Canva Itu Beda

Selama beberapa tahun terakhir ini, banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi yang menawarkan fitur cloud service. Sebut saja BoxDropbox, SkyDrive, Google Docs, SugarSync, iCloud, dan banyak lagi yang lain. Beberapa di antara aplikasi tersebut sudah saya coba. Dan sekarang, tinggal BoxDropbox dan SugarSync yang tetap saya gunakan. Selainnya sudah saya tinggalkan perlahan.

Untuk Dropbox dan Sugarsync, saya tetap menggunakannya murni karena fitur dan kinerja aplikasinya yang cukup handal. Tapi khusus untuk Box, saya tetap menggunakannya karena dulu waktu masih menggunakan Xperia U saya sempat menginstall aplikasi Box versi android dan mendapat free storage 50GB. Kebetulan waktu itu sedang ada promo antara Box dengan Sony Xperia. Kalau tidak salah, promo untuk Xperia masih berlaku sampai akhir tahun ini. Selain Sony Xperia, beberapa perusahaan lain juga ada kerja sama dengan Box. Silakan klik gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Atau silakan buka link ini untuk info selengkapnya. 

Box Promo

Tenang, upgrade 50GB yang kita dapatkan tersebut berlaku untuk selamanya kok. Jadi, tidak usah khawatir sewaktu-waktu akan di-downgrade lagi, sob.

– – – – –

Itu tadi beberapa pengalaman saya dengan cloud service application

Dan beberapa hari yang lalu saya kembali menemukan sebuah cloud based app yang sangat menarik untuk dicoba: Canva. Sesuai dengan namanya yang mirip-mirip dengan tempat melukis, Canva ini adalah sebuah aplikasi untuk mendesain. Buat kalian yang hobi desain tapi tidak seberapa jago mengutak-atik Photoshop, Illustrator, Corel, Inkscape, dan semacanya, tenang, Canva jauh lebih sederhana daripada yang aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebutkan. Karena secara umum, desain di Canva hanya tinggal drag and drop. Iya, sesederhana itu. Kalau tidak percaya, silakan simak video resminya yang satu ini.

Untuk saat ini, Canva masih menyediakan sekitar 1.000.000 gambar yang bisa dipakai. Beberapa di antaranya gratis. Tapi banyak di antaranya (dan biasanya sih yang bagus-bagus) harus membayar. 😦 Semoga saja ke depan Canva bekerjasama dengan Flickr dan juga DeviantArt. Sehingga pilihan gambar dan desain yang bisa digunakan lebih variatif lagi. Karena saya melihat Canva sangat potensial untuk diintegrasikan dengan Flickr dan DeviantArt.

Sejauh ini Canva masih belum dibuka secara umum. Jadi, untuk bisa mendaftar, kita harus memasukkan alamat email kita dan menunggu sekitar 2-3 hari sebelum mendapatkan undangan via email. Tapi kalau kalian mau langsung mencobanya, saya punya jatah 5 orang untuk saya undang langsung. Bagi kalian yang berminat, silakan masukkan alamat email kalian di kolom komentar dengan format “alamatemail[at]email.com”. Intinya, jangan tuliskan tanda ‘@’ untuk menghindari adanya spam. 5 orang pertama yang memasukkan email akan saya undang langsung untuk mencoba Canva.

Salam olahraga. 😀

14 thoughts on “Canva Itu Beda

Ada komentar?

