Produktif Ala Coffitivity

Banyak yang bilang kuliah di jurusan teknik informatika itu enak, tidak perlu beli text-book karena hampir semua materi tersedia di internet. Malah tidak jarang materi yang disediakan di internet lebih mudah dipahami karena dilengkapi dengan tutorial berupa video.

Ada benarnya juga sih yang berpendapat demikian. Tapi sayangnya, ini juga yang menjadi godaan terbesar mahasiswa teknik informatika. Mahasiswa teknik informatika itu tugasnya hampir gak ada yang ditulis tangan. Lebih-lebih kalau sudah masuk semester akhir. Jadinya ya gitu, tiap hari kerjaannya duduk di depan komputer. Ngerjain tugas sambil browsing, streaming video, lihat cuplikan pertandingan bola, baca manga, update status, ngetwit, dan lain sebagainya. Dan seiring dengan bertambahnya durasi internetan, tidak jarang komposisi waktu yang seharusnya diproritaskan untuk mengerjakan tugas sambil internetan tiba-tiba berubah menjadi internetan sambil mengerjakan tugas. Setelah berjam-jam duduk di depan komputer, perlahan kita mulai sadar kalau baru saja menghabiskan beberapa jam dengan browsing ke sana ke mari, tanpa ada satu pun tab yang berkaitan dengan tugas kuliah. (Pernah mengalami hal yang sama?)Ā 

Dan ketika kita sadar bahwa tugas kuliah belum selesai dan waktu pengumpulan sudah semakin dekat, di sinilah legenda “the power of kepepet” itu bermula.

Banyak yang bilang, satu-satunya cara menjadi lebih produktif adalah dengan mematikan koneksi internet. Saya termasuk orang yang percaya dengan teori ini. Tapi itu dulu. Karena sekarang saya punya cara tersendiri untuk mempertahankan produktivitas dengan tanpa harus mematikan koneksi internet. Caranya? pakai Coffitivity!

Coffitivity adalah sebuah web-based application yang menghadirkan suasana coffe shop ke ruang dengar kita. Mengapa coffee shop? Pertama, karena coffe shop adalah salah satu tempat dengan tingkat keramaian yang paling pas untuk mengeluarkan kreativitas.

Why Coffitivity?
Why Coffitivity?

Kedua, karena kafe adalah salah satu tempat paling enak buat nongkrong dan buat ketemu dengan klien. Dan selain itu, banyak pula yang menggunakan kafe sebagai tempat mengerjakan tugas, nge-blog, menulis, dan lain sebagainya. Karena akhir-akhir ini semakin banyak kafe yang menyediakan fasilitas free Wi-Fi di tempat mereka. Bahkan gara-gara fenomena ini, sempat ada sindiran dalam salah satu iklan penyedia layanan seluler yang sempat booming beberapa bulan yang lalu: “Pesen kopi secangkir harga 40.000-an. Minumnya pelan-pelan. Biar tahan sampai siang demi Wi-Fi gratis.” šŸ˜€

Kembali lagi ke Coffitivity. Sebelum tahu Coffitivity saya biasanya memutar lagu ketika sedang mengerjakan sesuatu di depan laptop atau komputer. Standar lah ya. Kalian mungkin juga sering melakukan hal yang sama. Tapi masalanya, saya sering berlebihan dalam mengatur volume. Seringkali ketika saya memakai earphone saya tidak lagi mendengar apapun selain musik yang saya putar. Sehingga tidak jarang yang terjadi pikiran saya malah lebih terfokus pada lagu yang saya dengarkan daripada pada apa yang sedang saya kerjakan.

Tapi setelah saya tahu Coffitivity, hal seperti ini hampir tidak pernah terjadi lagi. Karena kalau saya menyetel volume musiknya terlalu kencang, suasana Coffee Shop-nya tidak akan terasa. Maka dari itu, sebisa mungkin saya menyetel volume musik saya agar lebih pelan daripada volume Coffitivity. Di sinilah perbedaannya.

Saya sendiri sudah mulai merasakan banyak perbedaan setelah mengenal Coffitivity. Mungkin kalian adalah orang-orang yang akan menjadi lebih produktif selanjutnya.

9 thoughts on “Produktif Ala Coffitivity

  1. yunisarreval

    Kak saya sekolah SMA swasta kls2 jurusan IPA saya suka Biologi tp sy lemah bidang hitung
    Yg paling baik kuliah jurusan apa kak???

    1. Kalau kamu memang suka biologi, bisa masuk jurusan biologi, pertanian, teknologi pangan, kedokteran, kedokteran hewan, atau kedokteran gigi. Tergantung kamu cita-citanya mau jadi apa dan sukanya bidang apa.

Ada komentar?

