan Masuk Teknik Informatika. ๐Ÿ˜€

Sumber gambar:
[1]ย https://www.facebook.com/BloodTypePersonality
[
2] mypersonality.info

9 thoughts on “Mengenali Karakter Berdasarkan…

  1. Pingback: Pentingnya Mengetahui Karakter - Kamu Itu Beda

Ada komentar?

