Pentingnya Mengetahui Karakter

Sebenarnya ini postingan yang ingin saya publikasikan kemarin, tapi entah kenapa saya tiba-tiba berubah pikiran dan membuat artikel yang kemarin itu. Anggap saja postingan saya yang kemarin itu sebagai pengantar bagi postingan saya yang satu ini.

Seperti yang telah saya ceritakan pada postingan saya sebelumnya, berdasarkan tes kepribadian MBTI, saya adalah seorang INFP (Introverted, iNtuitive, Feeling, Perceiving).

Kalau dari banyak artikel yang saya baca sih, INFP itu bisa didefinisikan menjadi 2 macam: Idealist dan Dreamer. Mengutip penjelasan dari mypersonality.info, “INFPs are introspective, private, creative and highly idealistic individuals that have a constant desire to be on a meaningful path. They are driven by their values and seek peace. Empathetic and compassionate, they want to help others and humanity as a whole. INFPs are imaginative, artistic and often have a talent for language and writing. They can also be described as easygoing, selfless, guarded, adaptable, patient and loyal.[1]

Dari penjelasan tersebut setidaknya saya sudah mendapatkan penjelasan singkat, bagaimana sebenarnya karakter saya. Mungkin informasi tersebut tidak seluruhnya benar, tapi setidaknya informasi tersebut membuat saya bertanya, “Apa memang saya seperti itu ya orangnya?”. Dan secara tidak langsung hal ini akan merangsang pikiran saya untuk mulai mencari tahu tentang kebiasaan saya sendiri untuk memastikan apakah saya memang seperti itu.

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya mengenali diri sendiri itu tidak sederhana. Coba ingat-ingat lagi, seberapa sering kita merasa kesulitan ketika diminta untuk menjelaskan pribadi kita? Seberapa sering kita merasa kesulitan ketika diminta untuk menjelaskan karakter, kekurangan, dan kelebihan yang kita miliki? Padahal kita sudah hidup selama 15 tahun bahkan lebih dengan diri kita sendiri.

Selain untuk mengetahui kecenderungan/kepribadian yang kita miliki, tes tersebut juga berfungsi untuk mencari tahu kira-kira lingkungan seperti yang bisa memaksimalkan potensi kita, orang-orang seperti apa yang sesuai untuk kita ajak bekerja sama, dan jenis pekerjaan seperti apa yang cocok dengan karakter kita. Dengan begitu, kita akan mampu melejitkan potensi yang kita miliki.

Khusus untuk poin yang ketiga, ini yang saat ini menjadi perhatian saya. Salah satu kelebihan yang dimiliki tes kepribadian berdasarkan MBTI adalah karena hasil tesnya mampu digunakan untuk menentukan lingkungan dan jenis pekerjaan apa yang sesuai dengan karakter kita. Maka tidak mengherankan kalau tes MBTI ini sering digunakan dalam proses seleksi karyawan baru di banyak perusahaan.

Inilah salah satu alasan kenapa saya mengulas tes kepribadian. Karena saya yakin, tes kepribadian (khususnya MBTI) mampu digunakan untuk mengidentifikasi passion yang kita miliki. Berikut ini contoh identifikasi pekerjaan yang sesuai dengan karakter saya.

Pekerjaan yang cocok untuk INFP
Gambar 1. Pekerjaan yang cocok untuk INFP

Dari sekian banyak pekerjaan yang disebutkan dalam daftar tersebut, bisa dilihat bahwa INFP itu tidak cocok menjadi programmer (mencari alasan telat lulus nih ceritanya). Dan saya merasa semua daftar pekerjaan yang disebutkan dalam daftar tersebut sesuai dengan karakter dan passion saya. Karena asal kalian tahu, sebelum memutuskan untuk masuk teknik informatika, saya sempat punya impian untuk menjadi penjaga perpustakaan, wartawan, penerjemah, desainer, psikolog, penulis, peneliti, pekerja sosial, dan juga guru.

Buat kalian yang masih SMA atau yang masih bingung mau pilih jurusan apa, saya sarankan kalian untuk mencoba tes kepribadian MBTI agar kalian tahu passion dan potensi yang kalian miliki. Ada banyak sekali website yang menyediakan layanan tes kepribadian gratis yang bisa kalian coba. Tapi kalau saya boleh menyarankan, sebaiknya kalian coba tes di mypersonality.info. Karena hasil tesnya bisa dijadikan badge yang bisa dipasang di blog seperti berikut ini:
Click to view my Personality Profile page

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Sebelum saya akhiri, selamat berkenalan dengan diri sendiri! 🙂

Referensi :

Sumber Gambar :

11 thoughts on “Pentingnya Mengetahui Karakter

  1. Pingback: BE YOUR SELF | putriibrahim

  2. arif

    Ko bsa sama mas ,sy infp ,,sy pernah,bercita2 jd penulis,jd psikolog,sm insinyur tp entah takdir atau apa,sy masuk tknik informatika,

      1. YENZ7

        Sudah, dan hasilnya bikin saya gak percaya, tapi setelah pikir-pikir sih ada kesamaan juga sih 😀

      2. Kalau masih belum yakin, nanti coba lagi. Soalnya kadang bisa berubah. Tergantung kondisi mood juga. Usahakn tesnya waktu mood sedang baik sehingga benar-benar serius dalam mengerjakannya. 😀

Ada komentar?

