Menyegerakan

Saya tidak ingat pasti sudah berapa kali blog ini saya ubah. Mulai dari temanya, widget-widget yang menghiasi halamannya, dan lain sebagainya. Tentu, ada banyak alasan dibalik semua perubahan yang saya lakukan. Alasan yang paling utama biasanya adalah faktor kenyamanan. Ketika saya merasa ada satu widget yang membuat pengunjung kurang nyaman dengan blog saya, saya langsung menghilangkannya. Begitu juga ketika tema yang saya pakai ternyata kurang nyaman untuk dipandang, saya biasanya juga langsung menggantinya.

Dan hari ini saya kembali menyederhanakan blog ini lagi. Kali ini bukan tampilan yang saya ubah, melainkan kategori-kategori yang ada. Dari yang sebelumnya berjumlah 18 kategori – yang saya baru tahu kalau kategorinya sebanyak ini -, sekarang tinggal 7 kategori. Sebenarnya saya ingin cuma ada 5 kategori tulisan saja di blog ini. Tapi sampai saat ini saya masih bingung untuk menyederhanakannya lagi. Mungkin di lain waktu akan saya sederhanakan lagi.

Satu hal yang saya rasakan dari proses pengubahan kategori postingan di blog ini: ternyata mengubah kategori tulisan itu capek, Jenderal. Saya menghabiskan sekitar 3 jam lebih untuk mengubah kategori dari sekitar 200 postingan. Untungnya tulisan di blog ini masih berjumlah 250-an. Coba bayangkan jika tulisan di blog ini sudah mencapai ribuan? apa nggak butuh waktu seharian kalau mau mengubah semua kategorinya?

Sepertinya ini PR buat WordPress untuk menyediakan fungsionalitas yang lebih efektif lagi. Khususnya untuk mengubah tag dan kategori. Apakah itu entah dengan drag and drop ataukah dengan cara lain yang lebih efektif dan efisien. Karena untuk saat ini, proses mengubah kategori dan tag dan tulisan masih terlalu ribet dan terlalu makan banyak waktu. Kalau saya sendiri sebenarnya lebih suka kalau kategori ini dibuat semacam notebook yang ada di Evernote atau seperti halnya folder di komputer. Sehingga untuk memindahkan postingan dari satu folder ke folder yang lain tinggal drag and drop.

Kategori yang terlalu banyak itu seringkali membuat masalah. Dan seperti halnya kebanyakan masalah yang lain, hal ini harus diselesaikan secepatnya agar tidak semakin rumit dan menimbulkan masalah yang lain.

Dalam hidup pun demikian. Apapun masalahnya, selesaikan secepatnya. Karena semakin lama, akan datang masalah lain yang membuat kita semakin enggan untuk menyelesaikannya. Dan pada akhirnya, semakin banyak masalah yang penyelesaiannya kita tunda, akan semakin mudah bagi kita untuk menyerah dan putus asa.

Kok saya bisa tahu itu semua? karena saya sendiri sudah pernah merasakan “nikmatnya” menunda-nunda. 🙂

One thought on “Menyegerakan

Ada komentar?

