Playlist of Life

Tiap kali menonton video musik di Youtube, saya kadang merasa aneh ketika membaca komentar-komentar para penggemar musik yang saling menjelekkan satu sama lain. Karena bagi saya, musik itu masalah selera. Okelah, mungkin kualitas musik melayu menurut kita tidak berkelas atau tidak berkualitas. Tapi bukan berarti dengan begitu kita berhak mencela band-band melayu beserta penggemarnya. Tentu sangat tidak fair kalau membandingkan musisi kesukaan kita dengan musisi kesukaan mereka. Karena telinga kita berbeda.

Belum lagi oleh sebagian pihak, mendengarkan musik itu diyakini merupakan sebuah hal yang dilarang dalam agama (islam). Tentu akan jadi masalah kalau membandingkan selera musik dengan orang-orang yang berpendapat demikian. Saya sendiri tidak pernah mempermasalahkan orang-orang yang berpendapat demikian karena mereka punya pedoman. Dan saya pun sudah menjelaskan bagaimana pandangan saya terhadap musik dalam salah satu postingan saya. Maka dari itu, saya harap tidak akan ada yang saling menghujat dan menyalahkan, karena masing-masing punya pedoman. 🙂

Dan berbicara masalah musik, kalau ditanya apa genre musik favorit saya, saya tidak akan bisa menjawab. Karena saya mendengarkan jenis musik tertentu bukan karena agar dianggap gaya atau berkelas. Saya hanya mendengarkan apa yang suka. Mau itu lagu dangdut, lagu melayu, pop, rock, jazz, britpop, campursari, lagu jepang, korea, arab, apapun itu, selama saya suka saya akan mendengarkannya.

Dan kalau disuruh memilih beberapa di antaranya, berikut ini adalah beberapa lagu favorit saya:

Coldplay – Yellow
Ini adalah salah satu lagu paling romantis yang pernah saya dengar. Ada sebuah perasaan menyenangkan tiap kali mendengarkan lagu ini. Apalagi kalau mendengarkannya malam sambil memandang langit. Persis seperti satu potongan lirik lagunya,

Look at the stars, look how they shine for you.

Apa gak meleleh kira-kira kalau perempuan dirayu seperti itu? Meskipun saya suka hampir semua lagu Coldplay, tapi menurut saya tidak pernah ada yang bisa meninggalkan kesan yang sama dengan Yellow. Salah satu masterpiece Coldplay menurut saya. Terima kasih kepada Baim dan Mas Ucup yang sudah memutar lagu Coldplay tiap kali saya bermain ke indekosnya waktu masih maba. Karena sejak saat itu, saya jadi lebih tahu banyak dan suka dengan Coldplay.

Everybody’s Changing-nya Keane.
Semenjak kuliah, saya jadi sangat suka dengan lagu ini. Rasanya lagu ini bisa mewakili apa yang saya rasakan ketika kuliah. Khususnya pada bait ini:

Everybody’s changing and I don’t feel the same.

Dan mungkin karena lagu ini pula, saya jadi gak bisa move on dan gagal gak sukses-sukses amat di dunia perkuliahan. Karena saya terlalu terpaku pada nostalgia masa lalu. Hehe. (alibi)

YUI – Life
Life mungkin satu-satunya lagu YUI yang liriknya hampir saya hafal mulai awal sampai akhir. Yang saya suka dari lagu ini adalah karena tempo musiknya yang cepat selalu sukses membuat saya kembali bersemangat. Saya sendiri mulai suka YUI ketika memasuki semester 3 kuliah kalau nggak salah. Terima kasih kepada teman saya, Dading, yang sudah memperkenalkan saya kepada penyanyi solo Jepang yang satu ini.

Camera Obscura – Let’s Get Out of This Country
Lagu ini merupakan lagu Camera Obscura yang pertama saya dengar. Pertama kali tahu band ini ketika mengisi puncak acara L.A. Light Indiefest tahun 2010. Tiap kali mendengarkan lagu ini, saya merasa sedang dimotivasi untuk bertualang ke luar negeri. Persis seperti ketika membaca Sang Pemimpi. Sampai sekarang, Band indie asal Skotlandia ini adalah salah satu diantara beberapa band favorit yang menghiasi daftar putar (playlist) pemutar musik saya.

The Killers – Read My Mind
Salah satu lagu favorit saya sepanjang masa. Kualitas vokal Brandon Flowers ditambah dengan alunan musik yang sangat menyenangkan membuat lagu ini terasa istimewa. Salah satu lagu yang paling sering saya dengarkan. Tidak peduli bagaimanapun perasaan saya ketika mendengarkannya, pada akhirnya lagu ini akan membuat saya kembali ceria. Apalagi kalau waktu mendengarkan sambil melihat video klipnya. Kembali saya ucapkan terima kasih kepada Baim yang sudah mengenalkan The Killers pada saya melalui lagu Tranquilize.

The Beatles – Yesterday
Sebagai salah satu penyuka musik, saya merasa gagal baru tahu lagu ini. Kalau cuma tahu mungkin sudah lama. Tapi baru beberapa bulan yang lalu saya mulai mendengarkan lagu ini dan saya merasa dihipnotis oleh Paul McCartney. Lagu yang sama galaunya dengan lagu Everybody’s Changing-nya Keane. Bagaimana nggak galau kalau liriknya aja seperti ini:

Yesterday, love was such an easy game to play…
Now I need a place to hide away…
Oh, I believe in yesterday…

Salah satu lagu terbaik The Beatles menurut saya. (padahal lagu The Beatles yang saya ketahui memang cuma lagu ini) hihi.

Owl City – Fireflies
Lagu Owl City yang pertama kali saya dengar. Sampai sekarang tetap menjadi favorit saya dibanding lagu Owl City lainnya. Tiap kali mendengar lagu ini, entahlah, semacam ada perasaan tenang dan senang. Meskipun akhir-akhir ini saya sudah jarang mendengarkan lagu Owl City lagi, lagu ini tetap akan menjadi salah satu favorit saya.

T-Ara – Roly Poly
Kalau yang satu ini sih sebenarnya bukan murni karena suka lagunya, tapi lebih karena koreografinya. Disko ala tahun 80-an ditambah musik modern dan kecantikan member T-Ara membuat lagu ini sangat enak untuk didengar dan ditonton. Tidak mengherankan kalau lagu ini sempat menjadi fenomena di Korea. Dan saking nge-hitsnya, di banyak tempat dan di banyak instansi di Korea, lagu ini malah sempat dijadikan semacam lagu senam.

 

Itu tadi beberapa lagu favorit saya. Sebenarnya masih ada banyak sekali lagu yang saya suka. Ada beberapa lagu dangdut, campursari, lagu pop Indonesia, rock, metal, jazz, lagu arab, lagu jepang, lagu korea, british, dan masih banyak lagi yang lain. Sepertinya tidak akan cukup kalau dijelaskan semuanya dalam 1 postingan.

Kamu sendiri bagimana? punya lagu favorit juga?

4 thoughts on “Playlist of Life

Ada komentar?

