Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Informatika

Setelah sekian lama menulis tentang topik ini, banyak sekali yang menanyakan tentang kemungkinan apakah bisa kuliah di teknik informatika ketika kita tidak terlalu jago komputer.

Berdasarkan pengalaman sayaΒ  (ingat! pengalaman saya lho ya), untuk kuliah di teknik informatika itu sebenarnya tidak harus jago komputer. Tidak pernah mengoperasikan komputer juga bisa kok. Faktanya, rata-rata mahasiswa teknik informatika itu baru kenal pemrograman di perkuliahan. Dan banyak sekali mahasiswa yang sebelum kuliah sama sekali tidak mengenal pemrograman tapi begitu sudah kuliah bisa sangat jago atau nilai transkripnya bisa sangat baik.

Well, di postingan-postingan saya yang sebelumnya saya memang banyak menyinggung bahwa teknik informatika itu sebagian besar tentang logika dan matematika. Tapi bukan berarti kalau tidak jago matematika atau logika kalian tidak bisa kuliah di jurusan teknik informatika.

Terus, apa sih yang sebenarnya dibutuhkan kalau mau kuliah di Teknik Informatika?

1. Niat
Kenapa niat saya tuliskan paling awal? karena tanpa niat, kalian tidak akan pernah masuk teknik informatika. Ingin aja tidak cukup. Untuk masuk teknik informatika, kalian harus (berani) daftar dan memilih teknik informatika. Karena di situ semua berawal. Dan satu yang paling penting, niat ini juga yang pada akhirnya menentukan jalannya perkuliahan kalian. Kalau saya dulu, niatnya cuma sebatas masuk teknik informatika, makanya sampai sekarang belum lulus-lulus. (oke, maaf ini curhat). Jadi, buat kalian yang berniat kuliah di teknik informatika, jangan hanya niat masuk, tapi juga niatkan untuk lulus, biar tidak mengikuti jejak saya. Hehe.

2. Target/Tujuan
Kalau kalian memang berminat masuk teknik informatika, saran saya, sebaiknya kalian mulai memikirkan apa target yang ingin kalian capai di teknik informatika. Apakah itu mendapat gelar S.Kom dan lulus cum laude, apakah itu menang Microsoft Imagine Cup seperti mahasiswa Trunojoyo, apakah itu menang MGDW (Mobile Game Developer War) seperti teman saya, apakah menang Gemastik, apakah ingin juara PIMNAS, apakah ingin jadi Mapres (Mahasiswa Berprestasi) nasional, apakah ingin jadi web developer yang bisa menjual banyak tema di themeforest, apakah ingin jadi game developer, apakah ingin jadi mobile apps developer, yang jelas, kalian harus punya target. Apapun itu. Karena seperti yang sudah pernah saya singgung dalam salah satu postingan saya dengan mengutip buku 7 Habits of Highly Effective People, beberapa kesuksesan itu begin with the end in mind. Bayangkan titik akhir yang ingin kita tuju. Dengan begitu, kita jadi tidak bingung lagi untuk menentukan langkah. Sudah pernah mendengar tentang video inspiratif Mas Danang, sang pembuat jejak? kurang lebih seperti itulah target dan tujuan yang saya maksudkan.

3. Tekad dan Semangat
Saya memang selalu menekankan tentang pentingnya passion ketika mau memilih jurusan. Tapi perlu kalian tahu, passion itu bukan segalanya. Jika tubuh itu diibaratkan mobil, passion itu tidak lebih dari sekadar penambah kecepatan layaknya NOS dalam film-film balap mobil, minat dan rasa ingin tahu itu bahan bakar, bakat sebagai mesin, dan semangat itu gas. Untuk bisa maksimal, memang sangat dibutuhkan kecintaan mendalam (passion) pada aktivitas yang kita tekuni. Tapi bukan berarti passion adalah segala-galanya.

Selain itu, akan sangat percuma kalau kalian punya bakat kalau tidak ada minat dan semangat. Percuma dong mobilnya Ferrari atau Lamborghini kalau nggak ada bahan bakarnya dan pedal gasnya gak diinjak. Nggak akan jalan sob. Mending bemo yang bahan bakarnya penuh dan pedal gasnya diinjak terus. Lebih pasti sampai tujuan. Makanya tidak mengherankan kalau yang paling cepat lulus di perkuliahan terkadang malah bukan yang paling berbakat, melainkan yang paling bisa menjaga semangat. Jadi, selama kalian punya minat dan semangat, bakat tidak akan menjadi masalah.

4. Kemampuan Manajemen Waktu
Ini salah satu skill yang sangat penting dimiliki kalau kalian berminat kuliah. Khususnya di jurusan teknik yang terkenal sibuk karena banyak praktikum. Biasakan untuk membuat diagram prioritas. Karena salah satu perbedaan paling terasa antara masa sekolah dan masa kuliah adalah waktu. Sewaktu masih sekolah, hidup kita terjadwal dengan baik. Sedangkan waktu kuliah, kita harus menentukan jadwal kita sendiri. Inilah alasan kenapa banyak orang menganggap kuliah adalah proses pendewasaan menjadi pribadi yang mandiri.

5. Semangat untuk Kerja Part-time.
Mengapa anak informatika harus kerja part-time? karena dengan part-time kita bisa melatih skill yang kita dapatkan di perkuliahan. Asal kalian tahu, Ilmu yang kita dapatkan dari perkuliahan itu sebagian besar hanya dasar-dasarnya saja yang memang sangat fundamental. Sebagian besar teman saya pun berpendapat demikian. Mereka banyak belajar dari praktek langsung. Umumnya, mahasiswa tingkat 3 (semester 5) di teknik informatika sudah punya skill untuk membuat website. Tapi kalau kalian ingin mahir, kalian harus sering-sering bereksplorasi sendiri. Di sinilah manfaat kerja part-time sebagai developer. Untuk melatih skill sekaligus menambah tabungan buat modal nikah. πŸ˜€

Sengaja tidak saya sebutkan kemampuan pemrograman karena saya yakin bahwa soft-skill jauh lebih penting daripada hard-skill. Sebenarnya semua yang saya sebutkan di atas bukan hanya khusus untuk jurusan teknik informatika. Karena mau apapun jurusannya, resep suksesnya selalu sama: mau berusaha. Man jadda wajada.

Sekian.

——————————————————————————
*) Sebenarnya saya membuat postingan ini untuk menjadi pengingatn tentang apa yang selama ini telah saya lupakan. Makanya saya memberinya tag “note to self”.

Advertisements

81 thoughts on “Yang Harus Dimiliki Mahasiswa Informatika

  1. jawabannya 1: jangan takut untuk coba. aku dulu bisa masuk teknik informatika juga modal nekat kok. nggak yakin bisa masuk lewat SBMPTN. eh ternyata bisa. yang penting benar-benar fokus.

    kalau kata Coldplay: “if you never try, then you’ll never know”. jadi ya silakan coba biar tahu jawabannya.

  2. emilius joshua manurung

    Waduh saya termotivasi sekali πŸ™‚ trimamasi kak
    ada akun Fb kk yg lain juga boleh ,trimakasi πŸ™‚

  3. Wah makasih kak! Motivasinya sangat membantu. Rencananya saya akan kuliah jurusan teknik informatika. Doain sukses dan semangat saya terus membara ya kak! Hehe

    Salam kenal

  4. Manajemen waktu cukup penting bagi maba teknik informatika..
    karena maba akan memperoleh pengetahuan baru sehingga menimbulkan minat bongkar sana bongkar sii tentang Teknologi Informasi sehingga tugas utama di kampus nya sering terabaikan..
    hihihi..
    salam mahasiswa informatika

  5. Latif Em

    makasih ya mas, semangat saya bertambah lagi setelah baca postingan mas ini. padahal sebelumnya saya udah mau nyerah soalnya gak bisa ikut ospek di kampus….

  6. Fahmy

    Waduhh, Saya Lemah Di Matematika Nya Kak, Tapi Saya Udah Ambil Jurusan Teknik Informatika, Tapi Saya Sangat Minat Mengulik Seluk Beluk Komputer Dan Komponen” Nya, Saya Pernah Kursus Komputer Dari Operator terus Desain Grafis Hingga Programer tapi pas Tingkat Programer Nya Ga Tamat, Kira” Saya Harus Gimana Ka Apa Harus Pindah Jurusan , Mungkin Logika Saya Bisa Menutupi Kelemahan Di Matematika Apa Harus Ambil Pilihan Lain Yah, Jadi Bingung

    1. Kalau memang sudah masuk informatika ya silakan dirasakan dan dinikmati dulu. Kalau memang di akhir semester 1 kamu ngerasa nggak cocok dan ngerasa nggak bisa mengikuti materi yang diberikan, ada baiknya kamu mulai memikirkan opsi untuk pindah jurusan. Sebelum makin kronis. Soalnya sudah banyak korbannya.

  7. Hasna

    kak… terimakasih atas postingannya. sangat membantu. tapi untuk peralatan kuliah yang dibutuhkan mahasiswa TI apa saja ya…?

    1. Sama-sama, Hasna.

      Nggak ada peralatan khusus kok. Nggak punya komputer atau laptop pun sebenarnya bisa saja. Tapi kalau memang punya komputer atau laptop, itu lebih baik.

      Jadi, peralatannya cuma komputer atau laptop. Simpel banget kan?

  8. Aprohdite Glen

    Gan, gw boleh minta kontak pin bb or line lo gk bro?? Yah itung itung bisa berbagi sharing sharing sama ente duluan yg udah nyicip kuliah di bidang IT(komputer). Jujur ane termasuk mahasiswa salah jurusan dari dulu pengen masuk dengan kuliah per-komputeran dan orang tua malah masukin ke jurusan perhotelan. Dan sekarang ane mau ambil S1komputer tp bingung nih gw mau ambil jurusan apa yg jelas gw lemah matematika dan dibilang suka desain gk ada bakat desain. Kira kira apakah gw lebih milih masuk ke system informasikah? Karna gw liat dari beberapa postingan kayanya lebih ke management yah system informasi itu?? Tolong penjelasannya gan. Dan kalo gk keberatan bisa add pin bb saya yah gan sumpah bingung banged ini jangan sampai salah jalan lagi : 53CA9A83

  9. Arief

    Permisi kakak…
    Saya mau minta saran’y dong…
    saya sangat tertarik masuk jurusan Teknik Informatika,tapi Matematika saya cuma bisa tambah”an dan kurang”an doang…
    Jadi gimana dong kak,saya masuk jurusan Teknik Informatika atau yg lain ???
    Kalau yg lain jurusan apa yg cocok dengan saya kak ???
    Ouh iya,sebelum’y saya sekolah di SMK dan mengambil jurusan Multimedia…
    Mohon Bantuan’y kak… ^_^

    1. Kalau memang sekolahnya di SMK multimedia ya terusin aja sudah ngambil teknik multimedia. Kan enak, sudah ada basic.

      Kalau mau masuk IT tanpa kemampuan matematika di bawah rata-rata mending pikir-pikir lagi. Karena jurusan IT tidak sesederhana yang pernah kita bayangkan waktu SMA.

      1. Arief

        Tapi kak,kata’y jurusan yg paling banyak lapangan pekerjaan’y kata’y IT ???
        Apa itu bener kak ???
        Selain IT apa aja sih kak jurusan yg paling di butuhin di dunia kerja ???

  10. Dika

    Tips donk…! Umur ku 22th, dan baru dapat ijasah paket C / setara SMA. Saya blm begitu paham apa itu dunia IT dan Matematika itu kayak gimana, !! Dan posisi ku sekrng kerja cmn OB, dan pengin bgt kuliah ambil jurusan Tekhnik Informatika, ! Kira2 bakalan kuat gak Otak ku ambil jurusan itu, dan apa bisa gak yah, takutnya nanti ke jebak dan keterbelakangin di kampus.
    Tipsnya donk Kk super,,,

    1. Hai, Dika. Kalau memang mau belajar pemrograman, tidak harus kuliah kok. Soalnya materi belajarnya semua tersedia di internet. Masalahnya, apa kamu benar-benar niat untuk mempelajari pemrograman? ataukah cuma ingin mendapat ijazah sarjana?

      kalau memang mau cari ijazah, mending kuliah. tapi kalau nggak sih mending belajar otodidak, terus bikin aplikasi atau game.

    1. Kalau memang ada niat, kenapa tidak?

      Tapi kalau memang sudah nggak ada niat, mending fokus meningkatkan skill di bidang yang memang kamu sukai. Karena pada akhirnya, orang-orang hebat adalah orang-orang yang bekerja dengan penuh cinta. Mau apapun bidang yang digelutinya.

  11. Tegar

    gan ane bingung ni mau ambil jurusan kuliahnya yang mana…
    tapi ane suka oprek – oprek komputer, edit registry, desain juga agak kreatif (-pamermode+) … tapi kadang ane kebanyakan suka main game… kalo matematika sihh. ane kagak terlalu suka… jadi menurut agan. ane harus pilih jurusan mana yaa, sesuai minat ane nii..
    Maaf terlalu panjang, lagi dilema si..

    1. Kalau cuma oprek seperti itu sih belum bisa dipastikan, ya. Kecuali kalau kamu memang sudah pernah coba bikin aplikasi atau game.

      Kalau memang nggak terlalu suka matematika, mending pikir-pikir lagi kalau mau masuk FMIPA atau fakultas Teknik. Karena hampir semua jurusan di FMIPA dan FT bakal banyak berurusan dengan perhitungan dan rumus. πŸ˜€

  12. arif rahman

    Gan gimana nih. Apa matematika perlu buat masuk IT, saya lemah di matematika. Tapi sangat hobi main laptop, juga pingin buat software hasil sendiri. Mohon bimbingannya.

    1. Kalau memang lemah di matematika bisa saja, asalkan logika lumayan kuat.

      Tapi yang jelas, di teknik informatika itu ada banyak mata kuliah yang berhubungan dengan matematika. Jadi mending pikir-pikir lagi kalau memang mau kuliah di teknik informatika.

      Atau bisa coba solusi lain, kuliah di jurusan lain yang tidak terlalu membutuhkan kemampuan matematika, dan belajar pemrograman secara otodidak.

    1. Sistem Informasi itu basic-nya sama dengan teknik informatika. Tapi di sistem informasi kamu akan dapat materi lebih banyak tentang manajemen dibandingkan dengan di teknik informatika. Tapi sebagai gantinya, materi pemrogramannya tidak sebanyak di teknik informatika.

    1. Tenang, Sob. IP gue pernah lebih buruk dari itu. πŸ™‚

      Kalau memang sudah semester 6, saranku, mending fokus belajar buat TA aja sih. Fokus belajar satu bidang. Untuk saat ini, yang paling enak aslinya Android. Karena banyak sekali tutorialnya.

      Jadi, selama setahun ke depan, kamu fokus saja belajar Android. Terus mulai sekarang cari ide buat bikin TA dengan topik yang nggak jauh-jauh dari aplikasi Android. Semoga lancar dan berkah ya kuliahnya. πŸ™‚

  13. Muchque

    Motivator banget, thanks ka
    Mau dah seperti anda 😊

    Selain berguna didunia, insya allah berguna juga diakhirat, karena ilmu yg diberikan akan dipakai terus menerus dan pahala pun mengalir sejalannya dengan ilmu itu dipakai😁 untukduniaakhiratπŸ‘Š

  14. Muchque

    Motivator banget, thanks ka
    Mau dah seperti anda 😊

    Selain berguna didunia, insya allah berguna juga diakhirat, karena ilmu yg diberikan akan dipakai terus menerus dan pahala pun mengalir sejalannya dengan ilmu itu dipakai😁 #untukduniaakhiratπŸ‘Š

  15. boim

    siang gan,ane karyawan swasta ,umur ane udah kepala 3,lulusan smk 12 tahun yang lalu,sekarang ane pengen lanjut kuliah kira kira cocok ga klau abil jurusan TI karena ane minat sekali ?

  16. syahrul

    Kak, saya mau tanya nih kan saya udah ada niat dari dulu pengen masuk TI saya dulunya dah punya bakat h**king tapi berenti sekitar empat tahun terus apa bisa nantinya saya kuliah TI dengan lancar, jujur saja saya udah banyak lupa tentang programing

  17. fahmy ardiansyah

    bang gue numpang tanya , gue mau ngambil informatika tapi gue takut salah ambil jurusan karena gue cetek soal matematika .
    gimana ya gan solusinya thanks gan

  18. Tofa

    gan , mau tanya dong

    ane masih kelas 3 smk.
    kebetulan ane niat sekali untuk masuk ke jurusan informatika , tapi permasalahannya
    ane sekolah bukan di jurusan macam tkj.rpl.dll apakah itu bisa untuk ane masuk kuliah ke jurusan informatika ? .-.

    sekedar info ane jurusan tkr ( otomotif )

  19. lintang

    kk mau tnya klo msuk teknik informatika tuh hrus ngerti bhasa inggris ya ? kn biasanya klo di kmputer tuh kbnykan pke bhsa inggris

    1. Harus! hehe. Apapun jurusannya, skill bahasa Inggris menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki. Jadi, kalau memang belum seberapa mahir berbahasa Inggris ya gak usah takut. Anggap aja tantangan. *sok-sok ngingetin padahal kemampuan bahasa Inggrisnya sendiri pas-pasan* XD

  20. Riecha

    Aslm.wr.wb…

    Saya Mahasiswi salah satu Universitas swasta d Jakarta.Baru semester 2,Gan.Niat saya dari awal memang sama.Karena, “BEDA”.Dan ingin mengusai apapun itu yang berhubungan dengan komputer.Tapi,belakangan ini saya sering drop “down”.Dan terus berdoa,smoga saya tidak salah ambil jurusan.Kalau,matkul yg berhubungan besar dengan matematika, alhamdulillah nilai saya di atas rata2 dan termasuk “Anak Dosen”.Tapi,kemampuan untuk memahami matkul pemograman,arsitektur kmputer dll.Bisa di bilang minim.Mudah dimengerti, Tapi sangat sulit di praktekkan.Harus benar2 pintar me manajemen waktu.

    Sampai sekarang saya,masih bingung mau pindah jurusan atau saya lanjutkan…..??
    Ibu saya memang selalu mendukung.Tapi,saya sangat takut membuat dia menangis dan kecewa.

    Subhanallah…terharu dengan video Youtube nya….
    Subhanallah postingan yg sangat bermanfaat.
    Trim’s…..

    #Sorry,kalo comentnya terlalu ribet dan panjang,,,,

    1. Wa’alaikumsalam wr.wb. Makasih banyak ya sudah mau baca dan komentar.

      Kalau memang mau pindah, emang sudah tahu passion kamu apa? yakin di jurusan yang baru gak akan ngerasa salah jurusan lagi?

      Kalau memang sudah tahu apa minat dan passion kamu ya silakan saja pindah. Apalagi jika tujuannya adalah menyenangkan hati orang tua. Daripada bertahan di teknik informatika tapi hasilnya malah nggak maksimal.

      Tapi kalau memang belum tahu minat dan passion kamu apa, saran saya mending selesaikan apa yang sudah kamu mulai. Selesaikan dulu kuliahnya. Kalau memang ada minat di bidang lain, nanti bisa S2-nya ambil bidang yang lain.

      Semoga bisa membantu. πŸ™‚

      1. Riecha

        thank’s udh mw reply comment qu, dan trim’s atas masukan dan sarannya.

        Kalo, setau saya d kampus saya mw pindah jurusan ulang lagi dari semester awal.Maka’a saya ragu untuk mundur.”Waktu tidak bisa dibeli”.Dan kalo,pun pindah jurusan dari Teknik Informatika pindah nya ke “SI” aja….

  21. Ghifarr

    Harus nguasain matematika yah gan? Such as logika gitu aljabar kalkulus 😦 gimana dong kalo ane payah dibidang matematika? Apakah tersaingi oleh dengan modal nekat dan sama niat kuliah teknik informatika?
    Btw terharu ane ngeliat vid Dananga

    1. Sebenarnya yang paling penting itu motivasi dari dalam diri sendiri (niat, semangat, hasrat, cita-cita, apapun itu namanya). Kalau sudah punya niat yang kuat, biasanya nggak akan mudah putus asa. Dan faktanya, mahasiswa yang jago pemrograman kadang malah telat lulus gara-gara tidak bisa menata niat dan menjaga semangat.

  22. Saya baru menyadari bahwa teknik informatika belajarnya matematika macam kalkulus, aljabar, dan MK logika..

    Payah bener Matkul2 ubah nya. Bakal menyesal kalo masuk sini tanpa niat. hehehe

    1. Mostly. Kalau di ITS, persentase jumlah mahasiswa dan mahasiswinya mungkin sekitar 70:30 atau 60:40. Masih jauh lebih mendingan daripada jurusan teknik yang lain seperti teknik mesin dan teknik perkapalan yang mayoritas laki-laki.

    1. Gan.. makasi banyak artikelnya
      ane mau nanya gan mohon di reply, #maaf curhat.
      ane uda punya basic pemrograman juga sekarang mulai coba coba oprek mikrocontrooler sama hardware computer, ane juga pengen masuk ke jurusan Teknik Komputer UI, kira kira ad gk ya kesempatan buat ane, ya walaupun kalo pengen masuk lewat SNMPTN ato SBMPTN kurang pede..
      Saranya GAn

Ada komentar?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s