Shapeways: Raja 3 Dimensi dari Belanda

Gambar 1. Model 3 Dimensi
Gambar 1. Model 3 Dimensi

Selama saya menjadi mahasiswa teknik informatika, model 3 dimensi yang saya ketahui umumnya hanya digunakan untuk 2 tujuan : dijadikan model dalam game, atau kalau tidak, dijadikan model dalam film animasi. Tidak pernah terbayangkan dalam benak saya sebelumnya kalau model 3 dimensi dalam bentuk digital itu bisa dicetak menjadi sebuah model fisik. Setidaknya itu yang saya yakini sebelum akhirnya membaca artikel tentang teknologi percetakan 3 dimensi.

Percetakan 3 dimensi atau yang lebih umum dikenal sebagai 3D printing sebenarnya bukan hal baru. Teknologi ini sudah ada sejak lama, tepatnya sejak awal tahun 1980-an[1]. Hanya saja, pada masa itu, penggunaan teknologi ini masih terbatas untuk pembuatan prototipe dalam waktu singkat serta untuk tujuan penelitian. Baru pada akhir tahun 1990-an, teknologi percetakan 3 dimensi mulai banyak digunakan untuk tujuan komersial. Meski tetap dalam ruang lingkup yang sangat terbatas.

Sampai dengan akhir 2007, percetakaan 3 dimensi masih digunakan secara terbatas oleh perusahaan-perusahaan besar, percetakan 3 dimensi yang menjual produk secara langsung kepada konsumen, dan juga universitas. Harga printer 3 dimensi yang bisa mencapai lebih dari $20,000 kiranya menjadi alasan mengapa tidak banyak yang menggunakan percetakan 3 dimensi pada masa itu.

Fab@Home_Model_1_3D_printer
Gambar 2. 3D Printer

Sementara orang lain melihat mahalnya harga printer 3 dimensi sebagai halangan untuk menggunakan percetakan 3 dimensi, Peter Weijmarshausen dan Marleen Vogelaar melihat mahalnya harga printer 3 dimensi ini sebagai peluang. Dari situ, lahirlah “Shapeways” – sebuah perusahaan penyedia jasa percetakan produk 3 dimensi berbasis internet – pada bulan Maret 2007 dengan bantuan dari Philips Electronics’ Lifestyle Incubator program[2].

Melalui Shapeways, Peter Weijmarshausen dan Marleen Vogelaar memberikan sebuah alternatif bagi konsumen yang tidak mampu membeli printer 3 dimensi. Dan sementara perusahaan-perusahaan percetakan 3 dimensi hanya menawarkan jasa percetakan, Shapeways sudah selangkah lebih maju lagi. Shapeways tidak hanya menjual jasa, tapi juga membangun komunitas. Shapeways adalah perusahaan percetakan 3 dimensi pertama yang memberikan fasilitas kepada para desainer untuk menjual desain 3 dimensi mereka melalui website Shapeways. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 1 juta desain dari lebih dari 10.000 desainer yang menggunakan Shapeways untuk menjual desain 3 dimensi mereka[3].

Sementara itu, untuk membantu kita yang ingin belajar membuat desain 3 dimensi, Shapeways juga memberikan tutorial melalui website mereka. Untuk meningkatkan jumlah pengguna, saat ini Shapeways juga telah menyediakan API (Application Programming Interface) yang memungkinkan para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi pendukung bagi Shapeways. Melihat perkembangannya yang begitu pesat, tidak mengherankan kalau pada bulan April tahun 2013 ini Shapeways mendapatkan suntikan dana segar sebesar 30 juta dollar dari sejumlah investor untuk mengembangkan perusahan dan menambah jumlah karyawan[4].

Setelah membaca banyak berita tentang Shapeways beserta segudang prestasinya, saya jadi teringat akan tulisan Prof. Rhenald Kasali tempo hari. Shapeways adalah contoh bagaimana seharusnya sebuah industri itu dijalankan. “Industri yang baik bukan hanya berfokus pada produk, tapi juga pada pemasaran,” kurang lebih begitu penjelasan Prof. Rhenald Kasali[5].

Gambar 3. Infografis Shapeways
Gambar 4. Infografis Shapeways

Memang benar, Shapeways bukan yang pertama kali mengembangkan teknologi percetakan 3 dimensi. Tapi jangan lupa, shapeways adalah yang pertama kali membawa paradigma baru dalam industri percetakan 3 dimensi. Munculnya Shapeways sebagai market leader di Industri percetakan 3 dimensi tentu semakin mengukuhkan posisi Belanda sebagai negara para inovator.

 

“Kalau memang menjadi pionir adalah tujuan, maka inovasi adalah satu-satunya jalan.”

 

Referensi:

Sumber Gambar:

Advertisements

4 thoughts on “Shapeways: Raja 3 Dimensi dari Belanda

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s