Passion?

Akhir-akhir ini banyak sekali yang menanyakan “apa sih ciri-cirinya punya passion di bidang Informatika, kak?

Syukurlah, ternyata banyak yang masih peduli dengan passion. Terlepas dari apakah itu karena membaca postingan saya atau tidak, tahu passion adalah salah satu paling dasar dalam mencapai puncak prestasi dalam kehidupan. Termasuk di dalamnya dunia perkuliahan.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang ciri-ciri punya passion di teknik informatika, saya akan menjelaskan singkat lagi tentang passion. Melengkapi apa yang pernah saya tuliskan di artikel saya tentang passion di sini dan di sini, definisi passion paling gampang adalah panggilan jiwa.

Passion adalah aktivitas yang paling kita cintai. Passion itu sesuatu yang membuat kita bisa bersemangat bangun pagi. Bahkan lebih dari itu, passion adalah suatu aktivitas yang membuat kita menjadi lebih semangat menjalani hidup. Sesuatu yang membuat pikiran kita terus aktif bekerja. Sesuatu yang sepertinya tidak bisa untuk tidak kita jalani dalam hidup. Karena kita sudah sedemikian cinta dengan aktivitas tersebut.

Farhan, Rancho, Raju
1. Farhan, Rancho, Raju

Saran saya buat kalian yang masih penasaran apa itu passion, silakan tonton film “3 Idiots”. Dalam film yang dibintangi oleh Aamir Khan tersebut, passion dijelaskan dengan sangat baik dan lugas. Perhatikan dengan baik bagaimana kisah tokoh Farhan. Karena di antara 3 orang tokoh utama dalam film tersebut (Rancho, Raju, dan Farhan, red), Farhan adalah tokoh yang yang paling gelisah dengan hidupnya karena jurusan perkuliahannya tidak sejalan dengan passion yang dimilikinya. Sepertinya tidak enak kalau saya jelaskan secara lengkap ceritanya. Yang jelas, film “3 Idiots” cukup relevan dengan kondisi pendidikan (khususnya perkuliahan) yang ada di Indonesia. Mengingat di sini masih banyak orang tua yang menganggap gengsi, peluang kerja, dan besarnya gaji sebagai faktor utama dalam menentukan pilihan jurusan di perkuliahan.

2. Perahu Kertas
2. Perahu Kertas

Selain film 3 Idiots, kalian juga bisa menemukan kisah tentang passion dalam buku “Perahu Kertas” karya Dee Lestari. Kalau kalian terlalu malas untuk membaca bukunya yang tebalnya cukup lumayan itu, kalian bisa coba menonton filmnya. Karena secara umum, meskipun kisahnya tidak sedetail yang ada di bukunya, filmnya masih dalam koridor yang sama dengan bukunya. Dan pesan tersirat tentang passion pun masih sama. DItambah lagi, yang berperan sebagai Kugy dalam filmnya adalah Maudy Ayunda. Dijamin pasti betahlah nontonnya. 😀

Dan kalau mau lebih jelas lagi, kalian bisa baca buku-bukunya Rene Suhardono. Karena saya sendiri pun mulai lebih paham dengan passion setelah mengkhatamkan 2 seri buku “Your Job is not Your Career”. Di dalam bukunya, Rene Suhardono menjelaskan Passion dengan banyak sudut pandang dan beberapa langkah praktis yang bisa langsung dipraktekkan.

Buku Rene Suhardono
3. Your Job is Not Your Career

Satu yang paling saya ingat dari buku Rene Suhardono adalah menemukan passion itu tidak bisa dengan dipikirkan, tapi dirasakan. Think Less, Feel More. Rasakan setiap kegiatan yang kamu lakukan. Seberapa bersemangat kamu dalam menjalani aktivitas-aktivitasmu selama ini? Rasakan, aktivitas apa yang membuatmu merasa ‘lebih hidup’ dan bersemangat? Aktivitas apa yang membuatmu tidak pernah kehilangan minat? Aktivitas apa yang membuat semangatmu meluap-luap? Aktivitas apa yang membuatmu hampir tidak pernah merasa bosan ketika melakukannya?

Dan kalau kalian sudah lama mencari tapi tak kunjung menemukannya, sabar sob. Passion itu bukan suatu yang bisa ditemukan dalam tempo sehari-dua hari. Menemukan passion itu butuh waktu, butuh usaha, dan yang paling penting, butuh kejujuran dari diri sendiri untuk mengakui apakah kamu melakukan aktivitas itu karena terpaksa ataukah karena memang cinta?

Kalau kalian masih penasaran dengan passion yang kalian miliki, mungkin kalian bisa mencoba langkah yang saya jelaskan di postingan yang satu ini. Meskipun asumsi saya bahwa passion itu punya keterkaitan dengan karakter masih belum teruji, setidaknya mengetahui karakter akan lebih memudahkan kita dalam memahami diri kita, termasuk passion kita di dalamnya.

Saya rasa sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini. Kalau kalian tahu ada buku atau film lain yang berkaitan tentang passion, tolong beri tahu saya ya. 😀

Untuk ciri-ciri orang yang mempunyai passion di bidang informatika akan saya jelaskan pada postingan saya berikutnya. InsyaAllah. Selama bulan Ramadan saya jarang online pakai komputer soalnya jadi nggak bisa sering-sering update postingan lagi.

Terakhir,
Selamat mencari. Semoga lekas menemukan.

Sumber gambar:

  1. http://www.apunkachoice.com/titles/3id/3-idiots/mid_25393/photos/mowp_25393_6/wallpaper.html
  2. http://worldauraaara.blogspot.com/2012/10/perahu-kertas.html
  3. http://www.goodreads.com/book/show/7906940-your-job-is-not-your-career
Advertisements

3 thoughts on “Passion?

  1. iya mas. filem 3 idiots emang keren abis…
    terus, biar jujur sama diri sendiri itu gmna ya mas? bagaimana bisa tau kalo kita bener-bener cinta sama kegiatan itu, tanpa dihantui pikiran-pikiran lainnya…

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s